18 Daftar Kuliner Surabaya yang Terkenal Enak dengan Harga Murah

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

18 Daftar Kuliner Surabaya yang Terkenal Enak dengan Harga Murah
Rujak Cingur Ahmad Djais, Sate Karak (credit: instagram.com/rujakcingur_achmaddjais; instagram.com/sbykulinerinfo)

Kapanlagi.com - Indonesia memiliki banyak sekali kuliner di setiap daerahnya, salah satunya yaitu kuliner dari daerah Surabaya. Kuliner Surabaya memiliki cita rasa yang khas, sehingga wajib banget dicoba saat kalian berkunjung ke sana. Berbagai jenis makanan seperti rawon, rujak cingur, hingga sate khas Surabaya tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para penikmat kuliner.

Namun selain kuliner di atas, masih banyak lagi loh kuliner Surabaya lainnya yang dapat kalian nikmati. Bahkan daftar kuliner Surabaya ini wajib banget kalian ketahui sebelum berkunjung ke sana. Dan bisa menjadi referensi kalian sebelum menikmati kuliner khas Surabaya.

Kira-kira apa saja ya daftar kuliner Surabaya yang populer, dengan rasa yang nikmati dan harga murah? Dilansir dari Liputan6.com, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Rujak Cingur Ahmad Djais

Kuliner Surabaya yang pertama yaitu ada rujak cingur. Panganan yang berbahan dasar hidung sapi ini memang sudah menjadi kuliner Surabaya yang khas. Kuliner Surabaya satu ini mudah ditemukan di banyak tempat, namun ada satu tempat rujak cingur yang wajib kalian kunjungi saat berada di Surabaya.

Nama tempat tersebut yaitu ada warung Rujak Cingur Ahmad Djais yang berlokasi di jalan Achmad Jais No.40, Peneleh, Genteng, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Memiliki rasa yang khas, rujak cingur ini adalah karena hasil ulekan bumbu dari sang pemilik warung Nyonya Giok Tjoe.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Rawon Setan Mbak Endang

Kuliner Surabaya yang selanjutnya yaitu ada rawon. Yup! Rawon merupakan kuliner Surabaya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung di kota Pahlawan tersebut. Dan salah satu rawon populer yang ada di Surabaya yaitu ada Rawon Setan Mbak Endang yang ada di Jalan Embong Malang, Surabaya. Rawon Setan Mbak Endang merupakan depot rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia.

Disebut dengan rawon setan karena warung ini hanya buka di malam hari saja. Daging rawon di sini cukup besar dan juga empuk. Rasa kuahnya begitu menggugah selera, yang membuat rawon ini sangat sayang untuk dilewatkan. Terletak di tengah kota, membuat rumah makan rawon setan ini enggak pernah sepi pengunjung.

 

3. Sate Klopo Ondomohen

Ini mencoba sesuatu yang unik, dengan cita rasa yang bikin lidah kalian bergoyang? Maka kalian wajib banget nih mencoba sate klopo. Yup! Kuliner Surabaya yang unik ini merupakan sate daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate seperti umumnya.

Tentu saja kalian tidak boleh melewatkan salah satu kuliner yang satu ini. Kalian bisa mencoba sate Klopo Ondomohen yang begitu populer di Surabaya, bahkan irisan sate di tempat ini lebih besar dan sudah dibumbui terlebih dahulu dengan kelapa yang telah di sangrai, sehingga membuat Sate Klopo Ondomohen menjadi lebih gurih dan memiliki ciri khas yang unik.

 

4. Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye

Surabaya juga dikenal dengan kuliner malamnya yang menggugah selera. Jika kalian pencinta kuliner pedas maka wajib mencicipi kuliner Surabaya satu ini. Di jalan Jagir Wonokromo Wetan no. 12, Jagir, Wonokromo, Surabaya kalian bisa menyantap makanan saat malam hari di warung Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye.

Bagi kalian yang pecinta pedas, maka datang ke tempat ini merupakan kewajiban ya KLovers. Bahkan makanan ini akan membuat kalian ketagihan. Begitu enak dan populernya, kalian harus rela mengantre untuk mendapatkan kelezatan sajian di warung ini.

Walaupun menu yang ditawarkan di tempat makan ini sederhana, tetapi urusan rasa, Sego Sambel Mak Yeye memang juara. Nasi hangat dengan lauk iwak pe alias ikan pari yang dibaluri sambal merah menyala, bisa-bisa bikin kalian gagal untuk diet.

 

5. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Selanjutnya ada pula lontong balap yang merupakan salah satu kuliner khas Surabaya. Lontong balap satu ini terdiri dari lontong nasi, tahu goreng, taoge, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal dipadu kuah segar. Tak hanya itu saja, kalian juga bisa merasakan sate kerang dan segelas es kelapa muda bisa menggugah selera kalian.

Ada banyak tempat yang menyajikan kuliner Surabaya satu ini, salah satunya adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Lokasinya berada di depan bekas Bioskop Garuda, tepatnya di Jalan Kranggan no. 60, Sawahan, Surabaya. Meski telah berjalan selama lebih dari empat dekade, kualitas lontong balap ini tetap terjaga. Sehingga tidak heran bila panganan satu ini begitu populer.

 

6. Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng

Rawon memang menjadi ciri khas kuliner Surabaya ini, dan salah satu yang unik yaitu pecel rawon. Panganan satu ini terdiri dari nasi pecel yang dicampur dengan kuah rawon yang sangat menggugah selera.

Kuliner Surabaya yang unik ini bisa dinikmati di Warung Pojok Moro Seneng, Surabaya. Tepatnya di Jl. Pucang Anom No 17, Gubeng, Surabaya. Tak hanya itu saja, pecel rawon ini dicampur dengan ulekan kacang sebagai saus aneka sayuran yang kemudian disiram dengan kuah rawon hitam dengan rasa rempah yang akan memanjakan lidah kalian.

 

7. Nasi Goreng Jancuk

Nasi goreng memang menjadi salah satu makanan yang begitu populer di berbagai daerah, termasuk Surabaya. Namun kuliner Surabaya yang satu ini tak bisa kamu lewatkan begitu saja loh KLovers. Itu karena nasi goreng jancuk memiliki rasa yang super duper pedas, dan dengan porsi yang cukup besar sehingga cukup untuk disantap bersama beberapa orang.

Nasi goreng pedas ini dimasak dicampur dengan irisan ayam, potongan udang, daging kepiting, telur, dan sambal terasi. Tak lupa juga disajikan dengan acar dan kerupuk udang. Tidak heran bila menu nasi goreng ini akan sukses bikin kalian kenyang abis!

 

8. Mie Pecun

Tak hanya nasi goreng Jancuk saja, ada pula mie unik terkenal di Surabaya, yaitu ada Mie Pecun. Mie Pecun adalah salah satu kuliner Surabaya yang ditujukan bagi penggila masakan pedas. Tumisan mie kuah yang dicampur dengan irisan udang, telur, serta kornet, dijamin bakal membuat kalian ketagihan.

Kalian bisa memesan berbagai varian tingkat kepedasan, seperti Paket Klimax (super pedas), Paket Galau (pedas biasa), Paket Semriwing (pedas sedang) dan Paket Culun (tidak pedas). Kalian bisa langsung ke tempat yang berlokasi di Jalan Anjasmoro, Sawahan, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

 

9. Nasi Cumi Waspada

Kalian ingin mengonsumsi makanan berbau seafood? Maka kalian bisa mencoba salah satu kuliner Surabaya tradisional yang murah dan enak, yaitu ada Nasi Cumi Waspada. Lokasinya berada di belakang Pasar Atom, tepatnya di Jalan Wasapada, Pabean, Cantikan, Surabaya. Di warung ini, nasi cumi yang ditawarkan sangat menggoda loh Klovers.

Ada empat variasi nasi cumi yang ditawarkan seperti, nasi biasa (nasi,cumi,peyek udang), nasi campur (nasi,cumi,empal,telur,peyek udang), nasi komplet (nasi,cumi,mi goreng,usus,paru,babat,peyek udang), dan nasi rawon cumi. Panasnya nasi dipadu dengan cumi akan sukses membuat kalian ketagihan.

 

10. Ice Cream Zangrandi

Tak hanya kuliner makanan saja yang bisa kalian coba di Surabaya. Kalian juga bisa loh mencoba kuliner Surabaya yang manis dan cocok disantap saat siang hari, dan salah satunya yaitu Ice Cream Zangrandi. Restoran Ice Cream Zangrandi berada di jalan Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur, Indonesia.

Restoran yang sudah ada sejak 1933 ini khusus menjajakan beraneka ice cream dan sudah sangat terkenal di Surabaya. Bahkan kalian akan menikmati ciri khas ice cream unik yang hanya bisa kalian nikmati di Surabaya saja.

 

11. Lontong Kupang Artomoro

Kupang yang merupakan sejenis kerang berukuran kecil yang hanya bisa ditemukan di Surabaya. Jadi kalian wajib banget nih untuk makan lontong kupang ketika ke Surabaya.

Kupang ini punya tekstur yang unik dan sedikit seperti pasir, namun punya rasa yang enak. Kalian bisa mencicipi kuliner surabaya yang unik ini di Lontong Kupang Artomoro. Namun jangan kaget ya Klovers bila kalian baru mencoba pertama kali, tetapi soal rasa tetap terbaik!

 

12. Tahu Campur Kalasan

Kuliner makanan Surabaya yang selanjutnya yaitu ada tahu Campur Kalasan. Dan menjadi salah satu kuliner Surabaya yang terkenal dari masa ke masa. Tahu campur ini merupakan salah satu makanan favorit bagi banyak orang. Kuliner Surabaya ini terdiri dari jeroan sapi, daging, perkedel, tahu goreng, selada, dan bumbu kental. Tahu Campur Kalasan ini berada di Jalan Kalasan No. 22 Tambaksari, Surabaya.

 

13. Sate Karak

Jika berkunjung di kawasan Ampel, kalian wajib banget untuk mencoba sate karak ini. Sate karak merupakan kuliner tradisional yang hanya populer di Surabaya. Sajian nikmat yang biasa dijadikan menu untuk sarapan ini dikenal sejak tahun 1960-an.

Bahan utama sate karak berupa jeroan sapi terutama usus yang diberi bumbu spesial, bahkan ukurannya pun cukup besar. Keunikan lain yang membuat sate karak spesial adalah karena hidangan pendampingnya. Itu karena sate karak dihidangkan dengan ketan hitam. Tekstur dari ketan hitam yang disajikan tidak lengket, sehingga mudah untuk dinikmati.

Bukan sambal kacang yang digunakan untuk melumuri satenya, tetapi parutan kelapa yang diberi bumbu atau biasa disebut dengan serundeng bercita rasa manis dan gurih. Terdapat pula tambahan bubuk kedelai pedas yang ditabur di atasnya yang menambah kekayaan cita rasa sate karak ini.

 

14. Kepiting Cak Gundul 1992

Selain cumi, kalian juga bisa loh menikmati kuliner Surabaya dengan olahan seafood. Salah satu restoran yang terkenal dalam penyajian seafood yaitu ada Kepiting Cak Gundul 1992. Restoran yang sudah berdiri lebih dari 25 tahun ini menyediakan berbagai ukuran kepiting. Sausnya pun bisa dipilih seperti asam manis hingga saus kare.

Menu paling populer di Kepiting Cak Gundul 1992 adalah kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. Untuk menyantap kuliner Surabaya yang lezat ini, kalian bisa berkunjung ke jalan Raya Kupang Indah, No. 45 C-D, Surabaya, Jawa Timur.

 

15. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Meski bukan kuliner Surabaya yang asli, namun Soto Lamongan sudah menjadi salah satu menu utama yang wajib kalian cicipi bila berada di Surabaya. Soto lamongan yang paling terkenal di Surabaya ada di warung Cak Har yang berlokasi di Jalan Dr.Ir.H.Soekarno.

Sotonya juga memiliki berbagai varian, mulai dari ceker, ayam, sapi, juga jeroan. Soto ini sangat cocok disantap saat sarapan pagi. Dan tentu saja Soto Ayam Lamongan Cak Har ini banyak pengunjung karena begitu populer.

 

16. Bebek Palupi

Bebek goreng sudah dikenal sebagai salah satu kuliner andalan Kota Pahlawan. Dari sekian banyak penjual bebek goreng di Surabaya, tempat yang paling terkenal adalah Bebek Palupi. Eksis sejak tahun 1996, lokasi Bebek Palupi cukup strategis, yaitu berada di Jalan Raya Rungkut Asri Tengah Nomor 10 yang berdekatan dengan Bandara Juanda.

Dari sisi penyajian, seporsi bebek goreng legendaris ini hadir dengan tampilan cukup sederhana. Hanya dihidangkan bersama nasi, sambal tomat dan beberapa lalapan. Bebek gorengnya terkenal sangat renyah, dengan sensasi bumbu rempah kuning gurih yang cukup tajam.

Tekstur dagingnya benar-benar empuk. Selain itu, tidak tercium bau amis sama sekali. Salah satu rahasia keempukannya adalah karena hanya menggunakan daging bebek muda dan dimasak dengan suhu tertentu.

 

17. Nasi Udang Empal Bu Rudy

Kemudian kuliner Surabaya yang selanjutnya yaitu ada nasi udang empal, dan merupakan nama salah satu menu yang ada di depot Bu Rudy. Kuliner Surabaya ini disajikan dengan sambal bawang yang bikin kalian ketagihan. Depot Bu Rudy menjadi salah satu tempat kuliner Surabaya yang direkomendasikan.

Menu yang disajikan di tempat ini sangat beragam sesuai dengan selera dan lidah. Kalian bisa datang ke lokasi ini untuk menikmati menu istimewanya di Jalan Dharmahusada no. 140 Surabaya.

 

18. Nasi Krawu Mbuk Su

Dan kuliner Surabaya yang terakhir yaitu ada Nasi Krawu Mabuk Su. Walaupun berasal dari Kota Gresik, nasi krawu juga sangat terkenal sebagai kuliner Surabaya yang lezat loh. Kalian bisa menyantap nasi krawu yang otentik di tempat makan Nasi Krawu Mbuk Su yang ada di daerah Gubeng.

Nasi krawu disajikan di atas pincuk dengan lauknya berisi suwiran daging, dua macam serundeng kelapa, dan sambal. Walaupun sederhana, nasi krawu ini menawarkan rasa unik karena serundengnya punya rasa gurih sekaligus manis. Sehingga makanan ini akan memanjakan lidah kalian.

Itulah 18 daftar kuliner Surabaya yang bisa kalian konsumsi saat berada di Surabaya. Tentu saja makanan ini bukan hanya menawarkan keunikan saja, namun juga rasa yang enak dan harga yang ekonomis.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending