Pengertian Kata Majemuk, Ciri-Ciri, Jenis Beserta Contohnya dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 18 September 2021 10:44
Pengertian Kata Majemuk, Ciri-Ciri, Jenis Beserta Contohnya dalam Bahasa Indonesia
Ilustrasi (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Kata majemuk dikenal juga dengan penggabungan kata yang membentuk satu makna baru. Namun umumnya kata majemuk terdiri dari gabungan dua kata meskipun bisa juga lebih dari itu. Gabungan kata dalam kata majemuk ini berbeda dengan frasa. Perbedaan yang cukup jelas dapat diketahui dari ciri-ciri kata majemuk.

Penggunaan kata majemuk seringkali dipakai untuk menyusun suatu kalimat. Konsep pembentukan kata majemuk memang terlihat mirip dengan frasa. Ciri kata majemuk yang paling mudah untuk dikenali adalah tidak dapat disisipkan jenis kata apapun. Karena nantinya dapat berpengaruh pada makna kata majemuk yang terbentuk.

Sementara untuk frasa biasanya gabungan kata tersebut dapat disisipi. Selain itu kata majemuk juga terbagi dalam beberapa jenis. Salah satunya ada kata majemuk berdasarkan kelas katanya yakni kata majemuk nomina.

Untuk memudahkan kalian memahami kata majemuk, berikut ini ada penjelasan pengertian kata majemuk, ciri-ciri kata majemuk, jenis-jenisnya dan contoh kata majemuk. Yuk simak ulasannya tentang kata majemuk telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Pengertian Kata Majemuk

Mengetahui pengertian kata majemuk bisa memudahkan kalian memahami perbedaan pembentukan kata ini dengan frasa ataupun idiom. Menurut beberapa tokoh, kata majemuk diartikan sebagai penggabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna baru. Ada juga yang mengartikan kata majemuk sebagai gabungan kata atau leksem yang membentuk leksem baru.

Artinya kata majemuk dapat membentuk makna baru dari gabungan dua kata tersebut. Melansir dari laman Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, kata majemuk biasanya memiliki dua bagian yang terdiri dari kepala dan pewatas. Sementara bentuk kata majemuk biasanya ditulis terpisah namun ada juga jenis kata majemuk yang disambung.

 

2. Ciri-Ciri Kata Majemuk

Ada beberapa ciri-ciri kata majemuk yang perlu diketahui. Ciri-ciri kata majemuk ini dapat membantumu mengenali jenis kata majemuk. Adapun ciri-ciri kata majemuk menurut Kirdalaksana (2007) seperti melansir dari badanbahasa.kemdikbud.go.id sebagai berikut:

- Kata majemuk tidak dapat disisipi jenis kata apapun. Sebab ketika kata majemuk diberi sisipan biasanya akan berpengaruh pada makna katanya. Salah satu contohnya seperti rumah makan yang tidak dapat disisipi apapun.

- Tiap komponen kata majemuk tidak dapat diberi imbuhan atau dimodifikasi. Artinya kata majemuk tidak dapat diperluas pada masing-masing katanya. Contohnya seperti Kereta api tidak dapat diubah menjadi perkeretaan api ataupun kereta apian. Sementara kata majemuk tersebut bisa diubah secara keseluruhan menjadi perekeretaapian.

- Kata majemuk tidak dapat ditukar posisinya ataupun dibalik. Contohnya yakni seperti naik daun, maka tidak dapat ditukar posisinya menjadi daun naik. Sebab hal ini dapat mengubah makna dari kata majemuk itu sendiri.

 

3. Jenis-Jenis Kata Majemuk

Berdasarkan jenisnya, kata majemuk terbagi dalam beberapa macam. Adapun jenis-jenis kata majemuk tersebut dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

1. Kata Majemuk Berdasarkan Kelas Kata Kepalanya

Kata majemuk berdasarkan kelas kata kepalanya dapat terdiri dari kata majemuk nomina, kata majemuk adjektiva, ataupun kata majemuk verba. Berikut ini klasifikasi jenis kata majemuk berdasarkan kelas kata kepalanya.

- Kata majemuk nomina: kata majemuk nomina dapat terdiri dari nomina dengan nomina, nomina dengan adjektiva ataupun nomina verba bahkan preposisi nomina. Salah satu contohnya yakni seperti kereta api yang merupakan kata majemuk nomina dengan nomina.

- Kata majemuk adjektiva: kata majemuk jenis ini juga dapat terdiri dari gabungan antara nomina, verba, preposisi, ataupun adjektiva. Salah satu contohnya yakni murah meriah yang merupakan kata majemuk gabungan dari adjektiva dan adjektiva.

- Kata majemuk verba: kata majemuk ini kepala katanya dapat terdiri dari gabungan adjektiva ataupun nomina yang berasal dari verba. Salah satu contohnya yakni (meng)hukum mati.

2. Majemuk Berdasarkan Asal-Usul Sebagai Frasa

Sementara jenis kata majemuk berdasarkan asa-usul frasa terdiri dari beberapa macam. Adapun penjelasannya sebagai berikut tentang kata majemuk berdasarkan asal usuk frasa dilansir dari penerbitdeepublich.com.

- Kata majemuk endosentris atributif: kata majemuk ini dibentuk dengan salah satu atau keseluruhan unsurnya berperan sebagai inti serta yang lain pembatas. Sedangkan kata majemuk ini terbagi dalam beberapa kelompok yakni kata majemuk kelompok endosentris atributif, kelompok idiom serta metafora, kelompk kata yang sudah membeku, kelompok kata majemuk dengan unsur bersifat terikat. Salah satu contohnya yakni nusantara yang termasuk dalam kelompok endosentris atributif.

- Kata majemuk endosentris koordinatif: kata majemuk ini dibentuk yang mana kedua unsurnya memiliki kedudukan seimbang atau sederajat. Contohnya seperti tanah air ataupun kaki tangan.

- Kata majemuk eksosentris: kata majemuk ini adalah gabungan kata yang memiliki kelas kata berbeda dari salah satu bahkan keseluruhan unsur pembentuknya. Salah satu contohnya yakni seperti meja makan, sapu tangan, ataupun panjang tangan.

 

4. 70 Contoh Kata Majemuk

Meskipun pada ulasan sebelumnya telah dibahas beberapa contoh kata majemuk, tidak ada salahnya mengetahui beragam contoh kata majemuk dalam berbagai jenisnya. Berikut ini beragam contoh kata majemuk yang perlu kalian ketahui berdasarkan abdjadnya.

1. Alim ulama.

2. Amal jariah.

3. Akal budi.

4. Akad nikah.

5. Angin rebut.

6. Anjing laut.

7. Barat daya.

8. runcing.

9. Basah kuyup.

10. Buah hati.

11. Budi pakerti.

12. Burung hantu.

13. Cantik jelita.

14. Cerai berai.

15. Caci maki.

16. Cantik mungil.

17. Duka cita

18. Duta besar.

19. Doa restu.

20. Darah daging.

21. Empu jari.

22. Falsafah negara.

23. Garis waktu.

24. Gagah berani.

25. Gotong royong.

26. Hamba sahaya.

27. Hancur lebur.

28. Harga diri.

29. Hutan rimba.

30. Ibu tiri.

31. Ibu pertiwi.

32. Ikat pinggang.

33. Jantung hati.

34. Juru masak.

35. Juru kunci.

36. Kota mati.

37. Kurus kering.

38. Kacau balau.

39. Lahir batin.

40. Lalu lintas.

41. Lawan kata.

42. Lintah darat.

43. Mabuk laut.

44. Main mata.

45. Makan gaji.

46. Maha raja.

47. Naik daun.

48. Nafsu makan.

49. Ongkos jalan.

50. Orang tua.

51. Olah tubuh.

52. Olah raga.

53. Padang pasir.

54. Panas terik.

55. Peri kemanusiaan.

56. Patah tulang.

57. Rendah diri.

58. Raut muka.

59. Senyum simpul.

60. Surat kabar.

61. Suami istri.

62. Tanah gundul.

63. Tahan lapar.

64. Tutup mata.

65. Uang kertas.

66. Uang panas.

67. Urat nadi.

68. Wali murid.

69. Wajib belajar.

70. Zaman keemasan.

Nah itulah pengertian kata majemuk, ciri-ciri, jenis beserta contohnya dalam bahasa Indonesia. Sehingga dengan penjelasan di atas semoga bisa membantumu memahami kata majemuk bahasa Indonesia.

(Sumber: penerbitdeepublish.com, badanbahasa.kemdikbud.go.id)

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI