8 Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani adalah Menjaga Kesehatan, Lakukan Secara Rutin

Sabtu, 31 Oktober 2020 11:11 Penulis: Puput Saputro
8 Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani adalah Menjaga Kesehatan, Lakukan Secara Rutin
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Latihan kebugaran jasmani seharusnya dilakukan secara rutin. Pasalnya, kegiatan fisik ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh. Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah menjaga kesehatan, agar tetap fit dan sehat bugar. Selain itu tubuh yang sehat dan bugar juga akan terhindar dari serangan berbagai penyakit.

Tak hanya untuk menjaga kesehatan, banyak orang melakukan latihan kebugaran jasmani untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Meski sebenarnya, masih ada banyak tujuan yang bisa dicapai dengan melakukan latihan kebugaran jasmani.

Agar lebih bahwa tujuan latihan kebugaran jasmani adalah menjaga kesehatan, kalian bisa menyimak beberapa ulasan yang dirangkum dari berbagai sumber berikut.

 

 

1. Mendapatkan Tubuh yang Ideal

Siapa yang tak mendambakan punya berat badan dan postur tubuh ideal? Siapapun pasti menginginkannya. Agar tercapai berbagai hal dilakukan, mulai dari diet hingga melakukan olahraga atau latihan kebugaran. Hal ini cukup masuk akal, sebab tujuan latihan kebugaran jasmani bisa saja dilakukan demi berat dan postur tubuh yang ideal.

Latihan kebugaran jasmani umumnya dilakukan dengan melakukan berbagai gerakan. Artinya, saat melakukannya sejumlah kalori dalam tubuh akan turut terbakar. Dampaknya, jika dilakukan secara rutin akan berimbas pada berat badan yang berangsur-angsur turun. Sehingga, bukan tak mungkin berat badan ideal bisa diraih.

 

 

2. Meningkatkan Imunitas

Banyak orang melakukan latihan kebugaran dengan maksud menjaga kesehatan tubuh. Sebab, tujuan utama latihan kebugaran adalah untuk menjaga kesehatan tubuh. Gerakan-gerakan fisik yang dilakukan selama latihan kebugaran, nyatanya tidak saja berdampak pada berat badan. Melainkan, juga bisa berimbas pada sistem metabolisme tubuh.

Secara tidak langsung, saat metabolisme lancar, imunitas tubuh juga akan meningkat. Itulah sebabnya, orang yang rajin melakukan latihan kebugaran jasmani atau berolahraga cenderung selalu terlihat bugar dan jarang jatuh sakit.

 

 

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain meningkatkan imunitas, latihan kebugaran jasmani juga dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Ya, hal ini bukanlah isapan jempol belaka. Sebab, aktivitas fisik seseorang memang bisa mempengaruhi kualitas tidurnya. Saat tubuh merasa lelah karena seharian beraktivitas, di malam hari tidur akan lebih nyenyak dan tenang. Dengan begitu, kualitas tidur akan terjaga atau bahkan meningkat.

 

 

4. Menjaga Mood Agar Lebih Stabil

Latihan kebugaran jasmani bukan saja menyehatkan tubuh atau fisik. Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah sekaligus menjaga kesehatan mental. Aktivitas fisik seperti olahraga dipercaya visa menjaga dan meningkatkan mood seseorang. Aktivitas fisik ketika olahraga diyakini membantu membangkitkan hormon dalam tubuh yang bertugas memunculkan perasaan bahagia.

Jadi tak mengherankan, jika kemudian cukup banyak orang yang menjadikan kegiatan olahraga sebagai hobi. Sebab, tak hanya menyehatkan olahraga atau latihan kebugaran jasmani terbukti bisa menyenangkan hati.

 

 

5. Menjaga Kekuatan dan Kelenturan Tulang

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah bisa menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Bahkan bukan itu saja, latihan kebugaran jasmani juga dipercaya bisa tingkatkan elastisitas atau kelenturan tulang. Terlebih, apabila latihan kebugaran jasmani dilakukan secara rutin. Selain berdampak baik pada tulang, hal ini juga bisa berdampak baik pada kelenturan otot dan juga sendi.

Ada beberapa gerakan latihan kebugaran jasmani yang bisa melatih kekuatan dan kelenturan tulang. Beberapa gerakan latihan itu, antara lain roll depan, roll belakang, kayang, split, lompat harimau. Selain itu, aktivitas sehari-hari seperti berjalan kaki, lari, bersepeda, mendaki, naik turun tangga, senam dan angkat beban juga bisa jadi pilihan latihan kebugaran jasmani yang ringan dilakukan.

 

 

6. Melancarkan Peredaran Darah

Lancarnya aliran darah juga jadi salah satu faktor penting dalam kesehatan tubuh. Itulah sebabnya salah satu tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah menjaga peredaran darah agar tetap lancar. Aliran darah yang lancar bisa menjauhkan kita dari berbagai risiko penyakit mematikan. Khususnya, penyakit-penyakit kardiovaskular seperti jantung, hipertensi, hingga stroke.

 

7. Sarana Berinteraksi Sosial

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah menyehatkan kehidupan secara sosial. Ya, ternyata tujuan sekaligus manfaat latihan kebugaran jasmani tidak saja menyoal kesehatan fisik, melainkan juga kehidupan sosial. Pasalnya, tak jarang orang menjalani latihan kebugaran jasmani secara berkelompok atau bersama-sama.

Hal ini tentu saja bisa menjadi sarana interaksi sosial yang sangat menyenangkan. Beberapa contoh latihan kebugaran jasmani yang bisa dilakukan secara berkelompok, misalnya bermain sepak bola, hiking, dansa, dan sebagainya.

 

 

8. Meningkatkan Seksualitas

Dilansir dari mayoclinic.org, latihan kebugaran jasmani yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan energi dan rasa percaya diri terhadap penampilan fisik. Secara tidak langsung, hal ini akan mempengaruhi meningkatnya gairah seks, baik pada pria maupun wanita. Selain itu, sebuah fakta mengungkap bahwa pria yang rajin berolahraga lebih terhindar dari masalah disfungsi ereksi, dibandingkan pria yang jarang berolahraga.

Itulah beberapa ulasan terkait tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah untuk menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah motivasi kalian untuk melakukan olahraga!

 

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI