Webinar Adalah Seminar Online dengan Banyak Keunggulan, Ketahui Manfaatnya untuk Peserta

Selasa, 24 November 2020 20:11 Penulis: Puput Saputro
Webinar Adalah Seminar Online dengan Banyak Keunggulan, Ketahui Manfaatnya untuk Peserta
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Pandemi virus corona covid-19 yang tak kunjung usai telah membawa banyak perubahan. Berbagai trend kebiasaan baru bermunculan, salah satunya webinar. Istilah webinar memang baru muncul belakangan ini selama pandemi. Webinar adalah singkatan dari web seminar. Artinya, webinar merupakan seminar yang dilakukan secara online menggunakan jaringan internet.

Sama halnya seminar pada umumnya, dalam webinar juga dibahas topik tertentu yang akan dibahas oleh ahlinya. Webinar adalah salah satu inovasi yang tercipta di masa pandemi. Pasalnya, di situasi ini orang-orang tidak bisa berkumpul dan mengikuti seminar secara konvensional. Akhirnya, webinar menjadi solusi untuk tetap bisa bertukar informasi dan menggantikan seminar tatap muka.

Kalian yang masih merasa asing dengan webinar, tak perlu khawatir. Berikut ulasan mengenai webinar yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Apa Itu Webinar?

Seperti yang disinggung sebelumnya webinar adalah seminar yang diadakan secara online dengan memanfaatkan koneksi internet. Sehingga, antara pengisi materi dan para pesertanya tidak langsung bertemu secara tatap muka. Hal serupa juga yang terjadi pada kelas, kurus, dan rapat online. Namun seperti seminar pada umumnya, pada webinar terdapat ilmu atau pengetahuan baru yang akan diperoleh peserta.

Selain tak kalah dengan seminar konvensional, webinar juga punya sejumlah keunggulan dan manfaat. Apa sajakah itu?

2. Keunggulan Webinar Mudah Dilakukan

Webinar bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi yang terpasang di komputer atau laptop, tablet, bahkan smart phone. Sehingga lebih praktis dan mudah dioperasikan. Tak kalah dengan seminar konvensional, aplikasi penyedia webinar biasanya juga bisa digunakan untuk menampilkan power point. Sehingga, peserta juga akan lebih dimudahkan untuk menyimak dan memahami materi yang diberikan.

3. Keunggulan Bisa Dilakukan Secara Interaktif

Webinar bukan sekadar ruang seminar maya yang bisa dilakukan jarak jauh. Penyelenggaraan webinar juga bisa dikemas secara menarik dan interaktif. Ruang diskusi pada sesi tanya jawab seperti pada seminar konvensional tetap bisa diadakan secara bergantian.

Selain bisa menunjukkan materi dalam bentuk power point, aplikasi penyedia webinar juga menyediakan ruang maya untuk melakukan interaksi via obrolan atau chat. Bahkan, ada pula yang menyediakan fasilitas-fasilitas lain seperti polling, survei, tes, call-to-action, hingga layanan terkoneksi dengan media sosial Twitter.

4. Keunggulan Menghemat Waktu, Biaya, dan Tenaga

Webinar adalah seminar yang dilakukan secara online. Artinya, kalian bisa mengikuti seminar dengan format webinar dari rumah atau manapun tempat kalian berada. Bahkan, kalian bisa melakukan webinar sambil melakukan aktivitas lain yang memungkinkan. Sehingga, hal ini tentu saja akan sangat menghemat waktu dan tenaga.

5. Bisa Ditonton Ulang

Salah satu keunggulan lainnya dari webinar adalah bisa ditonton ulang. Dilansir dari merdeka.com, Webinar juga dirancang dengan optimalisasi SEO yang dapat memudahkan pencarian. Artinya, kalian bisa menemukan topik tertentu pada webinar dengan mudah menggunakan pencarian Google. Dengan begitu, kalian jadi bisa menyimak kembali topik seminar, diskusi, serta konklusi yang didapat dari seminar yang kurang paham atau terlewat.

6. Manfaat Webinar bagi Penyelenggara atau Pemasar

Webinar juga banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis, khususnya bagian pemasar atau marketing. Bagi pemasar atau marketing, webinar bisa membawa sejumlah manfaat seperti di bawah ini.

1. Mengumpulkan Leads
Layaknya seminar pada umumnya yang mengumpulkan orang-orang dengan minat dan tujuan sama, webinar pun juga demikian. Webinar bisa menjadi wadah dari peserta yang mempunyai minat sama. Hal ini tentu akan sangat memudahkan pemasar dalam menyebarkan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Mengumpulkan Feedback
Webinar bisa dipakai untuk mengetahui hasil dari promosi atau kampanye. Hal ini bisa dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui webinar.

3. Mempermudah Kegiatan Promosi Produk dan Jasa
Setelah peserta webinar terjaring sesuai dengan pangsa pasar dari produk dan jasa, langkah selanjutnya pemasar bisa memasarkan produknya lewat webinar.

7. Manfaat Webinar bagi Peserta

Selain penyelenggara atau pemasar, manfaat webinar tentu juga akan dirasakan oleh para pesertanya. Pasalnya, dengan webinar para peserta telah mendapatkan berbagai kemudahan-kemudahan lewat keunggulan-keunggulan webinar. Di samping itu, tentu saja webinar bisa jadi media bagi peserta untuk mendapat ilmu baru dan membangun relasi dengan sesama orang yang punya minat sama.

Itulah di antaranya ulasan mengenai webinar adalah seminar online. Bagaimana, apakah kalian tertarik mengikuti webinar? Atau malah tertarik menyelenggarakan webinar?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI