Sering Rewel Karena Insomnia? Begini 5 Tips Mengatasi Anak yang Sulit Tidur di Malam Hari

Kamis, 27 Agustus 2020 08:33 Penulis: Dhia Amira
Sering Rewel Karena Insomnia? Begini 5 Tips Mengatasi Anak yang Sulit Tidur di Malam Hari
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Insomnia bukan hanya dialami oleh orang dewasa saja, ternyata anak-anak juga bisa loh mengalami insomnia. Bahkan bila anak mengalami hal seperti itu akan sangat tidak baik bagi pertumbuhan mereka. Dan biasanya mereka akan rewel serta lesu pada saat akan beraktivitas.

Bila hal ini terjadi secara sering, tentu kalian harus mengatasi ini dengan segera. Kira-kira bagaimana ya cara mengatasi anak yang sulit tidur tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 cara mengatasi anak yang sulit tidur di malam hari. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Atur Jam Tidur

Cara mengatasi anak yang sulit tidur pertama yaitu dengan mengatur jam tidur. Hal ini karena ketika anak terlalu lama tidur untuk tidur siang, maka saat malam hari rasa kantuk akan menghilang. Sehingga hal ini membuat anak akan sulit untuk tidur.

Kemudian waktu tidur di sore hari juga dapat membuat anak sulit tidur pada malamnya. Itu karena tidur yang terlalu sore juga akan membuat rasa kantuk pada anak semakin lama, dan anak akan semakin malam untuk tidur.

2. Membuat Pola tidur yang Sama

Cara mengatasi anak yang sulit tidur selanjutnya yaitu dengan membuat pola tidur yang sama. Tidur siang merupakan hal yang paling penting untuk anak, serta pertumbuhannya. Bila ingin anak memiliki pola tidur yang tepat, maka kalian harus membuat pola tidur yang sama.

Seperti melakukan kegiatan tidur siang selama 1 hingga 1,5 jam saja dan tidak dimulai terlalu sore. Kemudian lakukan kegiatan tidur malam selalu di waktu yang sama, seperti tepat pada pukul 9 malam. Bila kalian melakukan hal tersebut secara rutin, maka anak tidak akan mengalami kesulitan tidur di malam hari.

3. Membuat Sebuah Rutinitas

Kemudian cara mengatasi anak sulit tidur selanjutnya yaitu dengan membuat sebuah rutinitas sebelum tidur. Menurut National Health Service menyatakan bahwa, membuat sebuah kegiatan yang rutin seperti membaca dongeng atau menyanyikan lagu tidur akan membuat anak lebih cepat tidur dengan nyenyak.

Selain itu, dengan melakukan kegiatan tersebut maka anak akan cepat rileks dan memiliki imajinasi yang baik untuk pertumbuhan otaknya. Sehingga tidak ada salahnya bila para KLovers memberikan waktu sebentar untuk melakukan aktivitas tersebut secara rutin.

4. Membiarkan Lingkungan Mendukung

Dan cara mengatasi anak yang sulit tidur selanjutnya yaitu dengan membiarkan lingkungan tidur mendukung. Hal ini maksudnya adalah, untuk para ibu dapat memastikan lingkungan kamar tidur yang tenang, sejuk, gelap, dan nyaman. Sehingga anak tidak sulit tidur, dan dapat tidur dengan nyaman.

Kalian bisa mengganti seprai tidur yang berbahan lebih lembut dan juga dingin, agar anak merasa nyaman untuk tidur. Kemudian kalian bisa mengatur cahaya lampu agar lebih redup dan nyaman untuk tidur anak.

5. Jaga Makan

Dan cara mengatasi anak yang sulit tidur terakhir yaitu dengan cara menjaga makan anak. Ternyata makanan juga dapat mempengaruhi anak sulit tidur loh KLovers, itulah mengapa memperhatikan makan anak dapat membantu anak mudah untuk tidur.

Kalian bisa memberikan minuman berupa susu hangat, sebelum tidur untuk membantu anak lebih rileks dan juga nyenyak saat tidur. Perlu diingat bahwa jangan memberikan makanan berat ketika anak akan tidur ya KLovers, hal ini karena dapat membuat anak sulit tidur bila terlalu merasa kenyang.

Itulah 5 cara mengatasi anak yang sulit tidur di malam hari dengan efektif. Bila kalian dapat melakukan cara ini dengan baik, maka kemungkinan anak sulit tidur akan sangat sedikit. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI