Musim Mudik Tiba, Jangan Lewatkan Kesempatan buat Wisata Kuliner di Ngawi

Minggu, 26 Mei 2019 14:30 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Musim Mudik Tiba, Jangan Lewatkan Kesempatan buat Wisata Kuliner di Ngawi
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Indonesia memiliki kekayaan luar biasa, termauk dari segi kuliner. Salah satu daerah yang patut dijajal masakan khasnya adalah Ngawi di provinsi Jawa Timur. Di sana kamu bisa memperoleh beragam kuliner yang nikmat dan tak heran menjadi pilihan #PesonaMudik2019.

Nama-nama kuliner Ngawi beberapa cukup unik. Artinya tak ditemukan di derah lain di Indonesia. Nah, dengan keunikan ini tentulah akan membuat banyak orang penasaran untuk mencoba. Syukur-syukur bisa mendorong orang untuk datang ke kota kecil yang berbatasan dengan Jawa Tengah ini.

(c) Kemenpar(c) Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya, optimis kuliner dari Ngawi bisa dikenal banyak orang di Indonesia. Tentunya mesti ada promosi oleh pemerintah daerah yang gencar agar cepat dikenal di seluruh Indonesia. “Libatkan juga kaum milenial agar dapat rajin posting kuliner di media sosial,” ujar Arief.

Arief menambahkan, untuk mengenalkan kuliner di sebuah tempat mesti ada sinergi antara pemerintah dengan masyarakat. “Masyarakat didorong agar punya kesadaran untuk mengenalkan kulinernya,” tukas Arief.

Jika kuliner makin dikenal dan laku terjual, tentu bakal meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah itu.

Oke, mari kita simak, 10 kuliner yang asyik dijelajahi pada #PesonaMudik2019 di kota Ngawi.

1. Lethok Pecel

Nama makanan ini tak asing buat warga Ngawi. Ya, biasa disebut lethok pecel dan disukai warga Ngawi dan kota lain. Lethok pecel disajikan dengan sambal tumpang.

Pagi hari waktu yang tepat untuk makan kudapan ini. Rasa gurih dan pedas jadi bagian makanan ini. Jika ingin menikmati  lethok pecel yang asoy, Anda bisa datang ke warung Lethok Pecel Mbah Jan di jalan Trunojoyo, Ngawi. Tempatnya selalu ramai dikunjungi banyak orang.

2.  Tepo Tahu

Makanan ini terdiri dari dua bahan utama, tepo dan tahu.Tepo terlihat sama seperti lontong, hanya saja bentuknya beda dan teksturnya lebih lembut. Lalu,  tahu yang dipakai dicampur telur dan digoreng.

Makanan ini biasanya disajikan dengan kuah kecap, air asam Jawa dan bumbu lainnya. Salah satu  penjualnya adalah Sunarno yang berada di bilangan jalan Dr. Soetomo, Ngawi.

3. Wedang Cemue

Wedang cemue adalah minuman khas Ngawi. Wedang ini memakai  santan,  gula tebu, pedas jahe, roti tawar, dan kacang

Lalu, diberi taburan bawang merah goreng dan aroma wangi daun pandan.

Rasanya hangat, manis, dan gurih. Enak. Mau coba? Datangi saja ke alun-alun kota Ngawi, di tempat ini banyak yang menjual wedang cemue.

4. Sate Khas Ngawi

Sate khas Ngawi mempunyai ciri khas tak memakai banyak  kecap. Efeknya warna sate ayam ini tak kehitaman seperti sate lain.

Makanan ini pas banget bagi yang gemar makan sate dengan cita rasa berbeda. Jika Anda mau makan, datang saja ke gerai sate di jalan Ronggowarsito, Central Karang, Ngawi.

5. Tongseng Kambing Pedas

Tongseng kambing pedas ini dapat ditemui di pelosok kota Ngawi. Biasanya dijajakan di warung-warung yang juga menjual sate dan gule.

Tongseng kambing pedas terbuat dari daging, dicampur santan dan bahan lainnya. Rasanya gurih dan pedas. Salah satu tempat yang menjual makanan ini adalah warung Tongseng dan Tengkleng Bu Marni di jalan Raya Ngawi dekat  SMK PGRI 6, Ngawi.

6. Depot Bebek Solo Mbak Nana

Bebek jika diolah tepat akan menghasilkan kudapan yang lezat. Kalau Anda ke Ngawi jangan lupa untuk mampir ke depok Bebek Solo Mbak Nana. Di sini Anda akan mendapatkan bebek goreng dipadu sambal yang lezat. Pedas dan gurih, bikin air liur menetes.

Tak hanya bebek, Anda juga bisa menikmati ayam goreng yang tak kalah lezat. Di mana lokasinya? Tempatnya berada di jalan S Parman, Ngawi.

7. Bakso Rizky

Penjual bakso ada di mana-mana. Termasuk di kota Ngawi. Salah satu yang menjual bakso itu adalah warung bakso Rizky.

Racikan bakso, bumbu dan rempahnya membuat bakso ini disukai banyak orang. Lokasinya berada di jalan S Parman, tepatnya depan Dinas Kesehatan, Ngawi.

8. Ledre

Ledre adalah makanan kering yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula, dan tepung beras. Lalu, adonannya ditambah pisang raja untuk menimbulkan aroma khas ledre. 

Proses pembuatannya, bahan di atas dibuat adonan tipis, lalu digoreng. Setelah diangkat, lalu digulung cepat-cepat. Rasanya gurih dan kriuk-kriuk. Jika ingin makan ledre, Anda dapat datang ke pusat oleh-oleh di Rukun Wignyo Abadi di jalan PB Sudirman No 83, Jrubong, Ngawi.

9. Rawon Daging

Rawon daging Pak Di yang berdiri sejak 1955 amat terkenal di Ngawi. Diolah dari daging sapi pilihan dan bumbu rawon turun-temurun. Banyak komentar positif tentang rawon ini.

Rasa gurih dan daging yang empuk menjadikan rawaon ini disukai warga Ngawi. Lokasinya berada di jalan Gubernur Suryo, Gresik.

10. Sate Gule Pak Lancur

Lezatnya sate gule Pak Lancur sudah sangat terkenal  di Ngawi. Yup, wajar bila kuliner ini didatangi banyak orang. Menu andalannya sate dan gule.

Tersedia menu lainnya, antara lain, tongseng, kikil rica-rica, dan nasi gule. Warung Sate Pak Lancur berada di jalan Ahmad Yani, depan PDAM, Ngawi.

(*/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI