Punya Deretan Destinasi Menawan, Bondowoso Disebut Jadi Gudangnya Wisata

Sabtu, 25 Mei 2019 18:33 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Punya Deretan Destinasi Menawan, Bondowoso Disebut Jadi Gudangnya Wisata
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Jawa Timur dikenal memiliki banyak sekali destinasi yang sangat menawan. Hampir semua kabupaten atau kota di sana menyimpan keunikan tersendiri, dan salah satunya adalah Bondowoso. Meski daerahnya tak terlalu luas, tapi ternyata ada berbagai destinasi wisata yang patut dikunjungi dan siap memikat hati.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sepakat bila Bondowoso dibilang gudangnya tempat wisata. Banyak pilihannya. Mulai gunung, hutan, air terjun, lembah, danau, dan pantai, semua ada di Bondowoso.

"Pemudik pasti ingin suasana yang asri dengan udara yang segar, jauh dari hiruk pikuk perkotaan melupakan sejenak rutinitas pekerjaan. Bondowoso adalah tempat yang tepat. Udaranya sejuk, destinasinya lengkap," ujar Menpar Arief Yahya, Sabtu (25/5).

(c) kemenpar(c) kemenpar

Menpar pun mengajak kita mengunjungi Bondowoso untuk mengisi liburan #PesonaMudik2019. “Dijamin Anda semua tak akan menyesal dengan suguhan pariwisata Bondowoso,” kata Menpar Arief Yahya.

Tidak percaya? Coba cek sendiri #Top10DestinasiLebaran2019 di Bondowoso yang nggak boleh dilewatkan ini.

Air Terjun Mini Niagara

Karena kemiripannya, tempat ini dijuluki sebagai air terjun "Mini Niagara" atau "Little Niagara Waterfall". Tempat ini terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso, Jawa Timur. Niagara Mini adalah satu dari tiga air terjun yang bisa kamu datangi waktu menuju wisata Kawah Ijen dan sebaliknya, melalui jalur Kota Bondowoso.

Seperti namanya, ukuran air terjun ini memang mini dengan tinggi hanya sekitar 6 meter. Tapi justru itulah kelebihannya, karena kamu bisa melihat dari dekat dan cenderung aman kalau ingin bermain air.

Dijuluki mirip Niagara karena susunan air terjunnya yang luas dan bertingkat. Di bawahnya mengalir sungai yang jernih dan sejuk, karena terletak di area pegunungan. Selain itu, air terjun ini dikelilingi bukit hijau dengan bunga bermekaran.

Batu Susun Solor

Sebuah batu besar dan tersusun rapi, masih berdiri tegak di tengah perbukitan yang masih terjaga secara alamiah, di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso. Batu solor boleh dibilang cukup unik, hampir sama dengan sebuah situs warisan dunia yakni Stonehenge di Salisbury Plain, Wilshire, Inggris.

Pemandangan indah berupa batu susun yang terdiri dari gugusan bongkahan batu besar yang berdiri tegak tersusun dan berjajar rapih yang menampilkan keunikan tersendiri. Tidaklah heran bila destinasi wisata unik di Indonesia yang satu ini mirip dengan Stonehenge yang berada di Inggris.

Bila diperhatikan secara teliti, perbedaan bentuk fisik objek wisata Indonesia yang berada di lokasi Batu Susun Solor ini dengan stonehenge di Inggris hanya pada letak batu susun yang berada di sekitar lembah perbukitan.

Bendungan Sampean Baru

Bendungan Sampean Baru di Kabupaten Bondowoso menyedot perhatian karena menjadi hits dikalangan anak muda dan pecinta fotografi. Konstruksi di Bendungan Sampean Baru ini sekilas nampak seperti bendungan-bendungan megah di luar negeri. Beton-beton yang disusun rapi di depan bendungan, serta tumbuhan enceng gondok di sekitarnya membuatnya nampak cantik dalam foto.

Bendungan Sampen Baru nyatanya telah ada sejak tahun 1979 dan pengerjaannya selesai pada tahun 1983. Meski sudah ada sejak lama, Bendungan Sampean Baru naik pamor karena banyak pengunjung yang mengunggah foto keindahan panoramanya di media sosial.

Konstruksi beton yang tertata rapi, serta dikelilingi oleh pemandangan alam di sekitarnya yang tak akalah menjakan mata, membuat lokasi ini jadi primadona baru bagi para penggemar landscape fotografi atau yang hanya sekedar hobi selfie.

Air Terjun Gantongan

Dinamakan demikian karena air terjunnya seakan menggantung diantara tebing cadas. Aliran Air terjun Gantongan berwarna agak kekuningan karena merupakan salah satu air terjun dari aliran Kalipahit.

Lokasi air terjun ini terletak di Afdeling Watu Capil. Jika ingin kesana, cobalah bertanya kepada warga di perumahan Afd Watu Capil tentang lokasi Air terjun Gantongan.

Satu yang harus diperhatikan ketika mengunjungi air terjun ini adalah jangan sekali-kali mandi di bawah aliran airnya karena air terjun Gantongan adalah air asam yang berasal dari Kawah Ijen.

Bukit Jabal Kirmit

Anda tidak perlu bepergian jauh ke Selandia Baru untuk menikmati pesona permadani rumput hijau yang luas. Itulah Bukit Jabal Kirmit yang masih berada di daerah base camp pendakian ke Kawah Ijen. Lokasinya berada di Desa Jampit, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Bukit ini senantiasa berselimut permadani hijau diselilingi hamparan ilalang yang menarik. Sebagai ganti peternakan domba ala Selandia Baru, di sini Anda bisa menjumpai kuda dan kijang. Panorama Gunung Ijen yang menjulang tinggi dan udaranya yang sejuk dijamin akan semakin membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Kawah Wurung

Kawah wurung berada di Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Merupakan bukit dengan cerukan seperti kawah gunung yang diselimuti padang rumput bak permadani hijau. Kawah ini juga dikenal dengan nama Bukit Cincin. Karena terletak di ketinggian 1.500 meter, udaranya juga sangat menyegarkan.

Dari puncaknya, sejauh mata memandang, ada permadani yang terhampar luas luas. Saat cuaca cerah, Gunung Ijen dan Merapi berdiri berdampingan menyapa Anda. Anda dijamin tidak akan pernah merasa puas menikmati pemandangan seperti ini.

Kalau dilihat dari kaki gunung, apa Anda merasa de javu? Benar, pemandangan bukit kecil hijau memang menyerupai markas para Teletubbies. Memang tidak ada Teletubbies di sini. Tapi tidak perlu kecewa karena Anda dapat menjumpai kijang dan sapi.

Kawah Ilalang

Kawah Ilalang adalah “panggung” raksasa untuk menikmati indahnya tarian tanaman ilalang yang tertiup angin. Latar perbukitan hijau serta panorama Gunung Ijen dan Gunung Raung yang tampak jelas membuat pertunjukan tarian ilalang ini semakin memikat.

Keberadaannya di Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Uniknya, saat ilalang ini tertiup angin, Anda akan mendengar suara seperti singa mengaum. Tenang saja, itu hanya tiupan angin kok. Di sini tidak ada binatang buas sama sekali.

Dan tentu saja yang paling istimewa adalah, Anda bisa masuk ke atas “panggung”, berfoto ria, bahkan ikut menari bersama. Pasti bawaannya pengen nyanyi. Waktu terbaik ke sini adalah antara bulan Desember-Februari.

Air Terjun Blawan

Air Terjun Blawan setinggi sekitar 30 meter ini layak menjadi pilihan utama Anda karena memiliki banyak keunikan. Lokasinya berada di Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Pertama, airnya berwarna kekuningan dan mengeluarkan kepulan asap. Ini karena tingginya kadar belerang yang berasal dari Gunung Ijen di dalamnya.

Kedua, di dekat air terjun ini Anda dapat bersantai di pemandian air panas yang dipercaya berkhasiat memperlancar peredaran darah dan menyembuhkan penyakit kulit. Ketiga, keindahan air terjun ini dapat dinikmati dari sisi tebing. Air terjun ini sendiri langsung bermuara ke dalam tanah seperti air terjun Niagara di Amerika.

Puncak Piramid

Puncak Piramid berada di Renggano, Curahpoh, Curah Dami, Bondowoso, Jawa Timur. Berada di Puncak Piramid akan memberikan kepuasan tersendiri. Dari titik ini, kamu bisa menyaksikan bentang alam Bondowoso yang luar biasa, dan pastinya Instagenik.

Puncak Piramid adalah satu di antara beberapa puncak dalam komplek Gunug Saing. Puncak Piramid adalah puncak yang terletak di sebelah tengah. Sesuai dengan namanya, Puncak Piramid merupakan puncak gunung yang jika dilihat dari jauh bentuknya sama atau mirip dengan Piramida Mesir. Oleh karena itu gunung ini dinamakan Puncak Piramid.

(*/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI