Wisata Palangkaraya Makin Juara, Jadi Kapan Mau Traveling ke Sana?

Rabu, 02 Oktober 2019 20:14 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Wisata Palangkaraya Makin Juara, Jadi Kapan Mau Traveling ke Sana?
(c) Kemenpar

Kapanlagi Plus - Keindahan wisata di Indonesia makin bikin bangga nih, KLovers. Salah satu yang cukup mencuri perhatian dan wajib masuk list para traveler adalah Palangkaraya. Kota yang berada di provinsi Kalimantan Tengah tersebut baru saja memperoleh penghargaan di Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) 2019. Efeknya benar-benar terasa, wisatawan dari berbagai daerah berdatangan dan amenitas pun terus berdiri, seperti M Bahalap Hotel yang bakal diresmikan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Selasa (1/10).

Secara pribadi, Menpar berpendapat kalau kehadiran amenitas seperti M Bahalap Hotel sangat penting karena dapat mendukung hidupnya sektor pariwisata.

“Seperti yang sering saya sampaikan, jika satu destinasi ingin maju, yang harus mereka benahi adalah 3A, atraksi-aksesibilitas-amenitas. Ketiga hal ini bukan hanya penting, tetapi juga terkait. Semakin bagus 3A, akan semakin banyak wisatawan yang hadir,” papar Menteri asal Banyuwangi itu.

Menpar menjelaskan, sebuah destinasi harus memiliki atraksi menarik dan berkualitas. Tujuannya agar wisatawan tergoda untuk datang serta memudahkan mereka saat ingin menyaksikan atraksi. Makanya, selain itu sangat dibutuhkan juga aksesibilitas yang memadai, nyaman, dan aman.

Sesampainya di destinasi, wisatawan yang ingin menginap harus mendapatkan amenitas yang sesuai dengan keinginan, nyaman, dan ramah. Oleh karena itu, Menpar Arief Yahya menyambut baik hadirnya M Bahalap Hotel. Sebab, hotel yang dikelola PT Harapan Agung Bersama akan semakin memperkuat amenitas di Palangkaraya.

“Wisatawan yang datang ke Palangkaraya kini semakin banyak pilihan amenitasnya. Mereka bisa mencari hotel berkualitas seperti M Bahalap atau mencari amenitas lain. M Bahalap Hotel juga bisa mendukung atraksi yang ada di Kalimantan Tengah,” jelasnya.

Lokasi M Bahalap Hotel sendiri sangat strategis dan mudah dijangkau. Dari Bandara Tjilik Riwut, hotel ini hanya berjarak 10,3 km atau hanya 16 menit perjalanan. Sebuah jarak ideal buat wisatawan yang ingin berlibur di Kota Palangkaraya.

Selain itu, M Bahalap Hotel juga dekat dengan destinasi wisata. Dari Tugu Soekarno, jarak hotel ini cuma 3 km atau hanya memakan waktu 7 menit perjalanan. Bahalap juga relatif dekat dengan Museum Belanga yang jaraknya sekitar 4,4 km atau hanya 10 menit perjalanan.

Penghargaan ISTA 2019 juga merupakan ajang tertinggi atau eskalasi pencapaian tingkat nasional. Terutama terhadap keberhasilan kepariwisataan suatu daerah yang mampu mengembangkan sektor pariwisata.

"Ini juga sejalan dengan harapan Kementrian Pariwisata yang berkomitmen sekaligus mendorong penerapan prinsip-prinsip dasar berkelanjutan. Sinergitas antara pelaku wisata dengan pemerintah daerah menjadi hal yang diharapkan,” ucapnya.

“Dari lokasinya, M Bahalap sudah ideal. Karena tidak jauh dari bandara. Serta mudah menjangkau destinasi. Apalagi hotel ini juga nyaman,” sambungnya.

Yang membuat Menpar mengacungkan jempol, hotel ini mampu menyedot tenaga kerja dalam jumlah besar. Dampaknya akan positif buat Kota Palangkaraya, termasuk Kalimantan Tengah.

Tenaga kerja di M Bahalap Hotel sekitar 175 orang dan total memiliki 216 unit kamar. Rincian unit kamarnya yaitu 200 unit tipe Deluxe, 4 unit Family Suit, 6 unit Junior Suit, 5 unit Executive Suit, dan 1 unit Presiden Suit.

M Bahalap Hotel juga memiliki Seruyan Grand Ballroom yang berkapasitas 500 sampai 3.500 orang. Tersedia juga Meeting Room sebanyak 10 dengan kapasitas masing-masing 30 hingga 500 orang.

Buat yang ingin bersantai, hotel ini dilengkapi Kuala Resto yang bisa menampung 300 orang. Fasilitas lainnya adalah Segintung Sky Lounge, gym and spa, kolam renang, shuttle car, area parkir dengan kapasitas 350 kendaraan.
Kalau sudah begini,nggak ada alasan lagi buat nggak segera traveling ke Palangkaraya!

(*/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI