Punya Harga Selangit, Ini 8 Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan

Minggu, 02 Agustus 2020 13:22 Penulis: Puput Saputro
Punya Harga Selangit, Ini 8 Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan
Manfaat Sarang Walet (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Sarang burung walet selama ini dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang punya harga selangit. Sarang walet sejatinya berasal dari air liur burung walet yang menjadi padat. Sehingga rasanya wajar jika bahan makanan ini relatif mahal harganya. Selain itu, manfaat sarang walet untuk kesehatan juga semakin menambah nilai jualnya.

Selama ini sarang walet kerap dijadikan komoditas ekspor. Di luar negeri, sarang walet yang kaya akan khasiat ini diolah sebagai bahan makanan atau minuman. Teksturnya yang lembut dengan rasa yang menyegarkan membuat sarang walet punya banyak sekali peminat. Di balik rasa segar dan harganya yang selangit, terdapat manfaat sarang walet yang tak bisa disepelekan.

Berikut beberapa manfaat sarang walet dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Kaya Antioksidan

Sarang walet yang umumnya berwarna putih ternyata kaya akan antioksidan. Dalam tubuh manusia, antioksidan menjadi senyawa yang berfungsi menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit. Tak hanya itu, mencukupi kebutuhan antioksidan juga berarti sebuah upaya menjaga daya tahan tubuh tetap stabil.

2. Kaya Akan Mineral

Tak hanya antioksidan, dalam sarang walet ternyata juga terdapat sejumlah mineral yang diperlukan tubuh. Berbagai kandungan mineral yang terdapat dalam sarang walet, antara lain mangan, seng, tembaga, kalsium, dan lain-lain. Keberadaan kandungan mineral tersebut membuat sarang walet berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari tulang hingga jantung.

3. Menyehatkan Jantung

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kandungan mineral dalam sarang walet sangat baik untuk kesehatan, salah satunya bagi jantung. Kandungan mineral dalam sarang walet yang berkhasiat terhadap kesehatan jantung ialah tembaga.

Selain itu, mengonsumsi sarang walet juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol tanpa mengganggu sistem metabolisme tubuh. Dengan begitu, kesehatan jantung akan terjaga. Kalian juga akan lebih terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular.

4. Sumber Asam Amino

Selain antioksidan dan mineral, sarang walet juga mengandung cukup banyak asam amino, seperti asam aspartat dan prolin. Keduanya sangat diperlukan tubuh demi proses regenerasi sel. Ada pula asam sistein dan fenilalanin yang baik untuk otak dalam meningkatkan daya ingat. 

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sarang walet jadi salah satu bahan makanan yang bisa dikonsumsi oleh siapapun dalam berbagai kalangan usia. Terlebih pada anak-anak dan golongan lansia, sarang walet dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, seperti yang kita tahu anak-anak dan orangtua termasuk dalam golongan orang yang mudah tertular penyakit.

Dengan mengonsumsi sarang walet, anak-anak dan lansia dipercaya akan lebih kebal terhadap penyakit. Tak hanya itu, pada anak-anak kandungan nutrisi sarang walet juga diyakini akal membantu proses pertumbuhan otak dan meningkatkan daya konsentrasi. Sementara, pada lansia nutrisi sarang walet berguna meningkatkan proses metabolisme tubuh yang acap kali terganggu seiring pertambahan usia.

6. Baik untuk Kesehatan Tulang

Manfaat sarang walet berikutnya berkaitan dengan kesehatan tulang. Sarang walet mengandung cukup banyak mineral kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan juga persendian. Tak hanya menyehatkan, kalsium juga dipercaya akan menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Khasiat sarang walet untuk tulang dan sendi juga didukung adanya zat asam amino bernama glukosamin. Zat asam ini membantu pemulihan tulang rawan.

Mengonsumsi sarang walet sejak anak-anak akan berguna untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Dengan begitu, kalian akan terhindar dari ancaman tulang keropos atau osteoporosis.

7. Mencegah Terjadinya Resistensi Insulin

Diabetes jadi salah satu penyakit yang ditakuti karena bisa bercabang mengakibatkan komplikasi. Salah satu metode pengobatan diabetes ialah dengan melakukan suntik insulin. Namun, jika dilakukan secara terus menerus hal ini bisa berisiko pada terjadinya resistensi insulin. Tapi tak perlu khawatir, sebab resistensi insulin tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi sarang walet.

Kandungan nutrisi dalam sarang walet dipercaya bakal membantu tubuh dalam mengatur produksi insulin, sehingga produksi insulin tidak jadi berlebih. Selain itu, kemampuan sarang walet dalam melancarkan metabolisme tubuh juga berpengaruh dalam mencegah terjadinya resistensi insulin.

8. Mengurangi Efek Nikotin

Sarang walet sangat dianjurkan dikonsumsi oleh perokok baik aktif maupun pasif. Hal ini lantaran nutrisi yang terkandung di dalam sarang walet dipercaya mampu mengurangi efek nikotin dalam tubuh. Dengan begitu, kerusakan organ dalam tubuh akibat nikotin yang terkandung dalam rokok bisa lebih terminimalisir.

Nah, itulah di antaranya beberapa manfaat sarang walet untuk kesehatan. Melihat banyaknya manfaat yang ditawarkan rasanya jadi wajar jika kemudian bahan makanan ini dibandrol dengan harga yang fantastis.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI