Viral Video Perundungan Bocah Penjual Gorengan di Sulawesi Selatan, Pelaku Kini Sudah Diamankan

Senin, 18 Mei 2020 13:55
Viral Video Perundungan Bocah Penjual Gorengan di Sulawesi Selatan, Pelaku Kini Sudah Diamankan
Perundungan bocah penjual jalangkote di pangkep (credit: Instagram/unnie_update/)


Kapanlagi Plus - Seorang bocah penjual jalangkote di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan mendadak viral setelah mendapatkan tindakan perundungan yang dilakukan sekelompok pemuda. Dalam tiga buah video yang berdurasi kurang dari dua menit tersebut memperlihatkan bocah penjual jalangkote dibully dan dipukuli.

Tiga video aksi bullying yang diunggah oleh akun facebook Ayu Cantika pada, Minggu, (17/05/2020) kini telah ditonton lebih dari 3 juta kali. Bocah penjual jalangkote yang berusia 12 tahun terlihat dibully dengan menggunakan bahasa bugis.

Tidak hanya itu, ia juga mendapatkan tindakan kekerasan oleh salah seorang pemuda pengendara motor. Mulai dari dipukul hingga didorong sampai terjatuh. Sementara sekelompok pemuda lainnya hanya melihat dan tertawa tanpa menolongnya.

Polisi pun langsung menyelidiki viralnya aksi perundungan tersebut. Tak butuh waktu lama, kini pelaku perundungan bocah penjual jalangkote di kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan sudah dibekuk dan diamankan polisi.

"Tidak butuh waktu lama kita berhasil mengamankan pelaku perundungan, dia adalah Firdaus (26) dan enam orang rekannya, sementara korbannya adalah RZ (12)," kata Kasat Reskrim Polres Pangkep, AKP Anita Taherong, Senin (18/5/2020) seperti yang dilansir dari liputan6.com.

Viralnya video tersebut mendapatkan banyak kecaman dari warganet atas tindakan tak terpuji pelaku. Berikut kronologi saat korban dibully dan dirisak oleh pelaku seperti dalam video yang tengah viral.

 

1. Pelaku Merasa Kesal dengan Korban

Seperti yang terlihat dalam video tersebut, korban diketahui dirisak dan dibully oleh sekelompok pemuda yang menaiki motor. Menurut AKP Anita Taherong, awalnya korban yang berinisial RZ (12) sedang menjajakan dagangan dan beristirahat di sekitar lapangan Bonto-Bonto. Lalu korban waktu itu sedang bercanda sambil mengatakan ia jagoannya kecamatan Ma'rang dalam bahasa bugis.

"Iya' tolo'na Ma'rang," seperti yang dilansir dari liputan6.com

Namun hal ini didengar oleh, Firdaus, pelaku yang merasa kesal kemudian langsung mendatangi RZ bersama sekelompok temannya. Korban yang hanya mengendarai sepeda lengkap dengan barang dagangan tampak dikelilingi sekelompok pemuda pengendara motor tersebut.

2. Mendapat Tindak Kekerasan

Korban diketahui mendapat tindak kekerasan dengan dipukul serta didorong hingga tersungkur. Hal ini bermula saat korban yang mengenakan baju berwarna orange memegang plat motor korban. Merasa kesal dan tak terima Firdaus dan teman-temannya melakukan perisakan kepada korban dengan memukul serta mendorongnya hingga tersungkur. Sementara teman-temannya hanya melihat sambil tertawa.

3. Dilakukan di Dua Titik Berbeda

Ternyata aksi perundungan terhadap korban dilakukan di dua titik yang berbeda. di mana video pertama memperlihatkan pelaku memukul dan mendorong RZ hingga tersungkur. Sementara video kedua memperlihatkan korban yang tengah berjualan mengendarai sepeda dicegat dan dikejutkan oleh seorang pemuda. Karena tak dapat menjaga keseimbangannya, korban lalu terjatuh dan ditertawakan oleh teman-teman pelaku.

4. Pelaku Sudah Diamankan

Melihat viralnya video insiden perundungan tersebut kepolisian langsung menyelidiki dan mengamankan pelaku. Diketahui pelaku pemukulan dan enam rekannya kini sudah diamankan pihak kepolisian. Kondisi di kepolisian pun terlihat sangat ramai dikerumuni oleh warga.

5. Dikecam Warganet

Insiden perundungan dan bullying ini banyak mendapatkan kecaman dari warganet. Bahkan video tersebut telah dibagikan hingga lebih dari 4 ribu kali. Banyak yang mengharapkan agar pelaku mendapatkan hukuman setimpal yang tidak cukup dengan minta maaf.

6. Mendapatkan Bantuan dari Relawan

Dilansir dari akun Instagram @unnie_update, korban yang berinisial RZ (12) rupanya diketahui berjualan jalangkote untuk membantu sang ibu. Namun ternyata RZ sering mendapatkan perundungan beberapa kali, hanya saja aksi kali ini mendapatkan sorotan publik.

Melihat aksi tersebut mendatangkan simpati dari para relawan. RZ mendapatkan bantuan berupa sepeda baru yang bisa digunakan untuk berjualan Kembali. Senyum sumringah dari wajah RZ terlihat saat ia mendapatkan bantuan sepeda baru.

Nah itulah fakta viralnya video perundungan terhadap bocah penjual jalangkote di Pangkep. Meski usianya masih terbilang muda namun semangat RZ untuk membantu orang tua menjadi inspirasi banyak orang. Dan semoga tidak ada kasus seperti yang dialami oleh RZ.

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI