Terinspirasi dari Jajanan Hits Selebriti, Kini Brulee Bomb dan Churros Jadi Menu Andalan Aruna Snack

Jum'at, 16 September 2022 11:53 Penulis: Wuri Anggarini
Terinspirasi dari Jajanan Hits Selebriti, Kini Brulee Bomb dan Churros Jadi Menu Andalan Aruna Snack
(c) Aruna Snack


Kapanlagi Plus - Belakangan ini, tren bisnis kuliner memang berkembang pesat hingga melahirkan berbagai kudapan yang menggoda selera. Sebagian dari kamu mungkin langsung berburu ke toko kue terdekat yang menyediakan jajanan hits. Tapi, ada juga yang iseng mencoba berkreasi sendiri di rumah berbekal dengan resep dari internet.

Hal ini juga yang dialami oleh Nurulita Riani Pratama. Tergiur dengan salah satu jajanan hits selebriti yaitu Brulee Bomb Mama Gigi, ia pun mulai mencoba membuatnya sendiri di rumah. Siapa sangka kalau inilah titik awal dari usaha kuliner Aruna Snack yang dirintis di Balikpapan! Intip lebih jauh ceritanya, yuk!

 

 

 

1. Respons Positif dari Teman Jadi Motivasi Kembangkan Usaha Kuliner

Dalam wawancara dengan tim ManisdanSedap.com, Nurul bercerita bahwa pertama kali ia memberanikan diri merintis Aruna Snack tepat pada 2021, setelah resign dari bekerja di kota Sangatta. Uji coba membuat kudapan yang terinspirasi dari Brulee Bomb Mama Gigi ternyata mendapatkan respons positif dari teman-temannya.

"Nyoba bikin di rumah terus ngirim ke beberapa teman sebagai tester. Responsnya bagus Alhamdulillah. Akhirnya memberanikan diri untuk menjual lebih luas walaupun masih dalam lingkup Balikpapan saja," cerita Nurul.

Aruna Snack menjadi nama usaha yang dipilih dan ternyata terinspirasi dari Pinterest. Menurutnya nama itu sangat bagus dan cocok menjadi nama bisnisnya.

"Saya memang suka lihat nama-nama di Pinterest, terus pas nemu nama Aruna ngerasa kalau nama itu elegan dan bagus. Artinya fajar, kebetulan saja suka fajar dan senja gitu," lanjutnya.

 

 

 

2. Brulee Bomb dan Churros Jadi Menu Andalan

Nurul menjelaskan bahwa semua menu yang tersedia di Aruna Snack adalah made by order alias pre order, sehingga tidak ada yang ready stock. "Hanya saja kalau untuk produk savoury/gurih terkadang ada ready stock, tapi tidak selalu," jelasnya.

Sejauh itu, menu andalan yang dihadirkan oleh Aruna Snack adalah Brulee Bomb dan Churros. Untuk pemesananya sendiri tidak ada jadwal PO tertentu, sehingga bisa dipesan kapan saja.

"Sistemnya adalah customer pesan, lalu kami buatkan. Kalau yang open PO itu misalnya ada produk baru, di awal kami biasanya open PO. Setelah itu pesan biasa saja. Untuk pemesanannya sendiri H-1 begitu kak," lanjut Nurul.

Brulee Bomb dan Churros yang disajikan oleh Aruna Snack sendiri ada yang siap santap dan frozen. Untuk produk frozennya sendiri, brulee bisa tahan hingga 4 bulan sementara itu churros biasanya tahan selama 1 bulan.

 

 

 

3. Hadapi Tantangan Bisnis Kuliner Online

Kalau dilihat dari luar, usaha kuliner yang dijalankan secara online mungkin cukup praktis dijalani. Tapi, saat benar-benar terjun ke dalamnya, ada banyak detail yang harus diperhatikan dan cukup membuat Nurul pusing menjalankannya.

“Tantangan yang dihadapi mungkin hampir sama dengan kebanyakan orang. Orderan naik turun, pusing mikirin konten. Di era digital seperti in ikan konten adalah keharusan ya, apalagi jualannya online dan lewat Instagram. Jadi visual adalah kunci,” ungkapnya.

Nurul pun memiliki harapan besar agar usaha yang dirintisnya ini bisa terus berkembang di masa depan. “Harapan dan rencana ke depannya semoga Aruna bisa membuka toko offline. Makin dikenal banyak orang dan bisa menjangkau nggak hanya di Balikpapan tapi juga seluruh Indonesia,” tutup Nurul.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Nurul mendapatkan dukungan dari ManisdanSedap.com yang merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com. Platform yang satu ini hadir untuk membantu para pencinta kuliner dalam melakukan pre order makanan favoritnya dari berbagai kota di Indonesia.

ManisdanSedap.com juga memberikan dukungan kepada para seller UMKM lokal, karena berperan sebagai ‘etalase’ yang memajang produk jualan mereka. Hal ini tentunya meningkatkan promosi agar lebih dikenal secara luas lagi. Pemesanannya juga mudah, karena dibekali dengan fitur tombol pemesanan yang bisa langsung diklik saja.

Nantinya kamu akan terhubung langsung ke nomor WhatsApp sang seller untuk bertanya tentang informasi produk hingga melakukan pemesanan langsung. Transaksi dilakukan di luar platform, jadi makin praktis!

Reporter: Maretha Andriana

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

 

 

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI