Tak Hanya Buahnya, Ini 7 Manfaat Daun Kersen Bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 24 November 2020 14:44 Penulis: Dhia Amira
Tak Hanya Buahnya, Ini 7 Manfaat Daun Kersen Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Daun Kersen (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Buah kersen atau biasa dikenal dengan buah seri ini memang menjadi salah satu buah legend bagi anak-anak tahun 90-an. Memiliki bentuk kecil dengan rasa yang manis saat matang, membuat buah yang satu ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun selain buahnya, nyatanya daun buah kersen juga bisa dikonsumsi loh KLovers. Bahkan manfaat daun kersen ini sangat baik bagi kesehatan.

Pohon dari buah kersen sangat tinggi, dan pohonnya terus menerus berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Di Indonesia sendiri buah kersen sangat mudah untuk ditemui. Dan di meksiko buah ini dijual di pasaran, dan kadang sering dibuat menjadi selai.

Namun tak banyak yang mengetahui bahwa daun kersen memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Kira-kira apa saja ya manfaat daun kersen bagi kesehatan? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Mengontrol Gula Darah

Manfaat daun kersen yang pertama yaitu, dapat mengontrol gula darah di dalam tubuh. Bagi kalian yang menderita diabetes tipe 2, maka kalian bisa loh mengonsumsi daun kersen ini KLovers. Hal ini disebabkan oleh zat flavonoid dan saponin yang dimiliki daun kersen. Sehingga secara tidak langsung zat ini akan berperan menjadi insulin dan menormalkan gula darah.

Selain itu terdapat pula penelitian yang menunjukkan bahwa daun kersen bisa mengontrol gula darah. Percobaan dilakukan dengan mengonsumsi ekstrak daun kersen untuk menyembuhkan luka bernanah. Secara perlahan luka bernanah kering dan gula darah di dalam tubuh berangsur normal.

 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kemudian manfaat daun kersen yang selanjutnya yaitu, dapat menguatkan daya tahan tubuh pada seseorang. Daya tahan tubuh menjadi salah satu hal yang penting bagi kesehatan, karena itu akan menjauhkan kita dari berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Namun jangan khawatir, kalian bisa kok menggunakan manfaat daun kersen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal ini karena terdapat kandungan antioksidan dan vitamin dalam daun kersen yang sangat banyak. Selain mampu menguatkan daya tahan tubuh, daun kersen juga ampuh melawan virus, bakteri dan kuman. Jadi, mengonsumsinya bisa bantu cegah flu, pilek, batuk, dan masalah yang disebabkan infeksi lainnya.

 

3. Anti Kanker

Selain jantung, nyatanya kanker menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Kanker bisa menyerang siapapun, orang dewasa, lansia, hingga anak-anak. Selain menjalankan pola hidup sehat, kalian juga bisa kok mencegah penyakit kanker dengan menggunakan manfaat daun kersen.

Itu karena daun kersen memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. Kandungan antioksidan tersebut berupa senyawa tanin, flavonoid, dan saponin yang bisa menjadi anti kanker hebat di tubuh bila dikonsumsi secara rutin.

 

4. Mengobati Asam Urat

Tak hanya penyakit kanker saja, nyatanya manfaat daun kersen juga mampu mengatasi peradangan loh, terutama asam urat. Biasanya asam urat sering terjadi oleh para lansia, bila sudah terkena asam urat maka mereka akan merasakan nyeri yang luar biasa. Namun selain obat dokter, kalian juga bisa loh mengobati asam urat dengan mengonsumsi daun kersen.

Senyawa aktif dalam daun kersen dipercaya dapat meredakan atau mengobati asam urat. Bahkan dapat meredakan nyeri yang luar biasa pada mereka yang terkena asam urat. Kalian bisa mengonsumsi daun kersen ini, agar asam urat dapat terobati secara alami.

 

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Pencernaan memang menjadi salah satu hal yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Bila pencernaan kalian tidak lancar, maka mahal tersebut dapat menjadi sebuah penyakit untuk tubuh loh KLovers. Kalian bisa terkena sembelit, wasir, obesitas, hingga kanker perut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kalian bisa kok mengatasi masalah pencernaan dengan menggunakan manfaat daun kersen. itu karena daun kersen memiliki sifat antibakteri yang bisa bantu atasi masalah pencernaan. Kandungan flavonol, flavon, dan auronnya pada daun kersen bisa menjadi anti bakteri penyebab masalah pencernaan. Jadi, tidak heran bila daun kersen juga dapat mengatasi masalah diare, otitis internal, dan keracunan makanan.

 

6. Meringankan Batuk

Manfaat daun kersen yang selanjutnya yaitu dapat meringankan batuk. Yup! Penyakit batuk memang menjadi salah satu hal yang bisa membuat orang sulit beraktivitas, hingga beristirahat. Sebelum batuk semakin parah, maka kalian bisa kok mengatasi masalah tersebut dengan mengonsumsi daun kersen.

Hal tersebut karena, di dalam daun kersen terdapat sifat anti peradangan yang bisa tenangkan masalah batuk. Bahkan dilansir dari laman Healthline, manfaat daun kersen untuk kesehatan ini sudah diuji dan dijadikan obat radang tenggorokan.

 

7. Mengobati Sakit Kepala

Manfaat daun kersen yang terakhir yaitu dapat mengobati sakit kepala. Yup! Bukan hanya mampu mengatasi masalah pada batuk saja, nyatanya manfaat daun kersen juga bermanfaat untuk mengobati sakit kepala. Alih-alih menggunakan obat kimia, kalian bisa menggunakan manfaat daun kersen ini sebagai obat alami.

Hal ini karena, di dalam daun kersen terdapat kandungan berupa tannin, saponin, flavonoid, dan polifanol. Ketiga senyawa tersebut akan bertindak sebagai antikosidatif dan antmikroba yang bisa redakan sakit kepala. Jadi kalian bisa menggunakan daun kersen bila merasa sakit kepala yang tak tertahankan.

 

8. Cara Mengonsumsi

Dan inilah beberapa cara mengonsumsi daun kersen yang baik dan juga efektif. Hanya 3 cara yang bisa kalian lakukan, dan cara tersebut sangat mudah dan tak sulit untuk dipraktekkan di rumah. Inilah beberapa cara mengolah daun kersen, yuk langsung saja.

- Direbus

Cara pertama yaitu dengan cara direbus, dan cara ini paling banyak dilakukan oleh mereka yang ingin mendapatkan ekstrak daun kersen. Kalian bisa mengambil daun kersen sesuai kebutuhan, dan 2 atau 3 gelas air. Setelah itu rebus air daun kersen hingga menjadi 1 gelas saja. Minum air tersebut secara rutin di malam hari sebelum tidur.

- Diseduh

Selain direbus, kalian juga bisa menyeduh daun kersen sebagai minuman. Kalian bisa membuat daun kersen seperti teh, dengan cara mengeringkan daun tersebut. Bila sudah kering dapat kalian simpan dan seduh setiap saat ingin mengonsumsi daun kersen.

- Dibuat Jus

Dan cara terakhir yaitu dengan cara dijadikan jus. Mengolahnya menjadi jus akan membuat konsentrasi ekstrak daun kersen semakin tinggi. Hal ini tentu membuat efek pengobatannya semakin tinggi pula. Mengonsumsinya sebagai jus menjadi cara yang cukup efektif untuk merasakan manfaat daun kersen untuk kesehatan.

Itulah 7 manfaat daun kersen untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Bukan hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi, nyatanya daunnya pun dapat dikonsumsi dan memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI