Tips Mengirim dan Menerima Paket di Tengah Wabah Virus Corona Covid-19

Rabu, 08 April 2020 14:22 Penulis: Puput Saputro
Tips Mengirim dan Menerima Paket di Tengah Wabah Virus Corona Covid-19
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Berbelanja secara online saat ini sudah menjadi gaya hidup baru. Bahkan, belakangan di tengah pandemi virus corona covid-19 yang masih mewabah, berbelanja online menjadi sebuah solusi untuk memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah dan bersinggungan dengan orang lain. Tapi, berbelanja online di saat-saat ini, kalian perlu tahu tips mengirim dan menerima paket.

Mengapa tips mengirim dan menerima paket ini penting? Sebab, seperti yang kita tahu, di perjalanan nantinya paket akan dipegang oleh banyak orang orang, dari jasa pengiriman hingga kurir. Jadi dengan menerapkan tips ini kalian tidak perlu lagi khawatir akan tertular melalui paket tersebut.

Sebenarnya kekhawatiran akan kemungkinan tertular virus corona covid-19 melalui paket sangat mungkin. Sebab, menurut beberapa sumber virus yang menyerang sistem pencernaan ini bisa bertahan di permukaan berbagai macam benda dalam kurun waktu tertentu tergantung jenis bendanya.

Namun, bagi kalian yang kerap berbelanja online tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips mengirim dan menerima paket yang bisa kalian terapkan.

 

1. Tips Mengirim Paket

Ada tips mengirim dan menerima paket khusus untuk kalian yang mempunyai bisnis online dan kerap mengirim barang atau paket. Penting untuk kalian menerapkan tips mengirim paket, artinya kalian turut meminimalisir penyebaran dan penularan virus corona covid-19. Berikut beberapa tips mengirim paket:

1. Hindari Kontak dengan Kurir

Tips mengirim paket yang pertama adalah dengan menghindari kontak fisik dengan kurir. Caranya, kalian bisa meletakkan barang yang akan dikirim di pagar atau di dekat pintu. Sedangkan, untuk komunikasi dengan kurir bisa kalian lakukan secara online melalui aplikasi chat.

2. Jalin Komunikasi dengan Penerima Paket

Selain menjalin komunikasi dengan kurir, sebaiknya kalian juga menjalin komunikasi dengan calon penerima paket. Komunikasikan kondisi paket saat ini, sudah dalam perjalanan, agar calon penerima tidak merasa cemas.
Di samping itu, komunikasikan pula pada calon penerima paket agar juga melakukan hal yang sama, yaitu meminimalisir kontak fisik dengan kurir saat menerima paket nanti.

3. Mencuci Tangan

Setelah meletakkan paket di pagar atau di sebelah pintu, jangan lupa untuk mencuci tangan. Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan cuci cara yang benar. Karena meskipun berada di lingkungan tempat tinggal sendiri, kita tidak pernah tahu apakah tempat dimana kita meletakkan paket itu masih higienis atau sudah terpapar virus corona covid-19.

2. Tips Menerima Paket

Jika sebelumnya dibahas tips mengirim paket, maka sekarang saatnya membahas tips menerima paket. Tips menerima paket ini sangat penting untuk dilakukan sebagai langkah antisipasi penularan virus corona covid-19. Berikut beberapa tips mengirim dan menerima paket untuk penerima:

1. Hindari Pembayaran Tunai

Saat menerima paket, sebaiknya kalian menghindari pembayaran tunai. Lakukan pembayaran melalui aplikasi. Selain praktis, hal ini juga berfungsi menghindari kontak fisik dengan kurir nantinya.

2. Hindari Kontak Fisik dengan Kurir

Sama seperti saat mengirim barang, saat menerima barang sebaiknya kalian juga menghindari kontak fisik dengan kurir. Jalinlah komunikasi dengan kurir melalui chat. Berpesanlah agar menaruh paket di tempat tertentu yang aman. Dengan begitu kalian bisa mengambil paket setelah kurir sudah meninggalkan tempat.

3. Gunakan Masker

Tips mengirim dan menerima paket untuk penerima paket berikutnya adalah dengan menggunakan masker saat mengambil paket. Tujuannya, tentu agar lebih terhindar dari virus corona covid-19, yang bisa saja berterbangan di udara.

4. Semprotkan Disinfektan

Sebagai antisipasi, selain menggunakan masker, sebaiknya kalian juga menyemprotkan disinfektan ke permukaan paket. Seperti yang kita tahu penyemprotan disinfektan bisa membunuh virus corona covid-19 di permukaan suatu benda.

5. Buka Paket di Luar Rumah

Setelah kalian menyemprotkan disinfektan ke permukaan paket, kalian sudah bisa membuka paket tersebut. Namun, sebaiknya kalian tetap membuka paket di luar rumah. Setelah itu, sebaiknya kalian juga segera membuang bungkus paket ke tempat sampah. Hal ini untuk meminimalisir adanya virus yang masih hidup di bungkus terbawa ke dalam rumah.

6. Cuci Tangan Sebelum Masuk Rumah Lagi

Tips mengirim dan menerima paket untuk penerima paket yang paling terpenting adalah dengan mencuci tangan, setiap setelah menerima paket. Mencuci tangan dengan sabun sebaiknya juga dilakukan saat masih berada di luar rumah. Sehingga, saat masuk ke rumah lagi kalian sudah dalam keadaan yang steril atau bebas dari virus corona covid-19.

Itulah tips mengirim dan menerima paket yang bisa kalian praktikkan, baik kalian sebagai pengirim atau penerima. Dengan menerapkan tips di atas, semoga kita bisa lebih terhindar dari risiko penularan virus corona covid-19.

(kpl/psp/gen)

Reporter:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI