Jangan Asal, Ini 7 Cara Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air dengan Mudah

Kamis, 27 Agustus 2020 09:11 Penulis: Puput Saputro
Jangan Asal, Ini 7 Cara Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air dengan Mudah
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Kita sering kali tanpa sengaja memasukkan air ke dalam telinga. Biasanya hal ini terjadi saat saat berenang atau mandi. Telinga yang kemasukan air bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Sebab, kadang kala mengeluarkan air dari dalam telinga bukanlah hal yang gampang. Kalian perlu tahu cara mengatasi telinga yang kemasukan air dengan tepat.

Mengeluarkan air dari telinga secara sembarangan bisa mengakibatkan infeksi atau peradangan. Selain itu, saat telinga kemasukan air kita akan merasa tidak nyaman dan pendengaran akan terganggu. Oleh karena itu, cairan yang masuk ke dalam telinga tidak bisa dianggap sepele. Air yang masuk dalam telinga juga harus sesegera mungkin dikeluarkan.

Lantas bagaimana cara mengatasi telinga yang kemasukan air? Berikut beberapa ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Memiringkan Kepala

Salah satu cara paling mudah untuk mengeluarkan air yang masuk dalam telinga adalah dengan memiringkan kepala. Kalian cukup memiringkan kepala ke arah bagian telinga yang kemasukan air. Jadi, misal telinga kanan yang kemasukan air, kalian cukup memiringkan kepala ke arah kanan. Begitu pula sebaliknya.

Agar air lebih mudah keluar, kalian bisa memiringkan kepala dengan melakukan gerakan lompatan-lompatan kecil. Secara tidak langsung, lompatan-lompatan akan mendorong air lebih mudah keluar. Di samping melompat kecil, kalian juga bisa memiringkan kepala dalam posisi berbaring. Dengan adanya gaya gravitasi akan membuat air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.

2. Memasukkan Sedikit Air Lagi

Cara mengatasi telinga yang kemasukan air berikutnya adalah dengan memasukkan air ke telinga lagi. Meski terdengar aneh, cara ini terbukti ampuh untuk keluarkan air di telinga. Kalian tidak perlu memasukkan air terlalu banyak, cukup 1-2 tetes saja.


Cara ini akan efektif jika dilakukan secara cepat atau sesaat setelah telinga kemasukan air. Setelah memasukkan air, kalian bisa memiringkan kepala seperti pada cara sebelumnya. Tunggu beberapa saat dan air akan keluar dengan sendirinya.

3. Kompres Air Hangat

Mengompres dengan air hangat juga bisa jadi salah satu cara mengatasi telinga kemasukan air. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menyediakan air hangat dan kain atau handuk bersih. Jika sudah, rendam kain atau handuk bersih dalam air hangat. Setelah itu kompres bagian telinga yang kemasukan air. Jangan lupa untuk memiringkan kepala ke arah telinga yang kemasukan air.

Lakukan dalam hitungan 30 detik, lalu angkat kain kompres. Ulang sebanyak empat kali atau hingga air keluar dengan sendirinya. Perlu diketahui, cara ini akan lebih efektif jika dilakukan dengan posisi berbaring.

4. Pakai Hair Dryer

Jika di rumah kalian ada hair dryer atau pengering rambut, kalian bisa menggunakannya untuk mengeluarkan air di telinga. Kalian hanya perlu menggunakannya seperti biasa.

Hanya saja, kalian perlu memberikan jarak minimal 30 cm antara hair dryer dan telinga yang kemasukan air. Selain itu, karena telinga termasuk organ yang sensitif, kalian juga harus menggunakan level panas paling rendah. Panas dari hair dryer akan membuat air dalam telinga menguap dan keluar.

5. Gerakan Rahang

Cara mengatasi telinga yang kemasukan air lainnya bisa dilakukan dengan melakukan gerakan rahang. Kalian hanya perlu menggerakkan rahang seperti gerakan saat mengunyah makanan atau saat menguap. Gerakan semacam ini dipercaya bisa membantu melegakan liang telinga. Dengan begitu, air akan lebih mudah keluar.

6. Pompa dengan Telapak Tangan

Untuk mengeluarkan air dari telinga kalian juga bisa menggunakan telapak tangan. Caranya sangatlah mudah, kalian tinggal mengatupkan telapak tangan ke permukaan telinga yang kemasukan air. Lalu buat gerakan naik turun sambil memberikan tekanan pada telinga. Gerakan ini akan menghasilkan tekanan udara serupa pompa yang akan menghisap air keluar.

7. Menggoyangkan Cuping Telinga

Tak banyak yang tahu, ternyata dengan menggoyangkan cuping telinga, air dalam telinga bisa dikeluarkan dengan mudah. Kalian hanya perlu memegang atau menarik cuping atau daun telinga bagian bawah. Sembari menarik cuping telinga, miringkan kepala hingga mendekati bahu. Lakukan secara berulang sampai air dalam telinga bisa keluar.

Nah itulah di antaranya beberapa cara mengatasi telinga yang kemasukan air. Kalian bisa mempraktikkannya secara langsung, saat telinga kemasukan air ketika mandi atau berenang.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI