Termasuk Makanan, 9 Penyebab Asam Urat Ini Juga Perlu Diwaspadai

Senin, 16 November 2020 20:11 Penulis: Nurul Wahida
Termasuk Makanan, 9 Penyebab Asam Urat Ini Juga Perlu Diwaspadai
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Penyebab asam urat kerap diidentikkan dengan asupan makanan yang dikonsumsi. Umumnya makanan tersebut mengandung purin cukup tinggi yang sebabkan sakit dan nyeri. Namun ternyata selain makanan, ada faktor lain seseorang bisa terkena asam urat yang menyerang area persendian hingga timbulkan rasa nyeri.

Asam urat merupakan gangguan kesehatan yang berkaitan dengan sakit serta nyeri bagian persendian. Sebut saja mulai dari lengan, pergelangan tangan, lutu serta area kaki bisa terserang asam urat dengan gejala tertentu seperti nyeri, bengkak dan panas. Rasa sakit dan nyeri tersebut bisa timbul karena jumlah kadas asam urat yang tinggi dan membentuk sebuah kristal area sendi.

Tak hanya menyerang orang di usia lanjut, asam urat juga bisa terjadi pada siapapun dengan faktor-faktor tertentu yang menyebabkan kambuhnya asam urat. Gangguan kesehatan ini memang cukup rentan dengan asupan makanan tertentu yang mengandung purin tinggi. Salah satunya yang paling populer yakni emping. Makanan tersebut sering dikaitkan dengan kambuhnya asam urat.

Namun bukan hanya karena makanan semata, penyebab asam urat bisa berisiko dari beragam hal baik gaya hidup serta faktor keturunan. Untuk lebih lengkapnya mengenai penyebab asam urat yang perlu diwaspadai terdapat dalam beberapa poin di bawah ini yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Makanan Tinggi Purin

Penyebab asam urat tinggi yang pertama adalah karena makanan yang mengandung purin tinggi. Purin merupakan salah satu zat alami yang ada dalam tubuh. Zat tersebut bisa ditemukan dalam sejumlah makanan tertentu yang bisa menyebabkan asam urat kambuh. Sebab saat jumlah purin berada dalam kadar batas abnormal, hal ini bisa memicu kambuhnya asam urat dengan gejalanya seperti nyeri sendiri dan bengkak.

Sejumlah makanan mengandung purin tersebut diantaranya yakni daging merah, jeroan, seafood, bayam, asparagus, jamur, emping, dan lain sebagainya. Terlebih jika pernah memiliki riwayat asam urat mempertimbangkan konsumsi makanan tinggi purin perlu dilakukan.

 

2. Minuman Beralkohol

Selain makanan tinggi purin, penyebab asam urat juga bisa berasal dari minuman beralkohol. Seperti diketahui minuman beralkohol mengandung sejumlah zat yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Diantara dampak minuman beralkohol yakni mempengaruhi berat badan, menyebabkan tekanan darah tinggi, gangguan kesehatan jantung termasuk menyebabkan kambuhnya asam urat.

Dalam hal ini minuman beralkohol juga termasuk gaya hidup tidak sehat yang sebaiknya dibatasi. Selain mencegah kambuhnya asam urat, membatasi minuman beralkohol juga dapat menjaga kesehatan tubuh tetap stabil.

 

3. Minuman dan Makanan Tinggi Gula

Ada beragam penyebab asam urat termasuk faktor yang bisa memicu kambuhnya gangguan kesehatan ini, termasuk minuman dan makanan tinggi gula. Makanan dan minuman tinggi fruktosa tersebut perlu dibatasi untuk mencegah kambuhnya asam urat. Selain mencegah kambuhnya asam urat, makanan dan minuman berfruktosa juga mampu mencegah masalah kesehatan lainnya mulai dari kenaikan berat badan serta mengontrol kadar gula darah.

 

4. Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Penyebab asam urat selain makanan juga bisa dari konsumsi jenis obat-obatan tertentu. Diantara jenis obat-obatan yang bisa berisiko rentan menyebabkan asam urat seperti aspirin, obat penghambat enzim bahkan obat kemoterapi. Konsultasi dengan dokter kesehatan sangat disarankan untuk mendapat saran tepatnya.

 

5. Faktor Keturunan

Penyebab asam urat lainnya yang bisa terjadi adalah karena faktor keturunan. Dimana saat kalian memiliki anggota keluarga yang pernah memiliki riwayat asam urat mungkin akan lebih rentan terhadap kalian. Untuk itu menerapkan pola hidup sehat perlu dibiasakan agar mencegah gangguan kesehatan ini.

 

6. Berat Badan Berlebih

Berat badan berlebih selain bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, juga dapat memicu terkena asam urat. Berat badan yang berlebih tersebut biasanya menyebabkan rasa nyeri bagian persendian dan otot kaki karena tekanan berat badan. Selain itu berat badan berlebih dapat terjadi karena beberapa hal seperti kurangnya aktivitas fisik, perubahan hormon, pola makan tidak seimbang hingga depresi. Berat badan berlebih bukan saja membuat kalian rentan terhadap asam urat melainkan juga penyakit lainnya diantaranya yakni kesulitan bernapas, masalah kulit, dan masalah pencernaan.

 

7. Dehidrasi

Penyebab asam urat lainnya yang ternyata berpotensi meningkatkan kadar asam urat yakni dehidrasi. Dehidrasi merupakan keadaan tubuh yang tidak kekurangan cairan hingga sebabkan mengalami rasa haus teramat termasuk memicu kambuhnya asam urat. Untuk itu mencukupi kebutuhan air dalam tubuh penting dilakukan agar mencegah mengalami dehidrasi.

 

8. Jarang Berolahraga

Penyebab asam urat juga dapat terjadi karena jarang berolahraga. Namun perlu ditekankan bahwa olahraga yang bisa dilakukan adalah jenis olahraga tidak berat atau aktivitas fisik ringan. Sebab tanpa olahraga justru membuat sendi-sendi menjadi kaku. Sejumlah olahraga yang cukup aman bagi asam urat seperti berenang, jalan kaki, atau peregangan biasa seperti melansir dari liputan6.com.

 

9. Cara Mengatasi Asam Urat

Ada beragam cara mengatasi asam urat secara alami yang mudah untuk dipraktikkan. Adapun cara mengatasi asam urat secara alami sebagai berikut.

- Mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih.

- Menghindari makanan mengandung zat purin tinggi.

- Konsumsi buah dan sayur mengandung antioksidan.

- Olahraga rutin.

- Mengontrol berat badan.

Nah itulah 8 penyebab asam urat yang perlu diwaspadai agar tak membuat asam urat kambuh. Konsultasi dengan dokter kesehatan perlu dilakukan agar mendapat saran dan rekomendasi tepat mengatasi asam urat.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI