Viral Atlet China Minum Santan Kelapa, Apa Sih Bedanya Dengan Coconut Juice?

Jum'at, 31 Agustus 2018 13:05 Penulis: Mita Anandayu
Viral Atlet China Minum Santan Kelapa, Apa Sih Bedanya Dengan Coconut Juice?
Atlet China Minum Santan © Liputan6.com/Tanti Yulianingsih/Istimewa


Kapanlagi Plus - Sebuah foto yang memperlihatkan atlet China di Asian Games 2018 meminum santan kelapa kental dalam kemasan kotak viral di media sosial dan membuat heboh netizen. Hingga kini tak ada penjelasan soal santan kelapa kental dikonsumsi oleh atlet tersebut.

Foto ini awalnya berasal dari postingan akun Twitter @rlthingy. "Tolong siapapun kasih tau kontingen China ini santen bukan air kelapa. Aq receh," tulisnya.

Lantas, adakah penjelasan soal santan kelapa kental bisa dikonsumsi? Apa sih bedanya dengan coconut juice?

Atlet China Minum Santan © Instagram.com/ina_badmintonAtlet China Minum Santan © Instagram.com/ina_badminton

1. Minuman Dari Kelapa Populer di China

Minuman dari kelapa ternyata begitu populer di China, khususnya di Hohhot, Inner Mongolia. Bahkan tak hanya di China, beberapa negara juga sudah terbiasa mengkonsumsi santan sebagai alternatif pengganti susu.

Namun bedanya, jenis minuman dari kelapa yang populer bukan santan kelapa kental, melainkan jus kelapa atau coconut juice. Beberapa orang juga sering menyebutnya dengan coconut milk.

2. Beda Santan dan Coconut Juice

Well, jus kelapa tentu berbeda dengan santan, meskipun cairannya sama-sama berwarna putih. Selain itu juga sangat berbeda dengan air kelapa kemasan yang biasa dijual dalam kemasan di Indonesia.

Jika diperhatikan soal tekstur, jus kelapa lebih cair dari santan. Tekstur santan biasanya lebih pekat jika dibandingkan dengan jus kelapa. Rasa jus kelapa pun biasanya manis. Sementara itu aromanya tak sekuat santan kemasan dari Indonesia yang punya wangi gurih.

3. Coconut Juice Dijual Dalam Kotak Kardus

Seperti dilansir dari Liputan6.com, coconut juice dijual dalam bentuk kotak kardus berukuran satu liter di salah satu bagian China. Menurut salah satu penjual di toko yang berada dekat hotel Tian He Guo Ji, coconut juice tak dijual dalam ukuran lain.

Coconut juice dijual seharga 20 yuan atau sekitar 40 ribu rupiah. Sementara itu untuk merek lainnya dihargai lebih murah yakni 15 yuan untuk ukuran yang sama.

"Tak ada, hanya itu (satu liter). Yang berukuran kecil dalam kemasan botol adalah ini (coconut water)," kata salah satu staf toko.

Cara mengkonsumsinya pun coconut juice perlu dikocok terlebih dulu sebelum diminum karena memiliki residu.

4. Santan Biang Kolesterol?

Santan kelapa sering disebut sebagai biang kolesterol. Namun, ternyata banyak manfaat yang bisa didapat dari santan.

Banyak nutrisi yang bisa diperoleh dari santan. Hanya pada satu jenis bahan makanan, ada banyak kandungan seperti vitamin, mineral, elektrolit, potasium, kalsium, dan khlorida.

Selain itu santan juga mengandung lemak jenuh yang tersusun dari asam lemak rantai pendek dan asam lemak rantai sedang. Lemak-lemak tersebut dapat berubah menjadi energi dan tak menumpuk di dalam tubuh. Inilah sebabnya santan bisa tetap dikonsumsi meski sedang diet.

Sebagai alternatif pengganti susu bagi yang alergi, santan juga bebas kedelai, gluten dan kacang-kacangan.

Sementara itu, setengah dari asam lemak jenuh rantai sedang terdiri atas asam laurat yang memiliki fungsi sebagai anti-virus, anti-bakteri, anti-mikroba, dan anti-jamur. Dengan kata lain, santan membantu Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan saat sedang sakit radang tenggorokan atau bisul sekalipun, santan dipercaya bisa menyembuhkannya. Sedangkan untuk kecantikan, santan baik untuk melembapkan kulit kering dan keriput.

(kpl/mit)

Editor:

Mita Anandayu



MORE STORIES




REKOMENDASI