Perlu Dibatasi, Ini 10 Sayuran Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Selasa, 03 November 2020 14:11 Penulis: Nurul Wahida
Perlu Dibatasi, Ini 10 Sayuran Pantangan Bagi Penderita Asam Urat
Ilustrasi (credit: freepik.com/)


Kapanlagi Plus - Bagi penderita asam urat sejumlah makanan pantangan perlu dibatasi konsumsinya untuk menghindari gangguan kesehatan tersebut kambuh. Termasuk sejenis sayuran tertentu yang ternyata bisa berpotensi menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Sayuran pantangan untuk asam urat tersebut perlu dipertimbangkan kembali konsumsinya agar tak memicu gangguan kesehatan tersebut.

Penyakit asam urat merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyebabkan penderitanya mengalami beberapa gejala seperti nyeri sendi, bengkak, serta rasa panas di bagian tubuh tertentu akibat asam urat. Tingginya kadar asam urat dalam tubuh menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mengalami gangguan kesehatan tersebut.

Kadar asam urat yang tinggi akan membentuk sebuah kristal pada sendi yang menyebabkan rasa nyeri hingga bengkak. Sejumlah orang bahkan diketahui berisiko tinggi rentan terhadap penyakit asam urat diantaranya yakni riwayat keturunan pengidap asam urat, mengalami cedera, konsumsi alkohol dan asupan tinggi gula, makanan tinggi purin, serta faktor usia.  Umumnya sakit asam urat terjadi pada beberapa bagian tubuh seperti lengan, daerah tangan, lutut, serta sekitar kaki.

Bagi pengidap riwayat asam urat, mempertimbangkan asupan makanan perlu dilakukan agar tak membuat asam urat kambuh kembali. Sebab ada sejumlah makanan pantangan untuk asam urat yang perlu dibatasi bahkan dihindari agar mencegah asam urat kambuh. Bukan hanya makanan, sejenis sayuran tertentu juga perlu dibatasi konsumsinya bagi penderita asam urat.

Lalu apa saja sayuran pantangan untuk asam urat?

Adapun sayuran pantangan untuk asam urat terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Sehingga dengan mengetahui sayuran pantangan untuk asam urat berikut dapat menjadi pertimbangan konsumsi sayur agar tak membuat penyakit yang menyerang persendian tersebut kambuh.

 

1. Kangkung

Sayuran pantangan untuk asam urat salah satunya adalah kangkung. Bagi sebagian orang kangkung cukup familiar diyakini menjadi sayuran yang perlu dibatasi konsumsinya bagi penderita asam urat. Sebab kangkung diketahui termasuk makanan mengandung purin yang bisa menjadi pemicu asam urat.

Meski begitu kangkung mengandung sejumlah zat gizi dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Bagi penderita asam urat, konsumsi kangkung masih cukup ramah dan aman dengan jumlah yang tidak berlebihan seperti melansir dari liputan6.com. Untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh melakukan diet rendah purin bisa menjadi pilihan mudah mengatasi gangguan kesehatan yang menyerang persendian.

 

2. Bayam

Sama halnya dengan kangkung, bayam juga termasuk sayuran pantangan untuk asam urat. Sebab, bayam juga mengandung purin yang menjadi penyebab kadar asam urat meningkat. Namun bayam masih bisa dikonsumsi dengan memperhatikan jumlah tepat serta tidak berlebihan. Melansir dari liputan6.com, jumlah konsumsi bayam paling tidak ½ cangkir dalam waktu lima hari perminggu.

Melansir dari sumber yang sama, sayur bayam bahkan diklaim bukan menjadi penyebab asam urat berdasarkan rekomendasi American College of Rheumatology. Meski begitu mempertimbangkan dan membatasi konsumsi bayam tidak berlebihan perlu dilakukan agar tak menyebabkan masalah kesehatan tertentu.

 

3. Asparagus

Sayuran pantangan untuk asam urat selanjutnya yakni asparagus. Asparagus merupakan sejenis sayur yang dari spesies genus asparagus. Namun asparagus termasuk mengandung purin cukup tinggi yang sebaiknya dibatasi bagi penderita asam urat. Melansir dari liputan6.com, purin yang terkandung dalam 100 gram asparagus adalah sebanyak 23 gram. Seperti diketahui makanan tinggi purin menjadi salah satu penyebab meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh.

Meski begitu asparagus juga memiliki zat gizi yang penting seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, seng, asam folat, zat besi dan fosfor. Sejumlah nutrisi tersebut menawarkan manfaat  bagi kesehatan tubuh salah satunya mengontrol kadar gula darah.

 

4. Kembang Kol

Sayuran pantangan untuk asam urat lainnya yakni kembang kol. Jenis sayuran ini juga mengandung zat purin cukup tinggi yang sebaiknya dibatasi bagi penderita asam urat agar tak mudah kambuh. Setidaknya terdapat 51 gram purin dalam 100 gram kembang kol. Akan tetapi sama seperti sayur pada umumnya, kembang kol juga memiliki nutrisi dan vitamin sebagai asupan tambahan bagi tubuh. Diantara nutrisi tersebut yakni antioksidan, serat, dan kalium yang menawarkan manfaat bagi kesehatan tubuh.

 

5. Jamur

Jamur juga menjadi sayuran pantangan bagi asam urat agar dibatasi konsumsinya. Terdapat berbagai jenis jamur yang bisa dikenal seperti jamur tiram, jamur kancing, jamur merang dan lainnya yang ternyata mengandung purin cukup tinggi. Kandungan purin tersebut diketahui sebanyak maksimal hingga 17 gram purin dalam 100 gram jamur. Sehingga konsumsi jamur bagi penderita asam urat sebaiknya perlu dipertimbangkan untuk menghindari gangguan kesehatan yang menyerang persendian ini kambuh kembali.

 

6. Kacang Polong

Tinggi kandungan protein dan mineral yang penting bagi tubuh, kacang polong ternyata termasuk dalam sayuran pantangan untuk asam urat. Sebab kacang polong diketahui mengandung purin dalam jumlah sedang yang apabila tidak dibatasi konsumsinya bisa memicu asam urat kambuh. Konsultasi dengan dokter kesehatan terkait konsumsi jumlah tepat kacang polong perlu dilakukan agar mendapat rekomendasi dan saran akurat.

 

7. Buncis

Sayuran pantangan untuk asam urat selanjutnya adalah buncis. Sering ditambahkan dalam resep sehat dengan tekstur renyah berwarna hijau, buncis rupanya juga termasuk sayuran yang perlu dibatasi konsumsinya. Sebab buncis mengandung purin cukup tinggi. Dimana purin tersebut menjadi pemicu asam urat kambuh kembali. Bukan hanya purin buncis juga masuk dalam beberapa jenis sayur yang mengandung fruktosa. Fruktosa tersebut memberikan rasa sedikit manis dalam buncis.

 

8. Kacang-Kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan seperti salah satunya kedelai juga termasuk dapat menjadi pemicu asam urat. Sebab kacang-kacangan dan berbagai olahannya mengandung purin dalam jumlah sedang yang perlu dibatasi konsumsinya. Sehingga dengan membatasi jumlah konsumsi berbagai jenis kacang-kacangan tersebut bisa menjadi salah satu cara mencegah asam urat kambuh kembali.

 

9. Daun Singkong

Tak hanya akarnya yang nikmat untuk dikonsumsi, daun singkong juga cocok dijadikan olahan makanan dengan berbagai resep. Umumnya daun singkong cukup familiar jadi menu andalan sayur pelengkap nasi padang yang menggugah selera. Namun siapa sangka ternyata daun singkong termasuk sayur yang memiliki kandungan purin. Purin sendiri bagi penderita asam urat perlu dibatasi konsumsinya agar tak membuat gangguan kesehatan tersebut kambuh. Sehingga membatasi konsumsi daun singkong perlu dipertimbangkan terutama bagi penderita asam urat.

 

10. Daun Pepaya

Sama halnya dengan daun singkong, daun buah pepaya juga mengandung purin. Namun kadar purin dalam daun pepaya diketahui masih dalam jumlah sedang. Meski begitu konsumsi daun pepaya juga perlu dibatasi agar tidak berlebihan untuk menghindari asam urat kambuh kembali.

Nah itulah 10 sayuran pantangan untuk asam urat yang perlu dibatasi konsumsinya agar tak mudah kambuh. Konsultasi dengan dokter kesehatan terkait jumlah tepat asupan sayuran di atas perlu dilakukan agar mendapat rekomendasi dan saran akurat.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI