Yuk Daftar Kapanlagi Buka Bareng dan Belajar Masak Makanan Sehat Langsung dari Resep Andalan Chef Vania Wibisono!

Sabtu, 16 Mei 2020 08:22 Penulis: Puput Saputro
Yuk Daftar Kapanlagi Buka Bareng dan Belajar Masak Makanan Sehat Langsung dari Resep Andalan Chef Vania Wibisono!
Chef Vania Wibisono dan event Kapanlagi Buka Bareng (Credit: instagram.com/vaniawibisono); KapanLagi Youniverse


Kapanlagi Plus - Kapanlagi Youniverse bikin sebuah event yang bakal membuat bulan Ramadhan kalian tahun ini jadi lebih berkesan. Event bernama Kapanlagi Buka Bareng ini akan diadakan setiap Sabtu selama bulan Ramadhan. Bisa diikuti 100 peserta secara online, acara ini akan penuh keseruan mulai dari live performance musik dari penyanyi/band ternama, demo masak bareng selebriti chef, hingga meet and greet online dan buka puasa bareng artis.

Kapanlagi Buka Bareng edisi keempat akan digelar Sabtu 16 Mei 2020. Tentunya, edisi keempat tidak akan kalah seru dengan tiga edisi sebelumnya. Menghadirkan sejumlah selebriti dan performer, seperti Pandji Pragiwaksono, Tasya Farasya, HIVI! dan REALITY CLUB. Kapanlagi Buka Bareng edisi keempat ini akan sayang banget kalau dilewatkan.

Terus gimana cara ikutan Kapanlagi Buka Bareng? Mudah kok, kalian tinggal daftar dulu di sini dan isi data diri. Semuanya GRATIS. Baca juga panduan lengkap di sini.

Tidak hanya itu, Kapanlagi Buka Bareng edisi keempat juga akan semakin lengkap dengan kehadiran Chef Vania Wibisono. Selebriti chef berparas cantik yang juga merupakan juri acara COOKING MASTER ini akan membagikan resep yang pas untuk buka puasa lewat demo masak. Kapan lagi coba bisa melihat selebriti chef lulusan Culinary Art dari Institute of Santa Monica ini beraksi dengan cuma-cuma?

Apalagi selama ini, Chef Vania dikenal sebagai salah satu selebriti chef yang mengkampanyekan menu makanan sehat. Pasti bikin kalian penasaran, kira-kira resep makanan sehat seperti apa yang akan dibagi oleh Chef Vania. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan daftar, lalu siapkan buku catatan dan pulpen untuk mencatat resep dari Chef Vania.

Sebelum praktik resep dari Chef Vania, sebagai pemanasan kalian bisa mencoba beberapa variasi resep bubur manis khas Indonesia di bawah ini. Jadi kalian bisa menyimak demo masak Chef Vania di Kapanlagi Buka Bareng sambil ngemil takjil. Mantap bukan? Tunggu apalagi, ayo segera daftarkan diri kalian!

1. Bubur Sumsum

Bubur manis cocok dijadikan takjil yang pertama adalah bubur sumsum. Bubur sumsum punya tekstur lembut dengan kuah gula cairan merah yang manis. Cara pembuatannya yang mudah juga menambah alasan mengapa bubur sumsum cocok untuk sajian takjil kalian nanti maghrib. Berikut resep membuat bubur sumsum.

Bahan-bahan:

- 200 gr tepung beras

- 1 liter santan

- 1/2 sdm garam

- 2 lembar daun salam

Bahan juruh (kuah gula merah):

- 400 ml air

- 250 gr gula jawa (sisir halus)

- 1 lembar daun pandan (buat tali simpul)

- 5 sdm gula pasir

Cara pembuatan:

1) Pertama buat juruh atau kuah gula merah. Caranya campurkan air, gula merah (yang sudah disisir), gula pasir, dan daun pandan (yang sudah ditali simpul), lalu rebus sampai matang.

2) Setelah juruh matang, sisihkan agar mendingin sendiri.

3) Selanjutnya buat bubur. Caranya campurkan tepung beras, santan, dan garam. Lalu, aduk sampai rata.

4) Setelah rata dan membentuk adonan bubur yang encer, tambahkan 2 lembar daun salam.

5) Masak adonan bubur yang masih encer di panci dengan api kecil. Aduk terus sampai mengental dan muncul letupan-letupan seperti gelembung.

6) Setelah matang bubur sumsum siap disajikan. Sajikan dengan cara menyiramkan kuah gula merah atau juruh ke atas bubur.

2. Bubur Mutiara

Sesuai dengan namanya, bubur mutiara terbuat dari olahan tepung sagu berbentuk mirip mutiara. Dengan tekstur yang kenyal, mutiara sangat cocok disajikan dengan santan yang gurih. Berikut resep membuat bubur mutiara.

Bahan-bahan:

- 1 bungkus mutiara

- 600 ml Santan

- 1 lembar daun pandan (dibuat tali simpul)

- Gula putih secukupnya

- Garam secukupnya

Cara pembuatan:

1) Rebus air sampai mendidih.

2) Setelah air mendidih, masukkan mutiara. Masak mutiara sampai mengembang dan benar-benar matang.

3) Saat merebus mutiara kalian juga bisa mengecek terksturnya, pastikan teksturnya tidak sampai terlalu lembek tidak pula masih keras.

4) Tambahkan gula secukupnya.

5) Rebus santan dan tambahkan setengah gelas air, garam secukupnya, serta daun pandan yang sudah ditali simpul. Masak hingga matang.

6) Setelah semua matang, bubur mutiara bisa disajikan dengan cara mencampurkan mutiara dan santan. Bubur mutiara lebih nikmat disantap dalam keadaan dingin.

3. Bubur Kacang Hijau

Hampir setiap orang pasti pernah memakan bubur yang satu ini. Bubur kacang hijau memang sangat begitu populer. Sebab, selain enak bubur ini juga punya banyak kandungan gizi yang menyehatkan. Berikut resep membuat bubur kacang hijau.

Bahan-bahan:

- 200 gram Kacang Hijau

- 1000 ml air

- 200 ml Santan

- 100 gram gula pasir

- 2 ruas jari jahe (digeprek)

Cara pembuatan:

1) Cuci bersih kacang hijau, pisahkan dan buang bagian kotoran yang mengapung.

2) Rebus kacang hijau hingga lunak.

3) Setelah tekstur kacang hijau melunak, masukkan jahe, gula pasir, dan santan.

4) Lakukan koreksi rasa, lalu lanjutkan memasak sampai mendidih atau matang.

5) Setelah mendidih atau matang bubur kacang hijau siap disajikan. Uniknya bubur kacang hijau bisa dinikmati dalam keadaan hangat ataupun dingin. Jadi bisa sesuai selera masing-masing.

4. Bubur Candil

Bubur candil atau di sebagian daerah menyebutnya dengan nama bubur biji salak. Punya rasa manis, gurih, dan tekstur kenyal, sajian bubur candil dijamin cocok untuk takjil berbuka. Berikut resep bubur membuat candil.

Bahan-bahan:

- 2 buah ubi (sebaiknya pakai ubi kuning)

- 250 gr gula merah

- 200 gr tepung tapioka

- 4 lembar daun pandan

- 1 santan kara kecil

- Garam secukupnya

- Air 500 ml

- Tepung maizena secukupnya (cukup dicairkan untuk mengentalkan)

- Gula pasir secukupnya

Cara pembuatan:

1) Kupas ubi, lalu bersihkan sampai bersih. Jika sudah, kukus ubi sampai empuk.

2) Tumbuk sampai hancur.

3) Tambahkan 200 gr tapioka dalam ubi yang sudah hancur, lalu uleni sampai kalis, kemudian buat bentuk bola-bola mirip bakso.

4) Masak air hingga mendidih. Jika sudah mendidih, masukkan bola-bola ubi.
5) Masak bola-bola ubi hingga mengapung. Jika sudah mengapung, angkat lalu sisihkan.

6) Rebus 500ml air, gula merah, gula pasir, dan 2 lembar pandan yang sudah ditali simpul. Masak sampai gula merah larut dan semua bercampur dengan sempurna.

7) Tambahkan maizena yang sudah dicairkan agar didapat kuah yang encer tapi agak kental. Aduk terus sampai matang.

8) Setelah candil matang, sekarang saatnya memasak santan untuk kuah tambahan.

9) Rebus air 200ml, santan, garam secukupnya, dan 2 lembar pandan. Masak dengan api kecil. Masak sampai matang.

10) Jika semua sudah matang, bubur candil siap disajikan. Caranya cukup dengan menuangkan candil dan kuahnya ke dalam mangkok, lalu tambahkan santan yang sudah dimasak secukupnya.

Nah itulah di antaranya 4 resep bubur manis yang bisa kalian coba untuk takjil buka puasa. Nah selain 4 resep di atas, kalian juga akan mendapatkan resep menarik langsung dari Chef Vania Wibisono di event Kapanlagi Buka Bareng. Siapa tahu kan setelah event ini, kalian juga bisa jago masak seperti Chef Vania. Tapi sebelumnya, jangan lupa daftar dan sampai bertemu di Kapanlagi Buka Bareng!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI