Sajikan British Cake Legendaris, Menu Andalan madeline.scones Sukses Pikat Pelanggan hingga Public Figure Hits

Selasa, 05 Juli 2022 13:42 Penulis: Wuri Anggarini
Sajikan British Cake Legendaris, Menu Andalan madeline.scones Sukses Pikat Pelanggan hingga Public Figure Hits
(c) madeline.scones


Kapanlagi Plus - Ingin membangun bisnis kuliner tapi bingung harus membuat kreasi apa? Coba ulik lebih jauh makanan favoritmu, siapa tahu bisa jadi ide dan peluang bisnis kuliner menjanjikan yang bisa dimulai dari rumah. Hal ini juga yang dialami oleh Tena Fitria saat mengembangkan madeline.scones di Jakarta Pusat. 

Berawal dari kesukaannya terhadap scones tapi nggak banyak seller yang menjual kudapan tersebut, Tena pun melihat peluang usaha yang kemudian digelutinya hingga sekarang. Nggak hanya memikat pelanggan, kelezatan madeline.scones pun berhasil membuatnya disukai para public figure hits! Bagaimana ceritanya?

1. Hadirkan Cita Rasa Mirip Scones di Luar Negeri

Dalam wawancara bersama tim ManisdanSedap.com, Tena mengungkapkan bahwa kecintaannya terhadap scones menjadi inspirasi untuk membangun usaha kuliner tersebut. Terlebih adanya pujian terhadap scones yang ia buat karena punya rasa mirip dengan yang ada di luar negeri.

"Usaha dimulai sekitar tahun 2019. Inspirasi utama karena saya sendiri sangat menyukai scones dan saat itu sangat jarang dijual di Jakarta. Jadi, saya membuat sendiri dan ternyata menurut orang di sekitar, scones buatan saya enak dan rasanya persis seperti yang pernah mereka coba di luar negeri," ceritanya.

Saat itulah ia mulai memberanikan diri untuk membangun usahanya. Nama madeline.scones dipilih dari nama khas orang Inggris sesuai dengan produknya yang merupakan kudapan khas negara tersebut.

“Ini kan konsepnya saya menjual produk kue asal Inggris, jadi saya mencari nama yang tepat dari nama perempuan Inggris, karena kebetulan bakernya perempuan semua,” lanjut Tena.

2. Jadi Favorit Public Figure Ternama

Saat awal membangun usahanya, Tena mengaku mengalami kesulitan mencari cara promosi yang tepat. Karena kondisi budget masih terbatas, ia pun memutar otak mencari cara marketing yang low cost.

Ternyata, tantangan ini kemudian mendapatkan kemudahan karena produk madeline.scones banyak disukai public figure ternama. Kalau mengulik akun Instagramnya, ada sederet public figure ternama yang pernah memposting review dari produk andalan madeline.scones.

“Karena beberapa public figure menyukai produk saya, mereka bersedia membantu promosi tanpa harus dibayar sehingga itu cukup membantu saya mengembangkan madeline.scones,” jelas Tena.

3. Fresh From the Oven

Menyajikan British cake khas, Tena pun merasakan tantangan lain dalam proses pembuatannya yang ternyata cukup rumit. Ia mengaku adonan harus diaduk manual dengan tangan agar bisa menghasilkan tekstur yang tepat.

"Pembuatannya rumit karena nggak bisa menggunakan mixer, jadi harus pakai tangan. Kalau pakai mixer adonannya akan terlalu lembut. Jadi ini sebenarnya tricky juga," jelas Tena.

Ada berbagai menu pilihan di madeline.scones dan semuanya ready, bisa dipesan secara pre order pada pagi hari untuk dikirim di hari yang sama. “Semuanya freshly baked, untuk menu best seller kami adalah Original Scones dan Picadilly Pound Cake,” ungkap Tena.

Memasuki tahun ketiga mengembangkan madeline.scones, Tena berharap agar usahanya bisa terus berkembang dan bisa memberikan impact baik itu untuk dirinya sendiri maupun orang-orang di sekitarnya.

“Walaupun ini UMKM tapi saya sangat bersyukur atas impact-nya. Selain dapat memenuhi ekonomi secara pribadi, saya juga dapat membantu menyejahterakan pegawai saya dan keluarganya. Saya juga berharap agar scones dapat menjadi makanan yg populer di Jakarta, karena untuk sekarang mungkin hanya segelintir orang saja yang menyukai scones,” pungkasnya.

Harapan Tena untuk terus memajukan usahanya mendapatkan dukungan dari ManisdanSedap.com, sebuah platform yang menjadi bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network.

ManisdanSedap.com memberikan dukungan kepada para seller UMKM lokal seperti Tena untuk mempromosikan usahanya agar lebih dikenal secara luas, karena berperan sebagai ‘etalase’ online dari produk jualan mereka. Berbagai menu yang hadir di etalase ManisdanSedap.com bisa dipesan secara pre order dan dikirim ke berbagai wilayah di tanah air.

Untuk melakukan pemesanan juga gampang banget karena tersedia fitur tombol order. Cukup diklik saja, maka kamu akan langsung terhubung ke nomor WhatsApp sang seller. Transaksi dilakukan di luar platform, sehingga lebih praktis! Yuk, pre order makanan favoritmu di ManisdanSedap.com!

Reporter: Maretha Andriana

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI