Pengertian Teks Naratif, Struktur, Ciri-Ciri, Jenis, Lengkap dengan Contoh dan Penggunaannya

Senin, 29 November 2021 18:11
Pengertian Teks Naratif, Struktur, Ciri-Ciri, Jenis, Lengkap dengan Contoh dan Penggunaannya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Pengertian teks naratif juga dikenal juga dengan teks narasi. Sebab teks naratif bersifat narasi yang artinya menjelaskan suatu peristiwa atau kejadian berdasarkan urutan waktu. Lalu sudah tahu apa itu teks naratif, struktur, ciri, jenis bahkan contoh penggunaannya?

Dalam sebuah teks naratif memiliki tokoh, alur, serta kronologis suatu kejadian atau peristiwa. Teks naratif umumnya memiliki tujuan untuk menghibur pembaca, menambah wawasan, ataupun sekedar memberi informasi yang dirangkai dengan teks bersifat narasi.

Sementara teks naratif juga memiliki konflik yang bisa berbentuk karya fiksi ataupun non-fiksi. Dalam teks naratif juga memiliki struktur, ciri, dan jenis-jenisnya yang perlu diketahui. Karena itulah di bawah ini ada pengertian teks naratif lengkap dengan penjelasan lainnya.

Adapun pengertian teks naratif, struktur, ciri, jenis lengkap dengan contoh dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut pengertian teks naratif yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Pengertian Teks Naratif di KBBI

Berdasarkan isinya, dalam bahasa Indonesia dikenal beberapa jenis teks. Salah satunya teks naratif yang memuat informasi berupa kronologi suatu peristiwa. Kalian mungkin sudah tidak asing lagi mendengar jenis teks naratif. Lalu sudah tahukah kalian apa itu teks naratif?

Memahami pengertian teks naratif tentunya penting kalian ketahui. Pasalnya jenis teks naratif cukup sering muncul dalam sejumlah karya fiksi ataupun non-fiksi. Apalagi buat kalian yang tengah mendalami dan mempelajari jenis-jenis teks dalam bahasa Indonesia, perlu tahu apa itu teks naratif.

Pengertian teks naratif jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) menjelaskan bahwa teks tersebut bersifat narasi. Arti teks naratif juga dapat dijelaskan dengan menguraikan ataupun menjelaskan dalam sebuah karangan. Kedua, arti teks naratif di KBBI dapat bermakna juga dengan prosa yang subjeknya merupakan suatu rangkaian kejadian.

Pengertian teks naratif juga memiliki tujuan untuk menghibur pembaca. Sebab itulah, susunan teks naratif yang sering dijumpai menggunakan bahasa yang naratif. Arti teks naratif yakni menguraikan informasi berupa kronologi suatu peristiwa atau kejadian berdasarkan runtutan waktunya. Sedangkan pengertian teks naratif juga dikenal dengan teks narasi. Sehingga kalian tidak bingung lagi mencari penjelasan tentang teks naratif ataupun teks narasi yang keduanya bisa dibilang menjadi satu kesatuan. Itulah pengertian teks naratif yang perlu kalian ketahui.

2. Jenis-Jenis Teks Naratif

Karangan teks naratif umumnya ada yang benar-benar nyata terjadi ataupun fiksi belaka. Karena itulah ada beragam jenis teks naratif yang umum diketahui. Sedangkan di antara contoh teks naratif seperti novel, cerpen, ataupun kisah inspirasi. Lalu apa saja jenis-jenis teks naratif? Untuk memahami penjelasan tentang jenis-jenis teks naratif, berikut ini ulasannya yang perlu kalian ketahui. Adapun jenis-jenis teks naratif sebagai berikut.

1. Jenis teks naratif Informatif: Jenis teks narasi atau naratif informatif adalah suatu teks yang tujuannya untuk menyampaikan informasi tentang suatu kejadian atau peristiwa tertentu. Hal ini sesuai dengan jenisnya yakni naratif informatif.

2. Jenis teks naratif Sugestif: Jenis teks narasi atau naratif sugestif berarti menjelaskan suatu peristiwa atau kejadian yang mengandung suatu maksud tersembunyi pada pembacanya.

3. Jenis teks naratif Artistik: Jenis teks naratif artistik adalah suatu teks yang menceritakan tentang peristiwa atau kejadian dengan tujuan memberikan pengalaman estetis kepada pembaca. Artinya jenis teks naratif dapat tersaji dalam bentuk tulisan fiksi ataupun non-fiksi menggunakan bahasa yang biasanya berupa kiasan.

4. Jenis teks naratif Ekspositorik: Jenis teks naratif ekspositorik adalah teks yang tujuannya memberi informasi secara akurat tentang kejadian atau peristiwa tertentu. Selain itu tujuannya adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan pembacanya. Sebab itulah karangan teks naratif ekspositorik menyertakan data yang benar-benar valid, kisah nyata atau bukan non-fiksi serta informasi yang lebih rinci.

Itulah jenis-jenis teks naratif yang juga penting kalian ketahui. Sehingga memudahkan kalian tahu apa saja jenis teks naratif atau teks narasi.

3. Ciri-Ciri Teks Naratif

Ada beberapa ciri-ciri teks naratif yang juga penting diketahui. Ciri-ciri teks naratif di bawah ini memudahkan kalian mengenali teks naratif dalam sebuah karangan. Adapun ulasan tentang ciri-ciri teks naratif dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

- Menggunakan gaya bahasa yang naratif yakni menuturkan sebuah cerita, kisah, atau peristiwa.

- Alur yang jelas baik di awal cerita hingga akhir cerita.

- Mengandung konflik pada suatu peristiwa atau kejadian.

- Rangkaian karangannya terdiri dari beberapa unsur penting dalam cerita yakni tema, latar, alur, tokoh, ataupun sudut pandang.

- Terdapat tokoh yang memiliki karakter.

- Memiliki alur waktu, tempat, situasi.

Itulah beberapa ciri-ciri teks naratif yang memudahkan kalian mengenalinya dalam sebuah tulisan. Ciri-ciri teks naratif di atas dapat dijadikan referensi untuk memahami lebih dalam tentang teks naratif.

4. Struktur Teks Naratif

Selain itu ada beberapa struktur teks naratif yang juga perlu diketahui. Adapun struktur teks naratif tersebut dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Pada dasarnya struktur teks naratif menjelaskan tentang susunan teks tersebut dibangun. Berikut struktur teks naratif yang perlu diketahui.

1. Orientasi: Struktur teks naratif ini seorang narator atau penulis menjelaskan tentang waktu, tempat, tokoh, karakter dan apa yang tengah terjadi.

2. Komplikasi: Struktur teks naratif ini menjelaskan tentang peristiwa atau kejadian yang dijelaskan secara rinci. Baik itu pemicu, sebab, akibat, ataupun adanya konflik tertentu.

3. Resolusi: Struktur teks naratif ini berisi konflik dengan kisahnya yang semakin menurun. Artinya konflik tersebut dapat terselesaikan.

4. Reorientasi: Struktur teks naratif ini mengandung pesan moral dalam sebuah kisah atau cerita. Struktur ini juga menjadi bagian akhir dari sebuah cerita atau peristiwa meski begitu struktur ini bisa saja tidak dimiliki sebuah teks naratif. Artinya menjadi opsional dari seorang narator atau penulis.

5. Cara Menggunakan dan Susunan Teks Naratif

Setelah tahu penjelasan tentang pengertian teks naratif, jenis-jenis teks naratif, ciri, serta strukturnya. Tentunya bertanya-tanya bagaimana penggunaan dan susunan teks naratif? Karena itulah berikut ini beberapa poin penting tentang penggunaan dan susunan teks naratif.

- Menentukan tema yang hendak ditulis dan disampaikan kepada pembaca.

- Pilih target sasaran pembaca untuk teks naratif yang akan kalian buat.

- Susun rancangan peristiwa utama berdasarkan alurnya baik itu awal hingga akhir.

- Rangkai urutan peristiwa tersebut menjadi bagian pembukaan, perkembangan serta akhir cerita yang akan disampaikan.

- Buat lebih rinci tentang peristiwa utama yang akan disampaikan kepada pembaca. Jelaskan secara detail terkait peristiwa tersebut sebagai bahan pendukung.

- Buat susunan skema mulai dari tokoh, watak, alur, latar, sudut pandang.

- Perhatikan tanda baca dalam kalimat untuk membuat teks naratif.

6. Contoh Teks Naratif

Dalam menulis teks naratif seorang penulis tentu perlu memperhatikan berbagai hal penting seperti yang sudah dijelaskan pada ulasan sebelumnya. Untuk lebih memudahkan kalian memahami pengertian teks naratif, berikut ini ada contoh teks naratif yang perlu diketahui. Contoh teks naratif sebagai berikut adalah contoh singkat yang mudah untuk dipahami. Yuk simak referensinya tentang contoh teks naratif berikut ini.

Kemarin malam, Ben pulang terlambat. Pintu rumahnya sudah terkunci. Kekhawatiran mulai menyelimuti hatinya ketika mendengar suara asing di tengah malam. Pikirannya berusaha tetap tenang sambil mencoba membuka pintu rumah secara tergesa-gesa. Tangannya masih gemetar. Terlintas di pikirannya untuk berteriak. Namun rasa takut tersebut mulai pudar ketika mengetahui bahwa itu adalah ayahnya yang mencari Moli, kucing Ben.

Itulah penjelasan tentang pengertian teks naratif, ciri-ciri, jenis dan strukturnya. Selain itu dengan melihat contoh teks naratif tersebut dapat memudahkan kalian memahami tentang pengertian teks naratif.

Sumber: Bola.com, penerbitdeepublish.com, dan sumber lainnya

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI