Primbon Watak Berdasarkan Weton, Ketahui Perhitungannya

Selasa, 24 Januari 2023 15:44
Primbon Watak Berdasarkan Weton, Ketahui Perhitungannya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Meski sudah berada di zaman modern, ternyata masih banyak orang yang penasaran dengan primbon watak berdasarkan weton. Ya, hari lahir seseorang dipercaya bisa menentukan karakter pemiliknya.

Cara menghitung primbon watak berdasarkan weton bisa diketahui lewat nilai masing-masing hari. Sudah ada rumus baku yang bisa kalian gunakan untuk menghitungnya.

Selanjutnya, hasil dari perhitungan itu bisa digunakan untuk mencari penjelasan tentang primbon watak. Nah, daripada penasaran, yuk langsung simak informasi selengkapnya di bawah ini.

 

1. Cara Menghitung Primbon Watak

Sebelum masuk ke penjelasan primbon watak, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu tentang cara menghitung weton. Weton adalah hari lahir seseorang dengan pasarannya terdiri dari Legi, Pahing, Wage, Pon, dan Kliwon. Setiap orang memiliki weton berdasarkan hari lahir.

Setiap hari lahir dan pasarannya memiliki nilai masing-masing. Jika nilai itu dijumlahkan, kalian akan menemukan neptu. Neptu itu nantinya bisa jadi patokan untuk mengetahui watak, rezeki, jodoh, peruntungan, dan lain sebagainya.

Bagi orang awam, primbon watak mungkin terkesan rumit. Padahal sebenarnya cukup mudah lho, KLovers! Agar lebih jelas, silakan simak penjelasan cara menghitung weton berikut ini.

- Hari Lahir

Minggu = 5

Senin = 4

Selasa = 3

Rabu = 7

Kamis = 8

Jumat = 6

Sabtu = 9

- Pasaran

Kliwon = 8

Legi = 5

Pahing = 9

Pon = 7

Wage = 4

Jika kalian lahir di Senin Kliwon, perhitungan wetonnya seperti berikut ini:

Senin Kliwon (4 + 8 = 12). Weton 12 ini bisa kalian gunakan untuk mengetahui arti primbon watak pada informasi selanjutnya.

 

2. Primbon Watak Berdasarkan Weton

Jika kalian penasaran dengan primbon watak berdasarkan weton, silakan simak penjelasannya di bawah ini. Masing-masing jumlah bisa menjelaskan karakter setiap orang.

1. Jumlah (7) Pendito Kang Lelaku.
Seneng nglencer. Karakter manusia seperti ini suka bepergian jauh, entah untuk tujuan liburan maupun pekerjaan.

2. Jumlah (8) Lakune Geni.
Cilik kaitane, gede pungkasane. Karakternya suka mendendam seperti bara api yang awalnya kecil namun kelak bisa membakar manusia.

3. Jumlah (9) Lakune Angin. Gampang dielus pikirane. Manusia jenis ini berkarakter mudah dipengaruhi orang lain dan kadang tidak memiliki pendirian hidup.

4. Jumlah (10) Pendito Mbangun Teki. Gelem nuturi wong tapi gak gelem dituturi.
Manusia seperti ini suka menasehati namun tidak mau menerima saran orang lain.

5. Jumlah (11) Lakune setan. Ela elu. Gak kena dadi pimpinan. Manusia berkarakter angka 11 tidak dapat dijadikan pimpinan karena plin-plan dan tidak bisa berjiwa memimpin.

6. Jumlah (12) Lakune kembang. Gelem diturut tapi emoh dadi punjeran. Suka mengalah kepada yang lain. Manusia seperti ini suka menebarkan kedamaian kepada orang lain.

7. Jumlah (13) Lakune lintang. Emoh dadi punjeran. Melok-melok ora iso digayuh.

Manusia berkarakter lakune lintang memiliki pesona luar biasa tapi tidak bisa dijadikan pemimpin. Karisma yang dimiliki tidak sepadan dengan rendahnya kemampuan memimpin.

8. Jumlah (14) Lakune Mbulan. Iso madangi wong akeh. Manusia seperti ini bisa menjadi pencerah bagi orang banyak. Dialah tempat mencari solusi saat beragam masalah tiba.

9. Jumlah (15) Lakune Geni. Gede kaitane, cilik pungkasane. Emoh diredam.
Karakter api yang dimiliki orang jenis ini mengarah pada dendam dan amarah.

10. Jumlah (16) Lakune Bumi. Sifatnya mudah diatur dan suka mengayomi. Karakter yang sangat baik untuk dipilih menjadi pemimpin.

11. Jumlah (17) Lakune Gunung. Orang jenis ini memiliki sifat mudah diatur jika bisa meraih hatinya. Menghadapi manusia seperti ini harus hati-hati karena moody.

12. Jumlah (18) Lakune paripurna. Angka paling gede. Inilah jumlah neptu paling besar. Sifat yang dimiliki mengarah pada dominasi kekuasaan. Setiap permintaannya harus dipenuhi.

 

3. Primbon Watak Berdasarkan Hari Pasaran

Selain primbon watak berdasarkan weton, kalian juga bisa mengetahui penjelasannya menurut hari pasaran. Untuk lebih jelas, silakan simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Legi - Manuk Kuntul

Inilah karakter priyayi dan kaum bangsawan yang berwibawa dan menyukai kemewahan.

2. Pon - Manuk Podang

Sifat yang tampak pada orang yang lahir pada pasaran pon adalah bijaksana dan suka menasehati orang lain.

3. Pahing - Manuk Ulung

Sifat yang melekat pada orang yang lahir pada pasaran pahing adalah tega memakan dan mengkhianati teman sendiri.

4. Wage - Manuk Gagak

Karakternya adalah mudah berkata manis tapi belum tentu ditepati.

5. Kliwon - Manuk Pelatuk

Sifat yang tampak pada manusia yang lahir pada pasaran kliwon adalah mandiri dan tega.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti primbon watak berdasarkan weton yang mungkin selama ini bikin kalian penasaran.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI