Yuk Cobain Nasi Liwet Nyonya Lady Racikan Tangan Mantan Bankir!

Kamis, 14 Oktober 2021 12:22 Penulis: Iwan Tantomi
Yuk Cobain Nasi Liwet Nyonya Lady Racikan Tangan Mantan Bankir!
Credit via Shutterstock.com

Kapanlagi Plus - Katanya, di mana ada kemauan di situ ada jalan. Seperti yang dijalani oleh Andi Jasmin Lady. Perempuan yang disapa Lady ini beralih profesi yang sangat bertolak belakang, dari seorang bankir menjadi pebisnis kuliner.

Saat berbincang dengan ManisdanSedap.com, Lady menceritakan awal mula dia memulai bisnis catering Liwet Nyonya Lady. Seru dan pasti mengingatkan akan tantangan yang dihadapi para pemula di dunia memasak.

Yup, Rasanya Nggak Bakat Masak Deh

Credit: Manis dan Sedap/Liwet Nyonya LadyCredit: Manis dan Sedap/Liwet Nyonya Lady

Liwet Nyonya Lady muncul karena tidak sengaja. Dia mengatakan tidak pernah tebersit bahwa akan memiliki usaha kuliner, terlebih dirinya merasa tak memiliki skill masak memasak.

"Tahun 2017, suami saya mau saya berhenti bekerja, dari situlah awal mula saya coba untuk memasak," kenang Lady yang pernah berkarir di salah satu bank swasta di Jakarta.

Tentu saja, sebagai orang yang awam dengan dunia memasak, kegagalan demi kegagalan dia alami. Namun dia mengaku tak boleh menyerah. Apalagi dia memiliki prinsip bahwa memasak bukan sekadar membuat makanan bisa dimakan, melainkan harus memiliki rasa yang sempurna.

"Suatu waktu saya ingin mencoba memasak nasi liwet Sunda dan cumi balado. Dengan penuh keyakinan saya mulai memasak. Tidak sengaja teman-teman sekolah saya dulu pas berkunjung ke rumah terus mencicipi. Ternyata mereka bilang masakan saya sangat enak dan mereka menyarankan saya untuk membuka usaha kuliner," ceritanya.

Teman Jadi Support System

Credit: Manis dan Sedap/Liwet Nyonya LadyCredit: Manis dan Sedap/Liwet Nyonya Lady

Walau sudah mendapatkan pujian bahwa makanannya enak, rasa kurang percaya diri tetap dia rasakan. Dia masih kurang percaya diri dan kurang yakin apakah memang benar rasa masakannya layak untuk dijual. Tapi rupanya teman-teman Lady terus memberikan support sampai akhirya dia yakin untuk memulai.

"Dari mulai pembuatan menu-menu masakan yang akan dijual sampai pembuatan situs jualan. Mereka sangat mensupport saya," katanya yang mendapatkan skill memasak secara otodidak.

Saat memulai, semua urusan dia lakukan sendiri. Mulai urusan administrasi hingga dapur, Lady kerjakan sendiri. Sampai-sampai dirinya sempat keteteran dan berimbas pada waktu pengantaran.

Alhasil, kesalahan itu membuat konsumen kecewa. Menurutnya, kata-kata bernada keras juga pernah dia dapatkan karena hal itu.

"Saya pun memberanikan diri mencari karyawan untuk membantu. Dibantu juga oleh suami saya. Kami saling mensupport agar usaha catering saya semakin sukses," lanjutnya.

Hadirkan Menu Tradisional dengan Rasa Otentik

Credit: Manis dan Sedap/Liwet Nyonya LadyCredit: Manis dan Sedap/Liwet Nyonya Lady

Pelan tapi pasti, usahanya terus bertumbuh. Ini juga karena kualitas makanan yang dihadirkan Liwet Nyonya Lady punya citarasa sulit untuk ditolak. Lady mengaku bahwa sengaja memilih maskaan tradisional khas Indonesia untuk menu-menunya.

"Saya ingin masakan Indonesia lebih dikenal oleh masyarakat luas. Tentu saja dengna citarasa yang berkualitas. Selain itu keunikan masakan saya adalah rasa yang otentik," katanya.

Rasa otentik ini tak sekadar ingin memanjakan lidah konsumennya. Tapi juga untuk mempermudah konsumen mendapatkan menu khas daerah-daerah tertentu secara lebih mudah. Contohnya, menu-menu favorit seperti Empal Gentong Cirebon, Daging Bumbu Lapis khas Jawa Timur, atau Nasi Liwet Sunda.

"Untuk mendapatkan rasa yang sangat khas kan harus pergi dulu jauh ke tempatnya. Di Liwet Nyonya Lady, nggak cuma bisa membuat sama persis, tapi rasa enaknya bahkan bisa mengalahkan dari daerah asalnya," jelasnya.

Rahasia Kelezatan Nasi Liwet Nyonya Lady

Credit: Manis dan Sedap/Liwet Nyonya LadyCredit: Manis dan Sedap/Liwet Nyonya Lady

Liwet Sunda salah satu yang jadi andalannya, dibuat menggunakan lebih banyak rempah-rempah yang membuatnya kian sedap. Ada juga racikan bumbu rahasia yang membuat Liwet Sunda Nyonya Lady berbeda dengan liwet-liwet yang sering ditemui.

"Yang paling penting dari masakan Indonesia itu kaya rempah, artinya proses pemasakannya harus pakai bumbu rempah pilihan yang berkualitas. Selain itu melalui proses memasak yang berbeda sehingga menghasilkan masakan tradisional menjadi masakan yang bercitarasa tinggi," kata Lady.

Siapkan Menu Baru, Yuk PO Lewat ManisdanSedap.com!

Lady juga berencana akan menambah varian menu Liwet Nyonya Lady. Setelah beberapa masakan padang, dia akan menambahkan Soto Kudus ke dalam menunya. Sekilas, Soto Kudus memang mirip dengan Soto Lamongan, dengan isian suwiran ayam dan taoge. Tapi terkadang Soto Kudus menggunakan daging kerbau. Kuahnya juga lebih bening. Cara penyajiannya juga unik, menggunakan mangkuk kecil untuk setiap porsinya.

Menu-menu nusantara dengan citarasa otentik ini bisa dipesan melalui ManisdanSedap.com. Sampai saat ini, menu-menunya bisa dikirim ke wilayah di Jabodetabek. Namun, Lady berencana akan mengirim menu-menu lezatnya sampai ke luar kota.

"Selain menambah menu masakan lebih banyak lagi, kami ingin bisa menjangkau pengantaran masakan kami sampai keluar kota. Kami juga ingin bisa melayani pemesanan masakan untuk catering pernikahan," tutupnya.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(*Dini Arining Tyas)

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI