Menteri Susi Jadi Wanita Berpengaruh di Dunia Versi BBC

Sabtu, 30 September 2017 13:01 Penulis: Tyssa Madelina
Menteri Susi Jadi Wanita Berpengaruh di Dunia Versi BBC
Susi Pudjiastuti © KapanLagi.com®

Kapanlagi Plus - Kiprah Susi Pudjiastuti dalam menjaga sumber daya laut Indonesia patut untuk diacungi jempol. Selain memiliki gaya eksentrik, ia dikenal tegas dalam memberantas kapal-kapal asing yang 'mencuri' ikan secara illegal. Bahkan, dengan semboyan 'Tenggelamkan!'nya yang terkenal, Menteri Kelautan dan Perikanan ini pun juga bertindak tegas dengan menenggelamkan kapal-kapal yang diketahui merupakan pelaku illegal fishing.

Tak ayal, sepak terjangnya pun menuai apresiasi dari masyarakat. Akibat kekagumannya pada sosok Menteri Susi, para pekerja seni di Solo sempat membuat sebuah mural yang tertoreh di sebuah tembok restoran. Mural ini pun menuai pujian secara langsung oleh Ibu Susi, pasalnya, mural tersebut bercerita mengenai Menteri Susi yang berjuang layaknya 'Wonder Woman' dalam menebas pelaku illegal fishing.

Kali ini, pujian untuk pemilik maskapai SUSI Air ini datang langsung dari sebuah media. Yup, tak tanggung-tanggung, Susi Pudjiastuti dinobatkan sebagai 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi BBC. Dalam situs tersebut prestasi-prestasi para wanita diklasifikasikan ke dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang ilmuwan sampai industri kreatif.

Masuk dalam list BBC sebagai 100 wanita paling berpengaruh © BBCMasuk dalam list BBC sebagai 100 wanita paling berpengaruh © BBC

Dilansir dari situs resmi BBC, para wanita hebat tersebut terbagi menjadi empat tim. Yakni, The Glass Ceiling - #Teamlead, Female Iliteracy - #Teamread, Street Harassment - #Teamgo, Sexism in sport - #Teamplay. Ibu Susi sendiri masuk ke dalam 'Team Lead'.

Perwakilan dari Asia, termasuk Menteri Susi, berjumlah 16 orang. Terbanyak wakil dari Asia disumbang oleh para perempuan India berjumlah 10 orang. Sementara, dari Asia Tenggara atau ASEAN, bersama Menteri Susi ialah Huynh Thi Xam. Dia adalah seorang disabilitas yang bekerja sebagai seorang pustakawan.

BBC menyatakan bahwa masih ada 40 posisi kosong yang belum terisi. Ini artinya, masih ada kesempatan bagi wanita di seluruh dunia untuk mencetak prestasi demi menorehkan namanya dalam daftar tersebut. Pada biografi singkatnya, Ibu Susi menuliskan bahwa "Kamu harus menghilangkan batasan-batasan yang ada di kepalamu. Laki-laki dan perempuan mempunyai kedudukan yang sama. Jika kamu masih sibuk membicarakan mengenai perbedaan gender, maka kamu tidak akan maju." Wah, salut untuk Menteri Susi!"

(kpl/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI