Cara Virus Corona Covid-19 Menyerang Tubuh Manusia, Berikut Tips Menghalaunya

Penulis: Puput Saputro

Diterbitkan:

Cara Virus Corona Covid-19 Menyerang Tubuh Manusia, Berikut Tips Menghalaunya
(credit: pixabay)

Kapanlagi.com - Virus corona covid-19 saat ini sudah menginfeksi lebih dari satu juta orang di dunia. Virus ini menyebar dengan cepat, dan angka kematian pun juga terus meningkat. Tapi sebenarnya bagaimana cara virus corona covid-19 menyerang tubuh manusia?

Seperti yang kita tahu bahwa selama ini, virus corona covid-19, banyak menginfeksi orang dalam berbagai golongan usia. Namun, rata-rata orang yang terinfeksi virus corona covid-19 adalah mereka yang mempunyai daya tahan tubuh lemah. Itulah awal mula cara virus corona menyerang tubuh manusia. Virus ini menyerang orang dengan daya tahan rendah.

Tapi, kira-kira seperti apa gambaran cara virus corona menyerang tubuh manusia? Berikut penjelasannya:

 

1. Dimulai dari Proses Penularan

Virus corona masuk ke tubuh kita melalui proses penularan. Seperti yang kita ketahui, virus corona covid-19, menular melalui droplet atau tetesan kecil air dari hidung atau mulut penderita. Selain itu, penularan bisa terjadi apabila kalian menyentuh benda yang sudah terpapar droplet tersebut.

Saat kalian menyentuh benda yang terpapar virus, setelah itu tidak cuci tangan maka virus akan bertahan di tangan kalian. Selanjutnya, ketika kalian menyentuh bagian wajah terutama mulut, hidung, dan mata, maka virus bisa berpindah masuk ke tubuh. Itulah cara virus corona menyerang tubuh manusia yang pertama, masuk ke tubuh melalui proses penularan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Menyerang Saluran Pernapasan

Virus corona covid-19 adalah jenis virus yang menyerang sistem pernapasan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa virus corona covid-19 masuk ke dalam tubuh kita melalui mata, hidung, dan mulut. Dari situ virus corona covid-19 akan menuju ke saluran pernapasan, terutama paru-paru.

Di paru-paru tersebutlah virus corona covid-19 akan melayangkan serangan ke tubuh manusia, secara lebih masif.

3. Memanipulasi Sel Tubuh

Dikutip dari halodoc.com, begitu sampai di paru-paru virus corona covid-19 akan menempel pada bagian dinding paru-paru. Padahal, permukaan paru-paru menjadi tempat udara didistribusikan ke seluruh tubuh melalui sel-sel tubuh.

Di dalam paru-paru tersebut, virus corona memanipulasi sel imunitas tubuh manusia. Caranya dengan melepaskan inti sel kemudian memanipulasi inti sel dari sel imunitas. Akibatnya, sistem imunitas dalam tubuh akan melemah. Bahkan, sel imun yang sudah terinfeksi juga bisa menyerang sel imun yang lain.

Hasil pertarungan antara sel imun dan dan virus corona dalam paru-paru ini akan sangat tergantung kondisi daya tahan tubuh seseorang. Apabila seseorang yang terjangkit virus mempunyai daya tahan yang baik, maka sel imun akan menang. Namun, tentu akan berbeda cerita jika sebaliknya. Jika daya tahan lemah, maka virus corona covid-19 akan menggerogoti imunitas seseorang.

 

4. Berkembang Biak dalam Jumlah Banyak

Seperti yang kita tahu, virus corona covid-19 adalah jenis virus yang membutuhkan inang untuk hidup. Jadi, selain menyerang sel imun, dalam paru-paru manusia, virus corona covid-19 juga berkembang biak. Virus ini bisa berkembang biak dalam waktu yang relatif singkat dan dalam jumlah yang banyak. Itulah sebabnya virus ini bisa mematikan secara cepat.

5. Menyebar ke Seluruh Tubuh

Setelah melawan sel imun dan berkembang biak, dimulai dari paru-paru pula virus corona covid-19 mulai menyebar ke seluruh tubuh. Virus menyebar melalui sel-sel tubuh dalam paru-paru yang bertugas mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Dengan begitu, keberadaan virus corona dalam tubuh memungkinkan terjadinya infeksi di organ-organ lain seperti jantung, ginjal, hati, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya, virus corona covid-19 ini sangat rentan jika diderita oleh seseorang dengan penyakit-penyakit kronis.

6. Cara Menghalau Serangan Virus Corona Covid-19

Melalui penjelasan di atas kita jadi tahu bahwa cara terbaik untuk sembuh dari virus ini adalah dengan menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap stabil. Sehingga jika sampai virus corona covid-19 menginfeksi dan menyerang sel imun dalam tubuh, cara terbaik untuk melawannya adalah dengan memperbaiki sistem imun atau daya tahan tubuh.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar daya tahan tubuh bisa tetap stabil, di antaranya sebagai berikut:

1. Menerapkan pola hidup sehat
2. Memakan makanan bergizi
3. Rajin berolahraga
4. Meminum vitamin dan suplemen yang baik untuk tubuh
5. Istirahat yang cukup
6. Berjemur, dan lain sebagainya

Itulah cara virus corona menyerang tubuh manusia berikut tips untuk menjaga imunitas tubuh. Namun, tentunya akan lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi, tetap jaga kebersihan dan terapkan social distancing agar terhindar dari penularan virus corona covid-19.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending