Salah Satu Universitas di Arab Saudi Adakan Kelas Mengemudi Untuk Kaum Perempuan

Rabu, 11 Oktober 2017 16:56 Penulis: Mita Anandayu
Salah Satu Universitas di Arab Saudi Adakan Kelas Mengemudi Untuk Kaum Perempuan
© emirateswoman.com

Kapanlagi Plus - Saudi Arabia adalah satu-satunya negara di dunia yang melarang kaum perempuan untuk mengemudi kendaraan. Bahkan ironisnya, beberapa perempuan harus dikenai denda dan dipenjara akibat melanggar peraturan tersebut.

Namun kini setelah sekian lama terkurung dalam larangan tersebut, rencana bahwa perempuan kini diperbolehkan mengemudi kendaraan telah resmi ditetapkan. Dekrit ini akan diberlakukan mulai Juni 2018.

Sambil menunggu persiapan datangnya waktu resmi, salah satu universitas di Arab mengungkap akan berencana adakan kelas mengemudi untuk perempuan. Princess Nourah Bint Abdulrahman University yang tercatat sebagai universitas perempuan terbesar di dunia ini mengumumkan adanya rencana tersebut.

"Princess Nourah University sedang menyiapkan kelas mengemudi yang bekerjasama dengan instansi terkait. Pengumuman ini menindaklanjuti keputusan Raja Salman yang memperbolehkan perempuan untuk mengemudikan kendaraan," tulis universitas tersebut dalam akun twitternya.

Lebih dari 50.000 mahasiswi diperkirakan akan ikut dalam kelas mengemudi tersebut. Sementara itu, permintaan untuk kelas mengemudi diperkirakan akan melonjak untuk persiapan para perempuan mengendarai kendaraan mereka. Banyak dari mereka yang juga sudah memegang lisensi internasional dari negara-negara terdekat seperti Yordania. Mereka berhak untuk tidak mengikuti tes mengemudi nantinya.

Lain halnya dengan Universitas King Saud, pihak universitas mengatakan akan menambah 4.500 spot tempat parkir khusus untuk perempuan dan mahasiswa universitasnya pasca pengumuman dari Raja Salman tersebut.

(emi/mit)

Editor:

Mita Anandayu



MORE STORIES




REKOMENDASI