Advertorial

Penuhi Nutrisi Buah Hati Saat Sekolah di Rumah, 5 Ide Ini Bisa Jadi Inspirasi

Penulis: Yunita Rachmawati

Diterbitkan:

Penuhi Nutrisi Buah Hati Saat Sekolah di Rumah, 5 Ide Ini Bisa Jadi Inspirasi (c) shutterstock

Kapanlagi.com - Banyak yang bilang kalau masa-masa sekolah itu menyenangkan banget. Biarpun kadang ada pelajaran yang bikin malas sekolah, tapi bisa ketemu teman-teman dan ikut beragam ekskul jadi hal yang bikin semangat. Meskipun sekarang momennya lagi belajar di rumah aja, nyatanya kegiatan belajar di rumah membuat anak harus lebih aktif mengerjakan berbagai tugas sekolah yang lebih kreatif lagi. Misalnya, bikin video senam sampai mempraktikkan percobaan sains sederhana pasti jadi tugas sekolah yang sudah nggak asing lagi selama menjalani school from home.

Banyaknya kegiatan yang dilakukan anak di usia sekolah bikin mereka butuh asupan nutrisi seimbang. Ini penting banget untuk mendukung aktivitas anak sehari-hari, lho. Tapi, ternyata banyak banget tantangan dalam menjaga nutrisi anak sekalipun lagi di rumah aja. Dari mulai anak yang terlalu pemilih hingga nafsu makannya yang rendah bikin ibu jadi bingung sendiri. Namun, jangan menyerah. Yuk, coba cara seru memenuhi kebutuhan nutrisi anak lewat beberapa ide kreatif ini!

Ajak Anak Bikin Menu Makanan Favoritnya Sendiri

(c) shutterstock

Anak yang memasuki usia sekolah jelas membutuhkan nutrisi yang lebih banyak karena banyaknya kegiatan yang dilakukan, mulai dari belajar hingga kegiatan fisik. Nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh penting sebagai asupan makanan bagi otak juga. Selain itu, di masa usia sekolah anak juga masih terus bertumbuh tinggi, sehingga penting menunjang tumbuh kembang tersebut dengan nutrisi seimbang.

Jadi, penting nih mengatur menu makanan sehari-hari anak demi memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anak juga bisa dilibatkan dalam proses ini untuk mengenalkan zat apa saja yang penting buat memenuhi kebutuhan nutrisinya. Setelah itu, ajak anak memilih sendiri menu makanan favorit dengan tetap mempertimbangkan asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga kalsium yang diperlukan.

Variasi Menu Sarapan Ringan Nan Lezat

(c) shutterstock

Nggak sedikit nih anak-anak yang malas sarapan pagi karena berbagai alasan. Mulai dari nggak selera makan atau nggak suka dengan menu yang disajikan sering membuat anak skip jadwal makan yang satu ini. Padahal, sarapan itu penting sebagai sumber kebutuhan energinya agar lebih semangat dan sehat dalam menjalani hari. Saat anak malas sarapan, saatnya kamu mencoba kreasi menu sarapan ringan yang tetap sehat dan lezat.

Misalnya, kalau anak nggak suka makan nasi di pagi hari, bisa diganti dengan mini sandwich yang berisi sayuran, telur, dan beef patty yang ia suka. Ide lain, bisa juga berkreasi dengan pancake dengan isian buah-buahan yang bisa membuat harinya lebih semangat. Porsi menu sarapan sendiri dianjurkan ringan untuk menghindari masalah pencernaan anak. Menurut Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS yang dilansir dari Liputan6, sarapan pagi harus dilakukan sebelum anak melakukan aktivitas harian. Idealnya adalah sekitar jam 07.00 dan maksimal hingga jam 09.00 pagi.

Challenge Makan Sayur Apa Hari Ini?

(c) shutterstock

Banyak anak-anak yang susah makan sayur karena menganggap kalau sayuran itu nggak enak. Padahal, sayuran adalah sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak selama masa tumbuh kembangnya, terutama di usia sekolah. Memaksa anak makan sayur memang susah, kalau caranya salah malah bisa membuat mereka semakin menjauhi menu tersebut.

Ada beberapa cara seru yang bisa bikin makan sayur jadi terasa menyenangkan. Misalnya, kamu bisa membuat challenge seru di rumah bertema ‘Makan Sayur Apa Hari Ini?’ yang isinya adalah tantangan agar anak mau menyantap sayur. Setiap kali anak menyelesaikan tantangan makan sayur, Ibu bisa memberikan 1 stamp bintang di buku catatannya. Jika anak sudah menyelesaikan 30 hari tantangan makan sayur, ibu bisa memberikannya reward tertentu. Misalnya membuat makanan favorit, membelikannya mainan yang diinginkan, atau mendapatkan 1 hari di mana anak bisa bermain gadget sepuasnya.

Bikin Fruit Dessert Box untuk Camilan di Sela Belajar di Rumah

(c) shutterstock

Biarpun belajar di rumah, tapi anak tetap butuh asupan camilan yang bisa menjadi asupan energi sekaligus nutrisi. Kalau biasanya anak lebih suka junk food karena cita rasanya yang gurih, sekarang saatnya ajak anak beralih ke camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan.

Kalau anak susah makan buah secara langsung, Ibu bisa berkreasi dengan berbagai sajian buah yang kelezatannya menggugah selera. Misalnya saja bikin dessert box buah-buahan yang lagi viral. Nggak hanya sehat, tapi juga lezat dan pastinya bikin anak makin semangat saat belajar di rumah.

Bikin Challenge Minum Susu Bareng Anak di Rumah

(c) indomilk

Sudah bukan rahasia lagi kalau susu adalah salah satu sumber kalsium yang penting untuk mendukung asupan nutrisi anak di masa sekolah. Manfaat kalsium sangat diperlukan dalam tumbuh kembangnya, terutama saat anak memasuki usia sekolah. Kalsium berperan untuk membentuk tulang kuat dan sehat, serta mengoptimalkan kerja jantung. Dalam situsnya, Kemenkes menjelaskan bahwa kalsium adalah nutrisi utama yang harus dipenuhi dengan jumlah sesuai usia. Ketika menginjak usia sekolah, kebutuhannya akan jadi lebih banyak karena tulang tumbuh dengan cepat.

Minum susu memang wajib, tapi Ibu bisa mengemasnya menjadi kegiatan yang lebih seru supaya anak makin semangat membiasakan diri minum susu 2 gelas sehari. Misalnya dengan mengadakan mini challenge yang mengajak anak minum susu setiap hari.

Jika anak berhasil menyelesaikan challenge harian ini, ibu bisa memberikan reward sederhana untuknya, seperti memasak makanan favoritnya, memberi ia tambahan waktu bermain gadget, atau membelikan mainan kesukaan jika ia berhasil minum susu secara rutin selama jangka waktu beberapa bulan ke depan. Awalnya mungkin ia termotivasi minum susu karena reward, tapi hal ini bisa jadi bagian dari menumbuhkan kebiasaan positif yang lama-lama akan dilakukan dengan kesadaran sendiri kok.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium anak, ajak ia minum 2 gelas Indomilk UHT 1L setiap hari. Susu yang mengandung tinggi kalsium ini dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium keluarga. Terbuat dari susu sapi segar, Indomilk susu cair UHT 1L ini memiliki dua pilihan rasa, yaitu Full Cream dan Cokelat yang jadi favorit keluarga.

Menariknya lagi, Indomilk mengadakan kampanye #INDOsehatdenganMILK yang mengajak seluruh anggota keluara hidup sehat dengan memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Yuk, follow akun Instagram @indomilk untuk mendapatkan berbagai informasi seru lainnya!

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(*/wur)

Reporter:

Wuri Anggarini

Rekomendasi
Trending