Punya Hak Siar Piala Dunia 2022, Emtek Group Bekerjasama dengan Banyak Pihak untuk Cegah Pembajakan

Selasa, 15 Maret 2022 20:02
Punya Hak Siar Piala Dunia 2022, Emtek Group Bekerjasama dengan Banyak Pihak untuk Cegah Pembajakan
Emtek Group jadi official broadcaster Piala Dunia 2022 Qatar ©SCTV


Kapanlagi Plus - Piala Dunia 2022 bakal berlangsung di Qatar pada tanggal 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang. Elang Mahkota Teknologi (Emtek) resmi menjadi pemegang hak siar turnamen sepak bola yang berlangsung empat tahun sekali itu.

Selama perhelatan itu berlangsung, Emtek Group akan menayangkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 lewat stasiun televisi SCTV, Indosiar, O Channel, Mentari TV, dan Vidio.

"Tahun ini kami dengan bangga mempersembahkan FIFA World Cup 2022 Qatar. Perhelatan olahraga terbesar di tahun 2022 ini membuka lembaran sejarah baru karena Qatar menjadi negara Timur Tengah pertama yang menyelenggarakan World Cup," kata Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono dalam jumpa pers virtual, Selasa (15/3).

1. Fokus Pada Pembajakan

"Untuk pertama kalinya juga digelar akhir tahun untuk menghindari cuaca panas yang ekstrem di Qatar. Karena perbedaan waktu yang sedikit antara Qatar dan Indonesia, sebagian besar akan jatuh di jam-jam strategis di Indonesia," tambahnya.

Sebagai pemegang hak siar piala dunia Qatar 2022, Emtek Group tentu sangat fokus dengan pembajakan. Apalagi, pembajakan sendiri menjadi salah satu masalah yang sering kali muncul saat penayangan siaran Piala Dunia.

"Menangani pembajakan sudah jadi standar yang harus kita lakukan. Kita juga banyak bekerja sama dan banyak support dari beberapa platform, kayak Google, Telegram, dan lain-lain. Kita sudah minta support juga kepada FIFA untuk memberi ekstra attention untuk pembajakan ini," katanya.

2. Jadwal Penayangan Piala Dunia 2022

Pertandingan langsung dan siaran ulang yang bisa disaksikan pemirsa Indonesia lewat saluran televisi tersebut. SCTV dijadwalkan akan menayangkan pertandingan dari babak grup hingga final. Sementara Indosiar akan menyiarkan mulai babak 16 besar hingga laga puncak.

Kemudian, untuk menonton pertandingan lewat Vidio, para penikmat sepak bola harus berlangganan terlebih dahulu. Saluran lain dalam satu naungannya seperti O Channel, Nex Parabola, dan Champions TV juga akan bergantian menyiarkan pertandingan dengan saluran televisi frekuensi publik yang lain.

3. Sajikan Fitur Interaktif

Tak hanya itu, nantinya juga akan terdapat fitur-fitur interaktif di Vidio.com yang merefleksikan suasana keseruan di stadion saat pertandingan berlangsung. Juga bakal terdapat grup chat di mana penonton bisa mengomentari secara langsung pertandingan yang tengah berlangsung.

"Kita punya target ambisius, pesaingnya bukan hanya OTT dari Indonesia saja, tetapi juga global. Jadi tujuannya adalah bikin orang makin nyaman nonton di Vidio," katanya.

4. Bakal Siarkan Piala Dunia U-20

Bukan hanya menayangkan Piala Dunia Qatar 2022 saja, Emtek Group juga mendapat kesempatan untuk menyiarkan secara langsung Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Indonesia pada 2023 mendatang. Turnamen ini juga akan diikuti oleh timnas Indonesia sebagai tuan rumah.

"Yang menjadi spesial, selain FIFA World Cup, Emtek juga menjadi pemilik hak siar Piala Dunia U-20 pada 2023. Ini menarik karena Indonesia juga akan tampil pada kejuaraan ini," katanya.

(kpl/far/sry)



MORE STORIES




REKOMENDASI