Penjelasan Tentang Arti Alif Lam Mim Beserta Maknanya Dalam Al-Quran

Selasa, 06 Desember 2022 19:11 Penulis: Dhia Amira
Penjelasan Tentang Arti Alif Lam Mim Beserta Maknanya Dalam Al-Quran
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Dalam Al-Quran terdapat kata Alif Lam Mim yang sering kita temui saat membaca Al-Quran. Biasanya kata ini terdapat di pembukaan sebuah surat. Namun, apakah KLovers tahu arti Alif Lam Mim itu?

Ya, Alif Lam Mim merupakan kalimat pendek yang menjadi ayat pembuka dalam beberapa surat di Al-Quran. Dan selain Alif Lam Mim, ada beberapa ayat-ayat Muqatta yang tidak memiliki arti atau tidak membentuk kata.

Bagi KLovers yang ingin lebih memahami, apa arti Alif Lam Mim, maka berikut ini penjelasan tentang arti Alif Lam Mim dalam Al-Quran beserta tafsiran-nya. Langsung saja dicek.

 

1. Penjelasan Tentang Alif Lam Mim

Alif Lam Mim merupakan kalimat pendek yang menjadi ayat pembuka dalam beberapa surat di Al-Quran. Arti Alif Lam Mim ini termasuk dalam huruf-huruf lepas, di mana sebenarnya Alif Lam Mim hanyalah satu dari sekian banyak huruf lepas yang menjadi ayat pembuka dalam beberapa surat di Al-Quran.

Arti Alif Lam Mim beserta huruf lepas lain yang sudah disebutkan sebelumnya termasuk ke dalam golongan ayat-ayat mustayabihat, yaitu ayat yang tidak bisa ditafsirkan. Hingga saat ini, beberapa ulama serta penafsir Al Quran berpendapat bahwa hanya Allah yang mengetahui arti sebenarnya dari ayat tersebut.

Ayat-ayat mutasyabih pada pembukaan beberapa surat Al-Quran tersusun dari satu sampai lima huruf hijaiyah yang tidak membentuk kata. Contoh huruf Muqatta'at selain Alif Lam Min yaitu seperti, Alif Lam Ra, Alif Lam Mim Ra, ha Mim, ta Ha, Kaf Ha Ya 'Ain sad, dan lain-lain.

 

2. Surat yang Dibuka dengan Alif Lam Mim

Nah, seperti yang kita tahu bahwa, selain Alif Lam Mim, ada beberapa ayat-ayat Muqatta yang tidak memiliki arti atau tidak membentuk kata. Ada sebanyak 29 surat dari 114 surat dalam Al Quran yang menggunakan huruf-huruf hijaiyah sebagai pembukanya.

Dan huruf Alif Lam Mim sendiri, terdapat pada 6 surat di Al-Quran yang mencantumkannya sebagai pembuka surat. Apa saja yang ada di dalam Al-Quran yang dibuka dengan Alif Lam Mim. Dan berikut ini beberapa daftar surat tersebut:

1. Surat Al Baqarah (2)

Surat yang pertama ada surat Al Baqarah. Ya, surat Al Baqarah adalah surat ke-2 dalam Al-Quran, serta merupakan surat terpanjang. Surat ini terdiri dari 286 ayat, 6.221 kata, dan 25.500 huruf dan tergolong surat Madaniyah.

2. Surat Ali Imran (3)

Kemudian ada surat Ali Imran yang masuk dalam surat ke-3 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 200 ayat dan tergolong ke dalam surat Madaniyah. Surat Ali Imran menceritakan tentang kisah keluarga Imran.

3. Surat Al Ankabut (29)

Surat ini merupakan surat ke-29 dalam Al-Quran dan terdiri dari 69 ayat. Kata Al-Ankabut dalam surat ini mengandung arti laba-laba yang merupakan analogi bagi orang-orang kafir. Melalui surat ini, Allah SWT mengibaratkan orang kafir sebagai laba-laba sedang membangun rumahnya yang lemah.

4. Surat Ar Rum (30)

Surat Ar-Rum termasuk golongan surat Makkiyah yang terdiri dari 60 ayat. Ini merupakan surat ke-30 dalam Al-Quran dan diturunkan sesudah surat Al-Insyiqaq. Dalam surat ini dijelaskan bahwa, orang-orang mukmin itu akan mengalahkan orang-orang musyrik dalam waktu yang dekat.

5. Surat Luqman (31)

Kemudian selanjutnya ada surat Luqman. Surat ini merupakan surat ke-31 dan termasuk juz ke-21, dalam Al-Quran. Surah ini terdiri dari atas 34 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Surah Luqman diturunkan setelah surah As-Saffat. Nama Luqman diambil dari kisah tentang Luqman yang diceritakan tentang bagaimana ia mendidik anaknya.

6. Surat As Sajdah (32)

Dan yang terakhir ada surat As Sajdah, yang merupakan surah ke-32 dalam Al-Quran. Surah ini terdiri dari 30 ayat dan termasuk kedalam golongan surah makkiyah. Surat yang satu ini berfokus pada perilaku orang beriman yang meninggalkan tempat tidurnya untuk sujud kepada Allah SWT.

 

3. Tafsiran Arti Alif Lam Mim

Namun, selain mengetahui arti Alif Lam Mim, KLovers juga perlu tahu nih tafsiran dari arti Alif Lam Mim itu sendiri. Ya, diketahui bahwa, huruf Alif Lam Mim tidak memiliki arti. Namun, ada beberapa tafsiran dari arti Alif Lam Mim itu sendiri. Dan berikut ini tafsiran arti Alif Lam Mim yang diterbitkan oleh Departemen Agama RI.

1. Pertama, ada yang berpendapat bahwa tafsir arti Alif Lam Mim terdiri dari singkatan. Alif adalah singkatan dari "Allah", Lam singkatan dari "Jibril", dan Mim adalah singkatan dari "Muhammad". Dan hal ini maksudnya adalah, Al-Quran itu datangnya dari Allah dan disampaikan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

2. Kemudian yang kedua, ada yang berpendapat bahwa yang dimaksud dengan huruf-huruf abjad ini adalah huruf-huruf abjad itu sendiri. Maka yang dimaksud dengan Alif adalah "Alif", yang dimaksud dengan Lam, adalah "Lam", yang dimaksud dengan Mim adalah "Mim", dan begitu seterusnya.

3. Lalu, tafsir arti Alif Lam Mim yang ketiga yaitu, ada yang berpendapat bahwa, huruf-huruf itu (Alif, Lam, Mim) adalah nama dari surat yang dimulai dengan huruf-huruf itu (Alif, Lam, Mim).

4. Kemudian, tafsir arti Alif Lam Mim yang selanjutnya yaitu, huruf-huruf abjad seperti Alif Lam Mim berguna untuk menarik perhatian. Memulai pembicaraan dengan huruf-huruf abjad adalah suatu cara yang belum dikenal oleh bangsa Arab pada masa itu, sehingga hal ini menarik perhatian mereka.

5. Dan yang selanjutnya ada Tafsir Ibnu Abbas juga mengatakan huruf Alif merupakan ringkasan dari ana (aku), Lam dari kata Allah, dan Ra dari ara yang menjadi Anal Lahu Ara (Aku adalah Allah, Aku melihat).

6. Sementara itu, Rabi bin Anas juga berpendapat bahwa arti Alif Lam Mim adalah tiga kunci yakni, Alif sebagai kunci dari nama Allah SWT, Lam berarti kunci dari nama Lathif, dan Mim untuk kunci dari nama Majid.

7. Dan tafsiran arti Alim Lam Mim yang terakhir yaitu, ada golongan yang menafsirkannya sebagai peringatan. Menurut Al Hubbi, Allah SWT mengetahui saat-saat Nabi Muhammad SAW sebagai orang yang sibuk. Untuk itu, Malaikat Jibril menyampaikan firman Allah SWT seperti, Alif Lam Mim supaya Nabi Muhammad SAW memperhatikannya. Atau panggilan untuk menarik perhatian tentang ayat-ayat yang akan turun mengiringinya.

Itulah beberapa penjelasan tentang arti Alif Lam Mim yang bisa KLovers ketahui. Bukan hanya arti Alif Lam Mim, KLovers juga bisa mengetahui makna dari arti Alif Lam Mim itu sendiri.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI