Tetap Gigih Dalam Berkarya, Fireworks Photography Tolak Menyerah di Tengah Pandemi

Selasa, 23 Februari 2021 12:45 Penulis: Jeffrey Winanda
Tetap Gigih Dalam Berkarya, Fireworks Photography Tolak Menyerah di Tengah Pandemi
(c) Vidio


Kapanlagi Plus - “Jadilah seperti kembang api, yang rela terbakar untuk menciptakan cahaya indah demi orang lain”. Pepatah tersebut dipegang teguh oleh Fireworks Photography, studio fotografi, videografi, dan desain grafis yang berbasis di Kota Bandung, Jawa Barat.

Berdedikasi tinggi buat memberdayakan masyarakat dan komunitas, Fireworks Photography yang dipimpin Cecep Cahyana menolak buat menyerah selama masa pandemi. Pria yang akrab disapa Cero ini menjelaskan jika latar belakang terciptanya Fireworks Photography dan usahanya yang lain yakni Smagz Studio adalah untuk menggerakkan potensi yang dimiliki komunitas di bidang fotografi, videografi, dan desain grafis.

1. Nggak Cukup Satu Usaha Buat Berkarya

Mengambil nama yang berarti kembang api, Cero menginginkan bahwa Fireworks Photography bisa menjadi cahaya yang terang bagi siapa saja. Sedangkan Smagz Studio diambil dari nama komunitas yang bergelut di bidang fotografi.

Di masa yang serba sulit seperti sekarang, Cero mengaplikasikan tangan dinginnya dalam menjalankan usaha yang ia rintis sejak 10 tahun lalu. Menariknya, Cero mengembangkan usahanya mulai dari skala ekstrakurikuler, komunitas, dan perlahan meningkat dan berkembang hingga saat ini.

2. Menggerakkan Potensi dan Bakat Anggota Komunitas

Adanya bakat yang dimiliki anggota komunitas menjadi hal yang ditekankan oleh Cero. Dirinya memberdayakan para anggota komunitas ini untuk dipekerjakan baik sebagai karyawan maupun secara freelance. Dengan pemberdayaan ini, tidak hanya bakat yang semakin terasah, namun juga turut meningkatkan perekonomian para anggota komunitas tersebut.

3. Tetap Berinovasi dalam Melawan Pandemi

Banyak sektor industri yang harus berjuang ekstra keras ketika pandemi melanda dunia dalam satu tahun terakhir. Termasuk juga Fireworks Photography dan Smagz Studio yang merasakan dampak dari melemahnya ekonomi akibat pandemi. Mau tak mau, inovasi adalah satu-satunya jalan agar tetap bisa survive di masa yang serba sulit ini.

Cero dan tim berinovasi dengan melakukan beberapa modifikasi dalam bisnisnya. Salah satunya adalah dengan melakukan promosi melalui live streaming di sosial media. Selain itu, Cero juga masih menerima pembuatan buku tahunan sekolah yang pada masa pandemi ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Tak hanya melakukan modifikasi dalam sektor bisnis, Cero juga melakukan upgrading untuk skill karyawan dan melakukan peremajaan pada peralatan. Tak bisa dipungkiri jika peningkatan kualitas teknis tentunya juga akan meningkatkan kepercayaan dari customer.

4. Memberikan Dampak Positif Bagi Sekitarnya

Nggak cuma sukses dalam berbisnis, Fireworks Photography juga terbukti memberi dampak positif kepada sekitarnya. Memiliki 13 karyawan yang merupakan potensi besar dari komunitas fotografi adalah dampak positif yang Cero lakukan kepada sekitarnya.

Perekonomian pun berputar ketika Cero mampu menggaji karyawannya dengan nilai total Rp 25 juta – Rp 100 juta per tahun. Dengan kegigihan ini, tak heran jika Fireworks Photography mampu menjadi finalis dalam Kreatif Lokal Award 2020 yang diadakan oleh Adira Finance.

Festival Kreatif Lokal adalah agenda Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance yang bekerjasama dengan Kemenparekraf RI. Mengambil tema #BangkitBersamaSahabat, kegiatan ini diadakan sejak Agustus 2020 dan mencapai puncaknya pada bulan Januari 2021 lalu. Nggak cuma itu aja, Adira Finance juga menggalang donasi yang ditujukan bagi para pelaku UMKM terdampak pandemi.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI