Ubah Hobi Jadi Cuan, Terrace Mimita Hadirkan Kreasi Cake dan Puding Kekinian Favorit Keluarga

Senin, 29 Agustus 2022 15:12 Penulis: Wuri Anggarini
Ubah Hobi Jadi Cuan, Terrace Mimita Hadirkan Kreasi Cake dan Puding Kekinian Favorit Keluarga
(c) Terrace Mimita

Kapanlagi Plus - Tren bisnis kuliner memang sedang mengalami perkembangan pesat, terutama sejak masa pandemi beberapa waktu lalu. Menghabiskan waktu di rumah saja memang bisa membuat berbagai ide kreatif bermunculan, termasuk buat mengembangkan hobi menjadi sesuatu yang membawa cuan.

Hal ini juga yang dialami oleh Rita Amelia, ibu rumah tangga yang mulai mengembangkan usaha kulinernya sendiri dari rumah, yaitu Terrace Mimita. Fokus pada olahan cake dan puding kekinian, Rita berhasil menjadi gambaran ibu rumah tangga yang sukses mengubah hobi untuk menambah pundi pemasukan. Seperti apa ceritanya?

Terinspirasi Menambah Penghasilan di Masa Pandemi

(c) Terrace Mimita(c) Terrace Mimita

Dalam wawancara bersama tim ManisdanSedap.com, Terrace Mimita pertama kali berdiri pada 25 Maret 2021 di Depok. Rita mengaku salah satu hal yang mendorongnya menjalankan usaha kuliner di rumah adalah karena terinspirasi dari banyaknya 'Pejuang Rupiah' terutama ibu rumah tangga di masa pandemi.

“Sebelumnya saya memang suka masak, cooking ya. Masak buat keluarga, masak kalau ada acara di rumah, dan semacamnya. Tapi kalau baking memang baru coba-coba aja pas pandemi. Iseng coba dan kirim ke teman atau tetangga, ternyata banyak yang suka dan maksa open PO. Akhirnya saya coba untuk serius,” lanjut Rita.

Nama Terrace Mimita dipilih karena terinspirasi dari namanya sendiri. "Awalnya muncul dengan nama depan Teras, kemudian berubah jadi Terrace dalam bahasa Inggris agar lebih kekinian dan nyambung dengan nama kompleks yang saya tinggali. Lalu Mimita sendiri berasal dari nama panggilan anak-anak saya ke saya, yaitu 'Mimih' dan 'Ta' dari nama saya Rita" ungkapnya. 

Belajar Menghadapi Ketakutan dalam Diri

(c) Terrace Mimita(c) Terrace Mimita

Tantangan menjadi hal yang lumrah dihadapi ketika sedang menjalankan sesuatu. Nggak terkecuali bisnis yang dikembangkan sendiri. Rita pun mengaku berbagai tantangan juga dialami selama mengembangkan Terrace Mimita, namun yang paling besar adalah ketakutannya sendiri.

"Seiring berjalannya waktu dengan doa dan ikhtiar, tantangan terbesarnya adalah diri kita sendiri. Bagaimana kita melawan rasa malas dan takut dalam diri kita. Melawan rasa malas berinovasi, rasa takut nggak laku, dan semacamnya," jelas Rita kemudian.

Variasi Cake dan Puding Kekinian yang Jadi Favorit

(c) Terrace Mimita(c) Terrace Mimita

Terrace Mimita menawarkan berbagai menu cake dan puding kekinian yang bisa dipesan dengan sistem pre order setiap harinya. "Menu PO bervariasi, kami menawarkan banyak varian setiap harinya. Mulai dari Pastry, Cake, Dessert, Pudding dan Pasta. Menu andalan kami Bolen, Soes, Pudding Choco Oreo, Buko Pandan dan Salad Buah," jelasnya.

Jadwal pre order sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, tapi ia biasa membuka PO di hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Namun, saat ada pelanggan yang request dadakan pun berusaha dilayani sesuai dengan kemampuannya.

"Yang sering dadakan itu Pudding Choco Oreo yang jadi best seller. Banyak juga yang pesan, biasanya untuk kasih ke orang karena kami menjual dalam set packaging cantik untuk menambah daya tarik customer," lanjutnya.

Setelah setahun lebih menjalankan Terrace Mimita sebagai usaha dari rumah, Rita pun memiliki banyak harapan untuk bisnis ini di masa depan.

"Cita-cita tentunya ada, yaitu mengembangkan usaha agar bisa berupa mini kitchen khusus baking atau toko offline mungkin. Namun, saya memang tidak ingin terlalu ngoyo dan berambisi. Saya berusaha tetap dengan track yang saya jalani saat ini, yang terpenting tetap berusaha setiaphari. Saya juga tetap berinovasi mengembangkan varian menu lainnya sambil tetap mengurus anak dan suami dari rumah," pungkasnya.

Keinginan Rita untuk mengembangkan Terrace Mimita pun mendapatkan dukungan dari ManisdanSedap.com. Platform yang satu ini merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang membantu para pencinta kuliner dalam melakukan pre order makanan favorit mereka.

Nggak hanya itu, ManisdanSedap.com juga membantu para seller dalam mengembangkan usaha mereka. Platform ini berperan sebagai ‘etalase' online yang membantu promosi usaha karena memajang produk yang dijual. Pemesanan pun dilakukan dengan mudah, cukup klik saja maka kamu akan terhubung langsung ke nomor WhatsApp seller. Pemesanan pun dilakukan di luar platform, jadi lebih praktis kan!

Reporter: Maretha Andriana

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

 

(kpl/eth)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI