8 Cara Menjaga Pola Tidur Selama Puasa Ramadhan, Agar Tubuh Tetap Fit Sepanjang Hari

Senin, 04 Mei 2020 15:22 Penulis: Puput Saputro
8 Cara Menjaga Pola Tidur Selama Puasa Ramadhan, Agar Tubuh Tetap Fit Sepanjang Hari
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan, jam tidur akan terganggu. Bahkan, sebuah penelitian menyebut selama menjalani ibadah puasa, seseorang akan kehilangan jam tidurnya setidaknya 40 menit. Hal ini karena, selama berpuasa seseorang harus menjalani rutinitas sahur, sehingga harus bangun lebih awal daripada biasanya. Alhasil, agar kebutuhan tidur tetap terpenuhi, harus mencari cara menjaga pola tidur yang tepat.

Selama puasa Ramadhan, kebutuhan tidur tetap harus terpenuhi. Sebab, kurang tidur bisa membuat tubuh menjadi tidak segar dan mudah sekali mengantuk. Terlebih, bagi kalian yang tetap bekerja selama puasa. Kurang tidur bisa berdampak pada stamina saat bekerja, yang kemudian berdampak pada produktivitas yang terganggu.

Selain pola tidur, mood juga menjadi hal penting untuk dijaga selama menjalani puasa Ramadhan. Agar mood kalian terjaga, kalian bisa mengikuti acara KapanLagi Buka Bareng akhir pekan nanti.

----------------------

Kabar Ramadhan: Mau Buka Puasa Bareng Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama 1000 orang, artis dan live musik. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

----------------------

Jangan khawatir, agar pola tidur tetap terpenuhi, kalian dengan mengikuti cara menjaga pola tidur selama puasa Ramadhan berikut ini.

 

1. Tidur Lebih Awal

Cara menjaga pola tidur yang pertama selama puasa adalah dengan tidur lebih awal. Hal ini cukup masuk akal, dengan memajukan waktu tidur artinya secara tidak langsung kalian juga sudah mengganti waktu tidur yang terpangkas karena kegiatan sahur.

Kalian bisa memajukan jam tidur malam kalian, sesuai dengan waktu yang biasa kalian habiskan selama sahur. Artinya, jika selama sahur kalian bisa menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam lamanya, maka sebaiknya jam tidur juga dimajukan kira-kira 1 jam.

Amannya, selama menjalankan puasa Ramadhan kalian sudah mulai tidur pada pukul 09.00 -09.30. Sebab, menurut hitungan, kebutuhan tidur yang rata-rata 7-8 jam untuk orang dewasa, waktu tidur mulai di antara jam 09.00 - 09.30, dinilai mencukupi kebutuhan tidur jika diharuskan bangun saat sahur. Jikalau pun masih dirasa kurang, kalian masih bisa memenuhinya dengan tidur siang.

2. Sempatkan Tidur di Pagi Hari

Cara menjaga pola tidur selama berpuasa yang lain adalah dengan mengganti jam tidur yang hilang selama sahur. Ada baiknya, jam tidur yang hilang tersebut bisa diganti saat pagi hari.

Semakin cepat kekurangan tidur tersebut diganti, akan semakin baik. Sebab, akan membuat seolah-olah jam tidur berlangsung normal dan tidak terganggu. Selain itu, dengan terpenuhinya kebutuhan tidur di pagi hari, tubuh akan terasa lebih fit dan stamina cenderung lebih terjaga. Namun, perlu diingat sebaiknya tidak langsung tidur setelah sahur, karena justru bisa berdampak negatif bagi tubuh.

3. Melakukan Tidur Siang

Jika kalian tidak bisa tidur di pagi hari mungkin karena harus bekerja atau melakukan kegiatan lainnya, tidak perlu khawatir. Kalian tetap bisa memenuhi kebutuhan tidur di siang hari dengan melakukan tidur siang.
Kalian bisa menggunakan jam istirahat kalian untuk tidur siang sejenak. Selain itu, tidur siang selama 20-30 menit juga diyakini bisa memulihkan energi agar kalian kembali produktif.

4. Mengatur Jadwal Tidur Rutin

Setelah menentukan waktu dalam cara menjaga pola tidur waktu tidur selama puasa yang sesuai kebutuhan dan kemampuan, baik tidur lebih awal, tidur di pagi hari, atau tidur siang, selanjutnya adalah membuat jadwal rutin. Dengan membuat jadwal tidur, kalian akan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan tidur kalian selama puasa.

Selain itu, jadwal yang sudah berjalan rutin secara tidak langsung juga akan menjadi pola tidur kalian selama bulan Ramadhan. Dengan begitu, pola tidur terbentuk dan kesehatan tubuh juga lebih terjaga. Menjadwalkan jam tidur juga akan mempermudah kalian dalam membagi waktu untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya.

5. Hindari Konsumsi Kafein

Seperti yang sudah kita tahu, selama ini minum kopi menjadi salah satu cara paling ampuh untuk membuat mata tetap terjaga. Jadi, sebaiknya selama menjalankan ibadah puasa kurangi atau bahkan sebisa mungkin tinggalkan kebiasaan minum kopi. Hal ini karena butuh waktu yang lumayan lama untuk menghilangkan pengaruh kafein dalam tubuh kita.

6. Hindari Rokok

Selain meminum kopi, merokok juga bisa membuat mata kita terjaga lebih lama. Hal ini mungkin belum banyak yang tahu, bahwa ternyata nikotin pada rokok juga mempunyai efek yang sama dengan kafein pada kopi, dalam hal membuat tubuh terasa lebih fit dan mengusir ngantuk.

Jadi, selama puasa sebisa mungkin untuk tidak merokok dan minum kopi sekurang-kurangnya 1 jam sebelum tidur. Selain rokok dan kopi, sebaiknya kalian juga menghindari kebiasaan makan berat sebelum tidur. Namun alasan untuk hal ini, lebih ke kesehatan. Sebab, makan makanan berat sebelum tidur bisa memicu penyakit seperti stroke.

7. Atur Tempat Tidur Senyaman Mungkin

Sebagian orang, mungkin memang bisa tidur di sembarang tempat. Namun, ada beberapa orang yang baru bisa tidur dalam tempat tidur dalam kondisi tertentu, seperti bersih, gelap, atau nyaman.

Oleh karena itu, tempat untuk tidur sebaiknya ditata sebaik dan senyaman mungkin sesuai dengan kebutuhan. Tempat tidur yang nyaman akan memperbaiki kualitas tidur. Sebab, kebutuhan dan pola tidur tidak hanya menyoal durasi, melainkan juga tentang kualitas tidur. Seberapa panjang durasi tidur tidak ada artinya jika kualitas tidur juga tidak terjaga.

8. Rutin Berolahraga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat olahraga adalah bisa memperbaiki pola tidur dan menjauhkan seseorang dari insomnia. Menjalankan ibadah puasa Ramadhan seharusnya tidak menjadi penghalang untuk tidak berolahraga.

Sebab, meskipun sedang puasa, kita tetap bisa melakukan berbagai olahraga ringan, seperti jalan pagi, yoga, bersepeda. Berolahraga selama puasa sebenarnya aman apabila dilakukan di waktu yang tepat, seperti di pagi hari atau siang hari. Coba lakukan olahraga rutin, selama puasa, kemudian rasakan adanya perbaikan kualitas tidur kalian.

Nah, itulah 8 cara menjaga pola tidur selama puasa Ramadhan. Kalian bisa mengikuti cara-cara di atas agar pola tidur lebih terjaga dan berkualitas. Serta, agar tubuh tetap merasa fit sepanjang haru selama berpuasa.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI