Pengertian Kata Ganti Orang Kedua, Beserta dengan Contoh Kalimat yang Benar dan Tepat

Selasa, 28 September 2021 13:55 Penulis: Dhia Amira
Pengertian Kata Ganti Orang Kedua, Beserta dengan Contoh Kalimat yang Benar dan Tepat
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Kata ganti orang atau pronomina persona adalah jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Kata ganti orang terbagi menjadi tiga dan dapat bersifat tunggal maupun jamak. Salah satunya yaitu ada kata ganti orang kedua. Sama seperti kata ganti orang lainnya, kata ganti orang kedua hanya dapat digunakan untuk mengganti nomina orang, nama orang, atau hal-hal lain yang dipersonifikasikan.

Penggunaan kata ganti dimaksudkan agar suatu kalimat disampaikan secara lebih efektif dan tidak bertele-tele. Pronomina atau kata ganti biasanya terdapat pada posisi subjek atau objek, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada pada posisi predikat. Sehingga kalian harus mengetahui kapan harus mengganti kata ganti orang, terutama kata ganti orang kedua agar tidak membuat kalimat terlihat bertele-tele.

Untuk itu berikut ini telah dilansir dari berbagai sumber, inilah pengertian kata ganti orang kedua beserta dengan contoh kalimat yang baik dan tepat. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Kata Ganti

Ada banyak sekali yang bisa kita pelajari tentang sebuah kata ganti, salah satunya yaitu pengertian dari kata ganti orang kedua. Kata ganti sendiri memiliki nama lain yaitu, pronomina yang jenis katanya menggantikan nomina atau frasa nomina.

Kata ganti merupakan salah satu jenis kata yang yang berfungsi untuk menggantikan kata benda atau orang tertentu yang tidak disebut secara langsung. Penggunaan kata ganti dimaksudkan agar suatu kalimat disampaikan secara lebih efektif dan tidak bertele-tele.

2. Jenis Kata Ganti

Kemudian yang selanjutnya yaitu ada pula jenis dari kata ganti. Yup! Ada banyak sekali jenis dari kata ganti, bukan hanya kata ganti orang kedua saja. Tentu saja jenis kalimat dari kata gantinya pun berbeda, tergantung dari jenis kata ganti itu sendiri. Ada 6 jenis kata ganti, dan berikut ini beberapa jenis kata ganti tersebut:

1. Kata ganti orang

Kata ganti orang seperti yang telah disebutkan sebelumnya merupakan salah satu jenis kata ganti yang paling sering digunakan. Kata ganti orang ini disebut juga dengan pronomina persona.

Kata ganti orang ini merupakan jenis kata ganti yang digunakan untuk menggantikan kata benda orang atau persona dengan kata benda lain. Kata ganti orang dibagi menjadi 6 jenis, yaitu:

- kata ganti orang pertama tunggal: Saya dan Aku

- kata ganti orang pertama jamak: Kami dan Kita

- kata ganti orang kedua tunggal: Kamu, Anda, dan Kau

- kata ganti orang kedua jamak: Kalian

- kata ganti orang ketiga tunggal: Dia dan Beliau

- kata ganti orang ketiga jamak: Mereka


2. Kata ganti penanya

Kata ganti penanya didefinisikan sebagai kata ganti yang berfungsi untuk menanyakan benda, waktu, keadaan, tempat, jumlah, dan sebagainya. Beberapa kata yang termasuk jenis kata ini adalah apa, kapan, mengapa, siapa, (di, ke, dari) mana, berapa, dan bagaimana.


3. Kata ganti pemilik atau kepunyaan

Kata ganti pemilik/kepunyaan, atau biasa disebut pronomina posesiva merupakan sebutan lain untuk kata ganti pemilik. Kata ganti ini digunakan untuk menyatakan suatu pengganti kepemilikan. Kata ganti yang tergolong dalam kata ganti pemilik adalah -ku, -mu, -nya, kami, mereka. Kata ganti ini diletakkan di bagian belakang kata.


4. Kata ganti penghubung

Pronomina relativa atau kata ganti penghubung digunakan sebagai penghubung antara induk kalimat dan anak kalimat. Kata ganti penghubung ini sering ditemukan dalam kalimat majemuk. Hal ini dikarenakan dalam kalimat majemuk diperlukan suatu kata penghubung (konjungsi) untuk menghubungkan induk kalimat dan anak kalimat.


5. Kata ganti penunjuk

Kata ganti yang digunakan sebagai penunjuk lokasi atau suatu benda disebut sebagai kata ganti penunjuk atau pronomina demonstrativa. Dan contohnya seperti penunjuk tempat sana, sini, situ, ke sana, ke sini, ke situ, di sana, di sini, di situ. Atau penunjuk hal begini dan begitu.


6. Kata ganti tak tentu

Dan yang terakhir yaitu ada kata ganti tak tentu. Kata ganti tak tentu adalah kata ganti yang menunjukkan informasi yang tidak jelas. Beberapa contoh kata ganti tak tentu adalah: Aku punya sesuatu yang istimewa untukmu. Sepertinya ada seseorang yang mengintip dari balik jendela.

3. Pengertian Kata Ganti Orang Kedua

Setelah mengetahui pengertian dari kata ganti, dan jenis kata ganti, kalian bisa mengetahui pengertian dari kata ganti orang kedua. Ya, kata ganti orang kedua ini adalah jenis lain dari pronomina persona yang bisa digunakan untuk menggantikan orang yang sedang diajak berbicara.

Sama seperti kata ganti untuk orang pertama, kata ganti untuk orang kedua juga memiliki dua macam yaitu orang kedua tunggal dan orang kedua jamak. Yang termasuk dalam kata ganti untuk orang kedua tunggal adalah engkau, tuan, kamu, anda, dan kau. Sedangkan untuk kata ganti untuk orang kedua jamak antara lain ada kalian.

4. Contoh Kata Ganti Orang Kedua

Dan yang terakhir yaitu ada contoh dari kata ganti orang kedua yang berbentuk kalimat. Contoh kalimat kata ganti orang kedua ini bisa membuat kalian lebih memahami maksud dari kata ganti orang kedua. Berikut ini beberapa contoh kata ganti orang kedua tersebut:

1. Kamu harus datang tepat waktu di rapat besok.

2. Dokter berkata bahwa, kamu harus dirawat di rumah sakit.

3. Anda ada di mana saat ini?

4. Kalian suka dengan makanan yang paman koki buat kan?

5. Kalian harus mengerjakan PR dan dikumpulkan hari Senin besok.

6. Janganlah engkau bersedih, kawan.

7. Jangan pikir kau bisa lari dari kesalahan.

8. Kau harus mencintai seseorang dengan tulus.

9. Jangan pernah kalian pergi tanpa sepatah kata pun.

10. Jika kalian sudah menyelesaikan pekerjaan, kalian bisa pulang sekarang.

Itulah pengertian dari kata ganti orang kedua beserta dengan contohnya yang bisa kalian pelajari dan pahami.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI