Ok Google Apa Arti Cinta dari Para Ahli, Beserta Perbedaan Dengan Sayang - Ungkapan dari Berbagai Bahasa di Dunia

Jum'at, 22 Oktober 2021 14:44 Penulis: Dhia Amira
Ok Google Apa Arti Cinta dari Para Ahli, Beserta Perbedaan Dengan Sayang - Ungkapan dari Berbagai Bahasa di Dunia
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Seperti yang diketahui jika google menambahkan fitur yang bernama Google Assistant yang kerap kita sebut Ok Google. Lewat Ok Google, semua pencarian pun dapat ditemukan salah satunya mengenai hal percintaan. Ya, cinta rasanya memang menjadi sebuah hal yang masih membuat seseorang merasa bingung. Perasaan cinta sendiri bisa datang dan pergi begitu saja dan cinta bisa membuat seseorang mengalami berbagai macam hal yang terjadi pada dirinya. Maka dari itu, banyak yang perlu mengetahui Ok Google apa arti cinta yang sebenarnya. Karena memahami sepenuhnya tentang cinta, mungkin membuat kita bertindak dengan tepat saat jatuh cinta.

Walaupun sebenarnya jatuh cinta bisa membuat seseorang merasa bodoh, namun dengan mengerti sedikit apa arti cinta, mungkin kita bisa menyikapi perasaan dengan bijak. Ok Google apa arti cinta bisa kalian pahami menurut pengertian dari para ahli. Karena kejadian yang disebabkan oleh hati ini juga dicari tahu melalui sebuah penelitian.

Sehingga ada pengertian cinta dari para ahli secara ilmiah. Bagi kalian yang penasaran apa arti cinta yang sebenarnya, berikut ini Ok Google apa arti cinta yang bisa menjadi sebuah referensi kalian untuk bijak dalam menyikapi perasaan cinta. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Cinta Menurut Ahli

Ada banyak sekali pengertian cinta menurut para ahli yang bisa kalian pahami. Untuk itu berikut ini Ok Google apa arti cinta dari para ahli yang bisa kalian pahami:

- Jalaluddin Rumi

Menurut Jalaluddin Rumi, Ok Google apa arti cinta adalah sumber segala sesuatu. Dunia dan kehidupan muncul karena kekuatan yang bernama cinta. Cinta adalah inti dari segala bentuk kehidupan di dunia.

- Kahlil Gibran

Menurut Kahlil Gibran, Ok Google apa arti cinta adalah satu-satunya kebebasan di dunia karena cinta itu membangkitkan semangat hukum-hukum kemanusiaan dan gejala-gejala alami pun tak bisa mengubah perjalannya. Cinta ibarat seekor burung yang cantik, meminta untuk ditangkap tapi menolak untuk disakiti.

- Eric Fromm

Menurut Eric Fromm, Ok Google apa arti cinta adalah suatu seni yang memerlukan pengetahuan serta latihan. Cinta adalah suatu kegiatan dan bukan merupakan pengaruh yang pasif. Salah satu esensi dari cinta adalah adanya kreativitas dalam diri seseorang, terutama dalam aspek memberi dan bukan hanya menerima.

- Buya Hamka

Menurut Buya Hamka, Ok Google apa arti cinta adalah perasaan yang mesti ada pada setiap manusia. Ia laksana setetes embun yang turun dari langit, bersih, dan suci. Cuma tanahnyalah yang berlainan menerimanya. Jika ia jatuh ke tanah yang tandus, tumbuhlah oleh karena embun itu kedurjanaan, kedustaan, penipu, dan perkara tercela lainnya. Tetapi jika ia jatuh ke tanah yang subur, di sana akan tumbuh kesucian hati, keikhlasan, setia, budi pekerti yang tinggi, dan lain-lain yang terpuji.

- Scott Peck

Menurut Scott Peck, Ok Google apa arti cinta adalah keinginan untuk mengembangkan diri sendiri dengan maksud memelihara pertumbuhan spiritual sendiri atau perkembangan spiritual orang lain.

- Ashley Montagu

Menurut Ashley Montagu, Ok Google apa arti cinta adalah perasaan yang memerhatikan, menyayangi, serta menyukai dengan cara yang lebih mendalam, ditambah dengan hasrat dan kerinduan pada objek tersebut.

- Abraham Maslow

Menurut Abraham Maslow, Ok Google apa arti cinta adalah proses dari aktualisasi diri yang bisa membuat orang-orang melakukan berbagai tindakan atau perilaku, yang sifatnya produktif dan juga kreatif.

- Mahmud bin Asy-Syarif

Menurut Mahmud bin Asy-Syarif, Ok Google apa arti cinta adalah sebuah kerinduan yang tidak berujung, sebuah rasa kangen yang meletup-letup, dan sebuah kegilaan yang tidak berkesudahan.

- Ibnul Qayyim Al-Jauziah

Menurut Ibnul Qayyim Al-Jauziah, Ok Google apa arti cinta adalah luapan hati dan gejolaknya saat dirundung keinginan untuk bertemu dengan sang kekasih.

- Liebowitz

Menurut Liebowitz, Ok Google apa arti cinta adalah perasaan positif yang kuat dan dirasakan oleh seseorang. Selain itu, cinta adalah perasaan positif terkuat yang pernah dialami dan dirasakan manusia. Setiap jenis cinta yang dirasakan, perhatian terhadap orang yang dicintai adalah elemen penting dari cinta.

2. Perbedaan Cinta dan Sayang

Masih banyak dari kita yang belum bisa membedakan perbedaan antara cinta dan sayang. Padahal keduanya memiliki perbedaan arti dan makna walaupun sedikit memiliki persamaan. Dilansir dari Merdeka.com, secara harfiah sayang memiliki beberapa pengertian di antaranya kasihan, terasa, dan merasa sayang akan sesuatu.

Hal ini bisa diartikan bahwa rasa sayang adalah memberi yang terbaik untuk orang lain, baik itu membahagiakan, dan tidak merebut kebahagiaan orang lain. Selain itu cinta sebagai sesuatu yang kompleks dan terdiri dari berbagai macam perasaan dan keadaan.

Cinta juga dapat diartikan sebagai perasaan kasih sayang yang kuat dan konstan bagi seseorang. Dalam hierarki emosi dan perasaan, cinta memiliki kedudukan lebih kuat dan dalam daripada sayang. Sehingga rasa sayang merupakan perasaan yang cenderung bersifat memberi sepenuhnya tanpa mengharapkan balasan atau imbalan.

Dan bisa diartikan bahwa, perbedaan sayang dan cinta terletak dari segi makna, di mana sayang merupakan suatu perasaan yang cenderung memiliki makna ikhlas dan tulus tanpa mengharapkan sesuatu. Sedangkan cinta adalah perasaan yang dalam dan lebih spesial terhadap seseorang.

3. Kata Cinta Dalam Berbagai Bahasa

Cinta menjadi sebuah perasaan yang dirasakan oleh manusia diberbagai dunia, dan perasaan tersebut sama rasanya. Namun hanya berbeda cara pengucapannya saja. Dan berikut ini ada beberapa kata aku cinta kamu dalam berbagai bahasa di seluruh dunia. Yuk langsung saja dicek:

  1. Bahasa Gaelik Skotlandia: Tha gaol agam ort
  2. Bahasa Georgia: miqvarkhar
  3. Bahasa Hawaii: aloha wau ia 'oe
  4. Bahasa Hmong (Tiongkok Selatan): Kuv hlub koj
  5. Bahasa Igbo (sebagian Nigeria): a huru m gi n'anya
  6. Bahasa Islan (Islandia): Eg elska pig
  7. Bahasa Jawa: Aku tresna sampeyan
  8. Bahasa Kanada: Nanu ninnannu pritisuttene
  9. Bahasa Kazakhstan: men seni jaqs? koremin
  10. Bahasa Khmer (Kamboja): khnhom sraleanh anak
  11. Bahasa Korsika (Italia, Prancis, Korsika): Ti tengu caru
  12. Bahasa Kreol Haiti: Mwen renmen ou
  13. Bahasa Kroat: Volim te
  14. Bahasa Laos: khony hak chao
  15. Bahasa Magyar (Hongaria): Szeretlek
  16. Bahasa Malagasi (Madagaskar): Tiako ianao
  17. Bahasa Malayalam (India selatan): nan ninne snehikkunnu
  18. Bahasa Portugis (Portugal, Brasil, Angola, Mozambik, Tanjung Verde, dan Timor Leste): Eu te amo
  19. Bahasa Marathi (Daerah Maharashtra - India): Mi tujhyavara prema karato
  20. Bahasa Melayu (Malaysia): saya sayang awak
  21. Bahasa Mongolia: Bi chamd khairtai
  22. Bahasa Nepal: Ma timila'i maya garchu
  23. Bahasa Norsk (Norwegia): Jeg elsker deg
  24. Bahasa Polski (Polandia): Kocham cie
  25. Bahasa Punjabi (daerah Punjab - India): Maim tuhanu pi'ara karada ham
  26. Bahasa Rumania: Te iubesc
  27. Bahasa Rusia: Ya lyublyu tebya
  28. Bahasa Serb (Serbia): Volim te
  29. Bahasa Sesotho (Afrika Selatan): Kea u rata
  30. Bahasa Shona (Zimbabwe): ndinokuda
  31. Bahasa Sinhala (Sri Lanka): mama oyata adareyi
  32. Bahasa Somali (Somalia): Waan ku jeclahay
  33. Bahasa Suomi (Finlandia): Mina rakastan sinua
  34. Bahasa Swawili (Kawasan Selatan Somalia): Nakupenda
  35. Bahasa Swensk (Swedia): Jag alskar dig
  36. Bahasa Ukraina: Ya lyublyu tebe
  37. Bahasa Uzbek (Uzbekistan): Men seni sevaman
  38. Bahasa Vietnam: Anh yeu em
  39. Bahasa Yiddi (Jerman-Yahudi): ikh hab dir lib
  40. Bahasa Yunani: Se agapo
  41. Bahasa Korea: saranghae
  42. Bahasa Jepang: Aishitemasu atau bisa juga Aishiteru
  43. Bahasa Jerman: Ich liebe dich dibaca ikh libe dikh
  44. Bahasa Arab: Ana uhibbuk
  45. Bahasa Turki: Seni Seviyorum
  46. Bahasa Belanda: Ik hou van je
  47. Bahasa Portugis: eu te amo
  48. Bahasa Serbia: volim te
  49. Bahasa Sunda (Jawa Barat): abdi bogoh ka anjeun
  50. Bahasa Indonesia: Aku cinta padamu

4. Kata-kata Cinta untuk Sebuah Ungkapan

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata cinta yang bisa kalian berikan sebagai ungkapan pada orang tersayang. Kata-kata cinta ini bisa menjadi sebuah ungkapan romantis yang kalian berikan pada orang tercinta. Berikut ini beberapa kata-kata cinta tersebut:

1. "Lebih baik dibenci apa adanya dirimu daripada dicintai karena bukan dirimu." - Andre Gide

2. "Cinta sejati memandang kelemahan lalu dijadikan kelebihan untuk selalu mencintai." - Bacharuddin Jusuf Habibie

3. "Merelakan, melepaskan bukan sekadar mengurai ikatan. Tetap akan ada sisa yang tertinggal. Selesaikan dan mulailah yang baru."

4. "Cinta adalah kondisi di mana kebahagiaan orang lain sangat penting untukmu sendiri." - Robert A. Heinlein

5. "Aku mencintaimu karena hal-hal gelap tertentu harus dicintai, secara rahasia, antara bayangan dan jiwa." - Pablo Neruda

6. "Sederhana dalam mencintai, ikhlas menerima kekurangan, dan setia dalam menjalin hubungan."

7. "Aku memilihmu. Dan aku akan memilihmu lagi, lagi dan lagi. Tanpa henti, tanpa ragu, dalam sekejap, aku akan terus memilihmu."

8. "Mungkin ketidaksempurnaan kita yang membuat kita begitu sempurna satu sama lain."

9. "Aku mencintaimu bukan karena siapa kamu, tetapi karena siapa aku ketika aku bersamamu."

10. "Bertemu denganmu adalah takdir, menjadi temanmu adalah pilihan, tapi jatuh cinta denganmu benar-benar di luar dayaku."

11. "Semakin aku dekat dengan orang lain, semakin aku menyadari kamu yang paling istimewa di antara yang lain."

12. "Segalanya tak mungkin disatukan, tapi cinta membuat dua orang berjuang bahkan untuk hal yang mustahil."

13. "Jika kau mencintaiku dengan satu degup jantungmu, maka aku akan mencintaimu dengan ribuan degup jantungku."

14. "Kau membuatku bahagia lewat cara yang orang lain tak bisa."

16. "Celahmu akan dianggap sempurna oleh hati yang memang ditakdirkan untukmu."

17. "Manusia itu mungkin memiliki fisik sempurna dibandingkan dengan makhluk hidup lain, tetapi terkadang tidak tahu. Bisa tidak tahu mengenai apa yang sudah dimilikinya, hingga tanpa sadar sudah kehilangannya. Namun terkadang tidak tahu apa yang sudah dilewati hingga pada akhirnya bisa menemukannya."

18. "Pembalasan tercantik untuk dia yang mengkhianati cintamu, adalah menjadi pribadi yang diinginkan oleh orang-orang yang lebih baik daripadanya." - Mario Teguh.

19. "Pada awalnya, cinta itu bisa melihat. Tapi, menjadi buta karena masuk ke dalam hati yang paling dalam." - Pidi Baiq.

20. "Kata-kata cinta selalu berbicara lebih pelan dan rendah, meskipun ia berbicara dalam hati, seseorang yang mencintaimu bisa mendeteksi keberadaannya."

21. "Cinta memang tak pasti tapi hati tahu yang tepat untuk mencintai."

22. "Jatuh hati tidak bisa memilih. Tuhan memilihkan. Kita hanyalah korban. Kecewa adalah konsekuensi. Bahagia adalah bonus."

23. "Cinta adalah ruang dan waktu yang diukur oleh hati."

24. "Ada sebuah waktu, di mana aku jatuh cinta kepadamu di titik paling dalam. Ialah di antara tengah malam dan senyummu."

25. "Cinta itu hadir pada pandangan pertama, pandangan terakhir, dan semua pandangan yang pernah dialami keduanya."

27. "Sentuhlah cinta seseorang, maka ia akan menjadi puisi cinta."

28. "Kata-kata cinta yang romantis baru terasa lengkap setelah kamu merasakannya secara nyata. Ia bukanlah bunga tidur yang hadir tiba-tiba, kemudian lenyap ketika pagi hari terbuka."

29. "Aku suka bagaimana kau menyertai hatiku. Selalu ada senyuman yang merekah, bahkan ketika kita berjauh-jauhan."

Ok Google apa arti cinta memang membuat seseorang merasakan berbagai macam perasaan. Semoga dengan mengetahui apa arti cinta ini kalian bisa dengan bijak menanggapi perasaan kalian.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI