Pengertian Teks Deskripsi dan Penjelasan Ciri-Ciri - Struktur, Lengkap dengan Contoh

Rabu, 28 Oktober 2020 16:48 Penulis: Puput Saputro
Pengertian Teks Deskripsi dan Penjelasan Ciri-Ciri - Struktur, Lengkap dengan Contoh
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Saat masih sekolah kita mengenal beberapa jenis teks, salah satunya teks deskripsi. Jenis teks ini cukup sering kita jumpai di berbagai buku. Teks deskripsi adalah jenis teks yang isinya merupakan penggambaran dari suatu objek. Tak melulu benda, teks deskripsi juga bisa berisi gambaran dari suatu tempat, peristiwa, suasana, bahkan orang.

Teks deskripsi bertujuan memberikan gambaran terhadap pembaca terkait objek yang diceritakan. Isi teks deskripsi umumnya ditulis dengan penggambaran objek secara konkret. Sehingga pembaca bisa membayangkan dan merasakan benda dalam bentuk fisik, sikap, waktu, dan hal lainnya.

Agar lebih paham lagi, berikut ini ulasan mengenai teks deskripsi, lengkap dengan ciri-ciri, beserta strukturnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pengertian Teks Deskripsi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, teks deskripsi merupakan jenis teks yang ditulis untuk menggambarkan objek tertentu. Oleh karena itu, teks deskripsi ditulis berdasarkan pengamatan atau pengalaman alat indera, seperti melihat, meraba, merasakan. Sehingga teks deskripsi terasa begitu nyata dan bisa membuat pembaca jadi membayangkan objek yang dideskripsikan.

Ahli bahasa Gorys Keraf, menjabarkan teks deskripsi sebagai salah satu bentuk wacana, yang secara khusus berusaha menyajikan suatu objek yang dibahas, secara gamblang sehingga membuat objek tersebut seolah-olah bisa dilihat langsung oleh pembaca. Atau dengan kata lain, seakan-akan objek yang dibahas benar-benar berada di depan mata pembaca.

2. Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Tak sulit untuk mengidentifikasi teks deskripsi. Pasalnya teks deskripsi mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Berikut ini merupakan ciri-ciri dari teks deskripsi.

1) Teks deskripsi bertujuan menggambarkan suatu objek seperti, benda, tempat, perasaan dan suasana tertentu.

2) Untuk mendukung penggambaran, teks deskripsi kerap melibatkan pengalaman panca indera seperti, penglihatan, pendengaran, penciuman, dan perabaan.

3) Teks deskripsi menjabarkan ciri-ciri fisik atau sifat dari objek yang digambarkan. Misalnya ukuran, bentuk, warna, tekstur dan sebagainya.

4) Teks deskripsi berisi penjelasan objek secara jelas dan detail.

5) Teks deskripsi menggunakan kata-kata yang bermakna sifat atau keadaan.

6) Teks deskripsi menggunakan kata sinonim dengan muatan emosi yang kuat.

7) Teks deskripsi kerap menggunakan majas. Hal ini dipakai untuk melukiskan secara lebih konkret.

8) Teks deskripsi menjelaskan objek berdasarkan warna, bentuk, ukuran, ciri fisik maupun psikis objek secara detail.

9) Teks deskripsi sering memunculkan kata ganti orang. Terutama, jika orang atau manusia menjadi objek yang dideskripsikan.

3. Penggunaan Bahasa dalam Teks Deskripsi

Perbedaan antara teks deskripsi dan jenis teks lainnya juga bisa dilihat dari segi penggunaan bahasa. Teks deskripsi mempunyai gaya bahasa yang khas. Berikut ini beberapa karakteristik dari penggunaan bahasa dalam teks deskripsi.

1) Teks deskripsi memakai kata-kata yang langsung merujuk pada nama objek dengan kata ganti persona.

2) Teks deskripsi memakai kata kerja definitif. Misalnya adalah, ialah, merupakan, dan yaitu.

3) Teks deskripsi memakai verba material untuk menunjukkan tindakan fisik. Misalnya, menjulang, melompat, dan berlari.

4) Teks deskripsi memakai adjektiva atau kata sifat untuk menggambarkan objek. Misalnya berwarna putih, bening, bersih, lebar, dan indah.

4. Struktur Teks Deskripsi

Selain ciri-ciri di atas, karakteristik dari teks deskripsi juga bisa dilihat dari strukturnya yang khas. Teks deskripsi terdiri atas tiga bagian struktur. Ketiga bagian struktur tersebut antara lain sebagai berikut.

1) Identifikasi

Identifikasi merupakan bagian dalam struktur teks deskripsi yang berisikan penentuan dari identitas dari objek yang dideskripsikan.

2) Klasifikasi

Bagian klasifikasi pada teks deskripsi menjadi unsur penyusun yang bersistem dalam suatu kelompok, menurut kaidah atau standar yang sebelumnya sudah ditetapkan.

3) Bagian Inti

Bagian inti dalam teks deskripsi yaitu bagian yang berisikan gambaran atau pemaparan tentang objek yang sedang dibahas.

5. Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi jadi salah satu jenis teks yang cukup populer dan paling sering ditemui. Meski punya satu tujuan yaitu menggambarkan objek, teks deskripsi masih bisa dibedakan dalam beberapa jenis. Berikut jenis-jenis teks deskripsi beserta penjelasannya.

1) Deskripsi Objektif

Jenis teks deskripsi yang menjelaskan objek melalui penjelasan yang apa adanya. Artinya, hanya berdasarkan pada keadaan objek, tanpa adanya penambahan opini atau penilaian dari penulis.

2) Deskripsi Spasial

Jenis teks deskripsi yang menggambarkan objek berupa ruang, tempat, dan benda. Jenis teks deskripsi ini hanya akan menjelaskan objek secara fisik saja.

3) Deskripsi Subjektif

Teks deskripsi subjektif adalah teks yang menggambarkan objek berdasarkan atas kesan atau penilaian dari penulis.

6. Contoh Teks Deskripsi

Agar lebih paham lagi, kalian bisa membaca contoh teks deskripsi di bawah ini, yang menggambarkan keindahan alam di pantai Ngobaran. Saat membacanya, usahakan kalian sambil membayangkan pemandangan serta situasi yang ada di dalam teks.

Pantai Ngobaran

Kemarin, Aku pergi berlibur ke Pantai Ngobaran. Pantai Ngobaran terletak di daerah Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta. Pantai ini adalah pantai yang sangat cantik. Pantai Ngobaran memang tidak begitu luas. Tapi, pantai ini memiliki suasana yang sangat khas.

Pantai Ngobaran memiliki bibir pantai yang pendek. Untuk mencapai ke bibir pantai Ngobaran, kita perlu menuruni bebatuan yang tidak terlalu tinggi. Biasanya, orang -orang lebih senang bersantai di bagian atas di wilayah pantai itu.

Bagian atas pantai itulah yang tampak khas dan cantik. Sebab, ada bangunan seperti pura yang cantik. Di pura itu, terdapat patung -patung dari batu berwarna hitam. Selain pura, di sana juga terdapat mushola. Mushola atau masjid itu memiliki ukuran yang kecil. Uniknya, mushola itu lantainya berupa tanah pasir pantai.

Pantai Ngobaran memang sangat khas dan cantik. Hawa di sana sangat sejuk. Selain itu, lingkungannya juga masih sangat bersih. Bagian air pantainya juga terlihat bersih dan bening. Banyak orang yang senang berfoto di sana.

(sumber teks: https://portal-ilmu.com/)

Itulah beberapa ulasan mengenai teks deskripsi beserta ciri-ciri, struktur, lengkap dengan contohnya. Semoga mudah dipahami dan bermanfaat.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI