Niat Sholat Qobliyah Subuh dan Keutamaannya, Pahami Tata Cara Urutannya

Kamis, 15 April 2021 17:33 Penulis: Nurul Wahida
Niat Sholat Qobliyah Subuh dan Keutamaannya, Pahami Tata Cara Urutannya
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Ada beragam amalan ibadah sunnah yang dapat dikerjakan setiap umat muslim salah satunya sholat qabliyah subuh. Sholat qabliyah subuh termasuk sholat sunnah rawatib yang menyertai sholat fardhu. Tata cara melaksanakan berdasarkan urutannya dapat diawali dengan membaca niat sholat qabliyah subuh.

Sholat qabliyah subuh adalah sholat sunnah yang dapat dikerjakan sebelum menunaikan sholat subuh. Di mana sholat sunnah qabliyah adalah bagian dari sholat sunnah rawatib. Sholat sunnah rawatib yakni sholat yang dapat dikerjakan sebelum sholat fardhu (qabliyah) ataupun sesudah sholat fardhu dikenal dengan sholat sunnah ba'diyah.

Sholat sunnah qabliyah subuh juga dikenal dengan sholat sunnah fajar. Sholat sunnah qabliyah subuh atau sholat fajar termasuk ibadah sunnah yang memiliki keutamaan paling mulia. Dalam sejumlah hadis disebutkan bahwa sholat fajar memiliki beragam keistimewaan yang dianjurkan untuk dikerjakan sesuai dengan amalan yang selalu Rasulullah SAW tunaikan ketika fajar.

"Tidak ada shalat sunnah yang lebih Nabi SAW tekuni daripada dua rakaat fajar." (HR. Bukhari no. 1163).

Sama seperti sholat wajib ataupun sunnah pada umumnya, tata cara mengerjakan sholat sunnah ini diawali dengan bacaan niat. Adapun bacaan niat sholat qabliyah subuh dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

 

1. Niat Sholat Qabliyah Subuh

Sesuai ulasan sebelumnya, bacaan niat sholat subuh adalah urutan pertama berdasarkan tata cara melaksanakannya. Adapun bacaan niat sholat qabliyah subuh dapat kalian simak melalui ulasan berikut. Bacaan niat sholat qabliyah subuh pada dasarnya sama seperti sholat sunnah pada umumnya, hanya saja untuk mengerjakannya perlu ditambah kalimat Qobliyatan Lillahi Ta'ala. Berikut ini bacaan niat sholat qabliyah subuh.

"Ushallii sunnatash shubhi rak'ataini qabliy-yatan lillaahi ta'aalaa."

Artinya: "Aku (niat) shalat sunat qabliyyah subuh 2 rakaat, karena Allah Ta'ala."

Kalian juga dapat membaca niat sholat fajar dengan bacaan niat sebagai berikut:

"Usholli sunnatas shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala."

Artinya: "Saya niat shalat sunnah subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

Sehingga dengan mengetahui niat sholat qabliyah subuh dapat membantu kalian untuk menunaikan amalan sunnah yang paling dijaga oleh Nabi Muhammad SAW pada saat fajar.

 

2. Tata Cara Sholat Qabliyah Subuh

Setelah mengetahui bacaan niat sholat qabliyah subuh, penting juga memahami urutan tata cara sholat qabliyah subuh. Sholat qabliyah subuh dikerjakan sebanyak dua rakaat dengan tata cara yang serupa pada saat mengerjakan sholat subuh. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini tata cara sholat qabliyah subuh yang dapat kalian kerjakan sebagai amalan sunnah dengan beragam keutamaan istimewa.

- Membaca niat sholat qabliyah subuh.

- Takbiratul ihram.

- Membaca surat Al-Fatihah.

- Membaca surat pendek.

- Rukuk dengan tuma'ninah.

- I'tidal dengan tuma'ninah.

- Sujud dengan tuma'ninah.

- Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah.

- Sujud kedua dengan tuma'ninah.

- Berdiri pada rakaat kedua.

- Membaca surat Al-Fatihah.

- Membaca surat pendek.

- Rukuk dengan tuma'ninah.

- I'tidal dengan tuma'ninah.

- Sujud dengan tuma'ninah.

- Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah.

- Sujud kedua dengan tuma'ninah.

- Tasyahud akhir.

- Salam.

 

3. Waktu Pelaksanaan Sholat Qabliyah Subuh

Berdasarkan waktu pelaksanaannya, sholat qabliyah subuh dapat dikerjakan sebelum menunaikan ibadah sholat subuh. Untuk itulah sholat sunnah rawatib ini dikenal sebagai sholat qabliyah atau disebut sholat sunnah fajar. Ini sesuai dengan hadis sebagai berikut diriwayatkan oleh Ummul Mukmin Sayyidah Hafshah dan Sayyidah Aisyah yakni:

"Apabila fajar sudah terbit, Rasulullah SAW, tidak melaksanakan shalat sunnah kecuali dua shalat dua rakaat yang ringan." (HR. Muslim no. 723)

 

4. Keutamaan Sholat Qabliyah Subuh

Tak dapat ditinggalkan begitu saja, sholat qabliyah subuh memiliki keutamaan yang luar biasa. Bahkan pada hadis yang sudah disebutkan sebelumnya, Rasulullah SAW selalu menjaga sholat sunnah pada waktu fajar sebelum menunaikan ibadah sholat subuh. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa sholat qabliyah subuh atau sholat fajar memiliki keutamaan yang lebih baik dibandingkan dunia dan seisinya.

Adapun beberapa keutamaan sholat qabliyah subuh yang perlu diketahui sebagai berikut dilansir dari merdeka.com.

1. Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Keutamaan sholat qabliyah subuh yang pertama adalah lebih baik dari dunia dan seisinya. Ya, seperti disinggung pada ulasan sebelumnya, keutamaan ini terdapat dalam hadis tentang sholat sunnah rawatib sebelum (qabliyah subuh) dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda,

"Dua raka'at fajar (sholat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya." (HR. Muslim no. 725)

2. Dapat Menutup Kekurangan Sholat Wajib

Keutamaan sholat qabliyah subuh selanjutnya adalah dapat menutup kekurangan sholat wajib. Sehingga ada baiknya untuk mengerjakan sholat sunnah seperti sholat sunnah qabliyah untuk menutupi kekurangan sholat wajib dan menambah amal kebaikan di hari akhir kelak. Sebab sholat termasuk amalan yang akan diperhitungkan pertama kali di hari kiamat.

3. Dibangunkan Rumah di Surga

Keutamaan sholat qabliyah subuh yang begitu luar biasa dan istimewa adalah akan dibangunkan rumah di surga. Hal ini sesuai dengan hadis sebagai berikut:

"At-Tarmidzi dan An-Nasa'i meriwayatkan hadits yang mengatakan bahwa, dari 'Aisyah radiyallahu'anha, ia berkata: Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa tidak meninggalkan dua belas (12) rakaat pada shalat sunnah rawatib, maka Allah akan bangunkan baginya rumah di surga." (HR. At-Tarmidzi no. 414, An-Nasa'i no. 1794)

Nah itulah niat sholat qobliyah subuh dan keutamaannya beserta tata cara urutannya. Sholat sunnah qabliyah subuh tersebut dapat menjadi amalan pelengkap menjalankan ibadah wajib yang memiliki keutamaan luar biasa.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI