Pahami 7 Kondisi Kuku Ini Bisa Jadi Tanda Kesehatan Tubuh, dari Perubahan Warna - Teksturnya

Sabtu, 01 Agustus 2020 13:33 Penulis: Nurul Wahida
Pahami 7 Kondisi Kuku Ini Bisa Jadi Tanda Kesehatan Tubuh, dari Perubahan Warna - Teksturnya
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Kuku menjadi salah satu bagian tubuh yang cukup banyak diperhatikan oleh sebagian orang. Terlebih bagi kaum perempuan yang kerap menghias kuku dengan berbagai variasi warna kutek. Sebab, kuku yang cantik dinilai dapat menunjang penampilan serta bisa meningkatkan kepercayaan diri. Sejumlah kondisi kuku juga diketahui bisa jadi tanda kesehatan tubuh seseorang.

Menjaga kesehatan kuku tentunya sangat penting dilakukan agar penampilan tetap menarik dan menawan. Tak heran apabila banyak orang melakukan manicure dan pedicure demi memperoleh kuku cantik untuk melengkapi penampilan semakin memesona.

Kuku yang sehat bukan hanya dapat menunjang penampilan, melainkan juga bisa menjadi salah satu tanda kondisi kesehatan tubuh. Sebagian orang mungkin tidak menyadari hal ini bahwa kondisi kuku mungkin dapat menandakan kondisi kesehatan.

Umumnya kuku normal memiliki warna sama, halus tanpa lubang atau tekstur, lanula berwarna putih dan tak mudah rapuh. Selain itu, normalnya kuku dapat tumbuh sekitar 3,5 ml setiap bulannya. Apabila kondisi warna kuku hingga teksturnya mengalami perubahan atau tumbuh tak normal, bisa jadi merupakan pertanda masalah pada tubuh.

Lalu bagaimana kondisi kuku yang bisa jadi tanda kesehatan tubuh?

Adapun kondisi kuku yang bisa jadi tanda kesehatan tubuh terangkum dalam sejumlah poin di bawah ini. Sehingga dengan mengetahui kondisi kuku tersebut dapat menjadi pencegahan sedini mungkin terkait gejala masalah kesehatan tertentu. Berikut 7 kondisi kuku yang menjadi tanda kesehatan tubuh bersumber dari halodoc.com, dan health.clevelandclinic.org.

1. Kuku Berwarna Ungu

Kondisi kuku yang bisa jadi tanda kesehatan tubuh salah satunya adalah kuku berwarna ungu gelap. Mengutip liputan6.com berdasarkan penjelasan Dr Miguel Cunha dari Gotham Footcare mengungkapkan jika kuku yang berubah warna menjadi keungunan dimungkinkan mengalami hematoma subungual.

Biasanya kondisi ini terjadi bagian dalam kuku yang memar hingga mengakibatkan warna kuku jadi ungu atau biru. Sebab, dalam kasus tertentu hematoma subungual merupakan penggumpalan darah di bawah kuku hingga akibatkan perubahan warna. Namun kondisi kuku ini dapat kembali normal dengan waktu cukup lama. Konsultasi diperlukan apabila terjadi rasa nyeri tak berkesudahan.

2. Kuku Berbentuk Sendok

Kondisi kuku yang bisa jadi tanda kesehatan tubuh selanjutnya adalah kuku bergerigi. Kuku bergerigi ini juga dapat disebut sebagai koilonchia atau kuku yang memiliki bentuk seperti sendok dan melengkung. Sehingga terkadang dapat menampung tetesan air yang membasahi kuku.

Mengutip dari health.clevenlandclinic.org, Dr. Poblete Lopez mengatakan bahwa kondisi kuku seperti ini dapat menandakan adanya gejala penyakit ginjal. Bahkan juga bisa menjadi penanda adanya anemia defisiensi besi yakni kekurangan zat besi hingga terjadi kekurangan sel darah merah.

3. Kuku dengan Bercak Putih

Kondisi kuku yang bisa jadi tanda kesehatan tubuh lainnya adalah adanya bercak putih atau bintik-bintik pada kuku. Kondisi ini mirip dengan kasus psoriasis yakni peradangan pada kulit hingga muncul ruam merah. Namun pada kuku biasanya bercak putih bisa diperoleh karena tekanan atau trauma benda tertentu baik karena benturan atau sesak mengenakan sepatu.Kondisi ini juga dapat menandai adanya gejala anemia hingga disebut juga menunjukkan gejala penyakit ginjal. Akan tetapi keadaan ini dapat berbeda-beda pada setiap orang,

Kondisi ini juga bisa disebut dengan leukonychia. Namun beberapa jenis leukonychia juga menandakan kondisi tubuh yang berbeda-beda. Sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatan tubuh.

4. Kuku Berwarna Kuning

Kondisi kuku yang tak sehat juga bisa menunjukkan warna kuning. Dimana kondisi kuku tersebut dapat diakibatkan karena infeksi jamur. Terutama saat kuku sering berada pada tempat gelap dan lembab salah satunya adalah kuku kaki.

Jamur tersebut juga dapat membuat kondisi kuku dapat berubah warna. Biasanya keadaan ini dapat terjadi lantaran kekurangan asupan vitamin B12. Konsultasi diperlukan agar masalah kuku berwarna kuning dapat teratasi dengan maksimal. Sedangkan mengutip dari halodoc.com kondisi kuku berwarna kuning ini dapat menunjukkan adanya gejala penyakit tiroid, diabetes, psoriasis hingga berhubungan dengan pernapasan.

5. Kuku Berwarna Hitam

Kondisi kuku yang bisa jadi tanda kesehatan tubuh selanjutnya adalah kuku berwarna hitam. Kuku berwarna hitam ini dapat menjadi tanda adanya psoriasis. Dimana biasanya kuku menunjukkan garis-garis hitam membentang dari ujung kutikula hingga dapat berupa gumpalan kecil karena pembuluh kapiler melebar dan pecah.

Biasanya keadaan tersebut dapat terjadi karena kuku mengalami trauma atau cedera. Namun kondisi lainnya juga dapat menunjukkan adanya tanda penyakit melanoma. Melanoma sendiri merupakan kanker kulit yang terjadi di bawah kuku. Akan tetapi pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatan tubuh.

6. Kuku Rapuh

Tak hanya dari warna dan teksturnya, kuku rapuh juga dapat menjadi tanda kesehatan tubuh. Sebab biasanya kuku rapuh dapat diakibatkan karena seringnya terpapar zat kimia baik dari aseton atau produk detergen. Sehingga membuat kuku mengalami kekurangan sejumlah vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan C. Sehingga diperlukan asupan sehat untuk mengembalikan keadaan kuku agar normal kembali.

7. Kuku Melekuk

Kondisi kuku yang bisa jadi tanda kesehatan juga dapat terlihat apabila kuku mengalami lekukan. Dimana ini mirip dengan kondisi kuku seperti lubang yang menyebabkan bagian kuku menutupi ujung jari. Kondisi ini dapat berkaitan dengan adanya tanda dari gejala psoriasis.

Nah itulah 7 kondisi kuku ini bisa jadi tanda kesehatan tubuh, dari perubahan warna hingga teksturnya. Namun beberapa kondisi kuku tersebut dapat menunjukkan gejala yang berbeda pada setiap orang. Sehingga diperlukan pemeriksaan agar mendapat solusi tepat dan informasi pasti terkait kesehatan tubuh.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI