10 Amalan Puasa Ramadhan yang Dapat Dilakukan Meski Kamu Lagi Datang Bulan

Jum'at, 15 Mei 2020 12:22 Penulis: Dhia Amira
10 Amalan Puasa Ramadhan yang Dapat Dilakukan Meski Kamu Lagi Datang Bulan
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Bagi seorang wanita yang datang bulan pada saat bulan Ramadhan adalah sesuatu hal yang merugikan, karena mereka tidak bisa mendapatkan pahala dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan serta pahala dalam amalan-amalan ibadah lain. Tetapi ternyata ada kok amalan puasa Ramadhan yang dapat dilakukan oleh wanita muslim yang sedang datang bulan.

Datang bulan sendiri merupakan tanda bahwa seorang wanita muslim sudah masuk waktu dewasa secara islam. Dalam agama Islam, bila laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh maka mereka memiliki tanggung jawab dalam melakukan amalan-amalan wajib yaitu, sholat, haji dan juga berpuasa. Tetapi saat sedang datang bulan atau dalam keadaan tidak suci, maka kita tidak boleh atau di haramkan untuk melakukan sholat dan berpuasa.

-------------

Bikin Ramadanmu Tak Terlupakan, Buka Puasa Ditemani Artis

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Pandji Pragiwaksono dan Tasya Farasya 16 Mei ini. Bakal ada Chef Vania Wibisono, band Reality Club dan HIVI! juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

-------------

Maka dari itu, dilansir dari berbagai sumber, inilah amalan puasa Ramadhan yang dapat dilakukan.

 

 

 

 

1. Perbanyak Berzikir

Amalan puasa Ramadhan yang dapat dilakukan pertama yaitu berzikir. Untuk wanita yang melakukan amalan puasa Ramadhan dengan berzikir merupakan sesuatu hal yang diperbolehkan. Hal tersebut diperkuat dengan pernyataan bahwa, para Fuqoah sepakat, istighfar, dzikir, dan doa tidak disyaratkan yang melakukannya harus dalam keadaan suci dari hadas baik hadas besar maupun hadas kecil.

Hal tersebut dapat dikatakan bahwa, wanita yang dalam keadaan tidak suci karena datang bulan dapat melakukan kegiatan berzikir saat bulan Ramadhan atau saat bulan lainnya. Manfaat berzikir sendiri yaitu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dari hal-hal buruk yang terjadi. Bila kita selalu senantiasa memuji kebesaran dan keagungan Allah SWT melalui zikir maka dapat membuka pintu keselamatan dunia akhirat.

2. Perbanyak Bersholawat

Amalan puasa Ramadhan yang kedua yaitu kalian dapat bersholawat. Sama seperti zikir, sholawat juga dapat dilakukan saat kita sedang datang bulan, dan sangat baik bila dilakukan selama bulan Ramadhan.

Sholawat sendiri juga merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT yang memiliki berbagai macam keistimewaan bila kita melaksanakannya. Dan keistimewaan tersebut antara lain, diselimuti dengan ketenangan jiwa, dapat dimudahkan doanya untuk terkabul bila selalu diiringi dengan sholawat, selalu disinari oleh cahaya iman, cahaya rahmat, serta cahaya keberkahan, memiliki akhlak mulia dan masih banyak lagi yang kita dapatkan dalam bersholawat. Untuk itu, sholawat adalah ibadah yang baik kita lakukan saat sedang datang bulan.

3. Membantu Sesama Khidmat

Selain melakukan zikir dan bersholawat, kita juga dapat melakukan kegiatan yang bisa membantu sesama umat manusia. Kata Khidmat sendiri yaitu membantu atau melayani orang lain, dan hal ini tentu saja dapat dilakukan saat kita yang sedang datang bulan. Dan hal ini juga diriwayatkan oleh imam Muslim dalam sebuah kisah, Anas radliallahu 'anhu, ia berkata:

"Dulu kami pernah bepergian bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, dan di antara kami ada yang melaksanakan puasa dan ada pula yang tidak berpuasa. Kemudian di hari yang sangat terik itu kami berhenti di suatu tempat dan orang yang bisa berteduh hanyalah orang yang mempunyai pakaian, bahkan di antara kami ada orang berlindung dari sinar matahari hanya dengan tangannya saja. Maka orang-orang yang berpuasa pun berjatuhan. Maka orang yang tidak berpuasa bangkit, kemudian mendirikan tenda dan memberi minum hewan tunggangan mereka. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pun bersabda: 'Hari ini mereka yang berbuka telah menuai pahala'."

Hal di atas dapat diartikan bahwa, orang-orang yang sedang tidak berpuasa dan membantu kepada sesama, maka ia juga mendapatkan sebuah pahala.

4. Bersedekah

Tak hanya saat bulan Ramadhan, tetapi saat hari-hari biasa pun melakukan sedekah adalah hal yang sangat baik untuk di lakukan serta akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Saat kita sedang datang bulan, maka kita dapat melaksanakan kegiatan bersedekah untuk mendapatkan pahala yang berlimpah di bulan yang suci ini. Dengan sedekah tentu juga bisa mengurangi beban dan penderitaan orang lain. Dan kebahagiaan akan muncul dari kita yang suka bersedekah.

Dalam bersedekah, tak ada nominal yang harus di keluarkan serta barang apa yang harus kita berikan. Karena di mata Allah SWT bukanlah hal tersebut, tetapi niat dan hati yang ikhlas karena Allah Ta'ala yang menjadikan sebuah nilai dalam bersedekah. Untuk itu, sedekah juga dapat menjadi amalan puasa Ramadhan yang baik dan dapat kita lakukan.

5. Mendengarkan Lantunan Al Quran

Amalan puasa Ramadhan yang dapat dilakukan saat sedang datang bulan selanjutnya yaitu dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran. Walaupun kita tak dapat membacanya, tetapi dengan mendengarkan juga kita tetap mendapatkan pahala dari Allah SWT. Hal tersebut diriwayatkan dari hadist Ibnu Majah, dari Aisyah Ra ia berkata,

"Rasulullah SAW meletakkan kepalanya di pangkuan ku saat aku sedang haid, dan ia membaca Alquran."

Itulah mengapa, walaupun kita tak dapat membaca ayat suci Al Quran tetapi kita masih diperbolehkan mendengarkannya agar mendapatkan pahala dari Allah SWT.

6. Perbanyak Berdoa

Sama halnya seperti zikir, wanita yang sedang datang bulan dapat tetap melaksanakan kegiatannya untuk berdoa kepada Allah SWT. Berdoa adalah bentuk ikhtiar dan cara manusia untuk mendekatkan diri kepada-Nya dengan cara meminta serta memohon kepada Allah SWT.

Dan tentu saja kita harus memperbanyak berdoa kepada Allah SWT di bulan yang suci ini, di bulan yang penuh dengan pengampunan dari Allah SWT terhadap hamba-Nya yang mau bertaubat.

7. Mempersiapkan Sahur dan Buka

Selanjutnya, amalan puasa Ramadhan yang dapat dilakukan oleh seorang wanita saat sedang datang bulan yaitu mempersiapkan sahur dan berbuka untuk orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Di riwayatkan At-Tirmizi mengenai pahala orang yang menyediakan hidangan untuk orang yang berpuasa. Dari Zaid bin Khalid Al Juhani berkata:

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka, dia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikit pun.'"

Itulah mengapa, menyiapkan berbuka dan juga sahur juga dapat menjadi pahala untuk orang yang berpuasa ataupun yang sedang tidak berpuasa.

8. Memperbanyak Mencari Ilmu

Dalam bulan Ramadhan kita bisa memperbanyak mencari ilmu dan mengamalkannya, tentu saja hal tersebut juga bisa kita lakukan saat datang bulan tiba. Kalian bisa mempelajari ilmu dengan ikut kajian atau mendengarkan ceramah secara online. kalian juga bisa memperdalam membaca Al-Quran sebagai cara memperdalam ilmu.

Dalam hadist riwayat muslim, "Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut Ilmu, Niscaya Allah Subhanahu wa Ta'ala menunjukkan jalan menuju Surga Baginya".

Untuk itu, dalam memperdalam ilmu agama atau ilmu apapun merupakan suatu ibadah yang bisa kita lakukan, apalagi di saat bulan Ramadhan.

9. Melafalkan Asmaul Husna

Membaca atau melafalkan hasmaul husna merupakan sesuatu amalan puasa Ramadhan yang dapat kita lakukan. Dalam melafalkan asmaul husna kita juga sebagai muslim akan mendapatkan manfaat yang luar biasa, antara lain, kita kan selalu mengingat Allah SWT, terjauh dari ke kafiran, Senantiasa mengingat Allah SWT, dan masih banyak lagi yang bisa kita dapatkan bila sering melantunkan asmaul husna.

10. Mengingatkan untuk Beribadah

Dan amalan puasa Ramadhan yang terakhir yaitu, kita dapat mengingatkan orang-orang sekitar untuk melaksanakan ibadah serta kebaikan. Dalam bulan yang suci ini, sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan maka akan mendapatkan sebuah pahala serta kebaikan. Dan hal ini pun juga termasuk dalam mengingatkan kebaikan serta ibadah untuk orang-orang sekeliling.

Kita bisa mengingatkan kebaikan atau ibadah kepada kerabat saudara atau teman. Dengan menjalankan amalan ini maka kalian masih bisa mendapatkan pahala meskipun tidak berpuasa. Tapi itu semua tergantung juga dari hati dan keikhlasan serta bertujuan hanya untuk Allah Ta'ala.

Itulah 10 amalan puasa ramadhan yang dapat kita lakukan bila sedang datang bulan. Semua amalan tersebut akan mendapatkan sebuah keberkahan bila dijalankan dengan niat yang suci, hati yang ikhlas, dan karena Allah Ta'ala.

(kpl/dhm/gen)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI