Yuk Daftar Kapanlagi Buka Bareng dan Wujudkan Mimpimu Memasak Resep Menu Buka Puasa Bareng Chef Farah Quinn!

Kamis, 30 April 2020 19:33 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Yuk Daftar Kapanlagi Buka Bareng dan Wujudkan Mimpimu Memasak Resep Menu Buka Puasa Bareng Chef Farah Quinn!
Farah Quinn (credit: instagram.com/farahquinnofficial); KapanLagi Youniverse


Kapanlagi Plus - Sebuah event dibuat Kapanlagi Youniverse untuk memeriahkan puasa Ramadhan kalian tahun ini. Ya, bernama Kapanlagi Buka Bareng yang bisa dilakukan secara online bersama 100 orang. Banyak acara seru yang tersaji dengan menghadirkan live performance musik dari penyanyi/band ternama, demo masak bareng selebriti chef, hingga meet and greet online dan buka puasa bareng artis.

Kapanlagi Buka Bareng edisi kedua ini bakal digelar pada 2 Mei mendatang. Tentu saja, acara ini membuat akhir pekanmu lebih mengasyikan, apalagi bisa menemani waktu ngabuburit sampai buka puasa tiba. Jadi, meskipun kalian di rumah aja, tetap bisa lakukan aktivitas seru.

Terus gimana cara ikutan Kapanlagi Buka Bareng? Mudah kok, kalian tinggal daftar dulu di sini dan isi data diri. Semuanya GRATIS. Baca juga panduan lengkap di sini.

Sebelumnya, Kapanlagi Buka Bareng yang pertama telah sukses digelar pada Sabtu (25/4). Para selebriti yang turut memeriahkan kala itu seperti, Endah N Rhesa, Rendy Pandugo, Nicky Tirta, Luna Maya, serta Revalina S Temat.

Nah, untuk edisi yang kedua tanggal 2 Mei nanti, selebriti chefnya juga tak kalah keren. Kapanlagi Youniverse akan menghadirkan Chef Farah Quinn. Tentu kalian tak asing lagi dengan chef cantik satu ini.

Farah Quinn memang jadi salah satu selebriti chef populer di Indonesia. Ia mulai dikenal saat bawakan program masak Ala Chef di salah satu stasiun swasta tahun 2008. Berbagai masakannya pun tak perlu diragukan lagi, mulai dari membuat kue hingga berbagai masakan Indonesia, Chef Farah Quinn jagonya.

Jadi sebelum mimpi kalian masak bareng Farah Quinn terwujud di Sabtu depan lewat Kapanlagi Buka Bareng, nggak ada salahnya lho kalau kamu mencoba berbagai olahan pisang satu ini. Ya, olahan pisang yang cocok jadi menu takjil buka puasa. Yuk dicoba, siapa tahu kamu bisa sejago Farah Quinn setelah Ramadhan berakhir!

 

 

1. Es Pisang Ijo

Banyak orang yang bingung ingin membuat takjil apa setiap harinya untuk menu buka puasa. Apalagi ingin rasanya jika takjil selalu berbeda tiap hari. Namun tak perlu khawatir, karena resep takjil satu ini bisa jadi referensimu.

Cara membuat takjil yang mudah dan praktis bisa kalian coba dengan menggunakan bahan dasar pisang. Olahan pisang ini pun banyak ragamnya. Ingin yang segar-segar, kalian bisa membuat es pisang ijo. Seperti inilah cara membuat pisang ijo yang dilansir dari cookpad.

Bahan:
- 3 buah pisang tanduk
- Sirup DHT / Sirup Pisang Ambon
- Es batu
- Daun Pisang

Bahan kulit:
- 50 gr tepung terigu
- 50 gr tepung beras
- 300 ml santan
- Perwarna makanan hijau/pasta pandan/pandan water
- 1 sdm gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm margarin

Bahan fla:
- 30 gr Tepung Terigu
- 500 ml santan
- 1 sdt garam (sesuai Selera)
- Daun pandan

Cara membuat:

- Kukus pisang 15- 20 menit, kupas. Sisihkan.

- Campur semua bahan kulit ke dalam panci. Masak dengan api kecil hingga semua tercampur rata, matang dan kalis. Angkat. Buang uap panasnya.

- Masukkan margarin ke dalam adonan. Campur rata hingga panasnya hilang/berkurang/suam kuku.

- Panaskan kukusan kembali. Beri daun pandan didalam airnya (aromatik/optional).

- Bagi adonan menjadi 3-4 bagian. Ratakan masing-masing bagian di atas plastik/placement sheet.

- Taruh pisang kukus di tengahnya. Bungkus rapi hingga seluruh bagian pisang tertutupi.

- Masukkan adonan ke dalam kukusan, beri alas daun pisang. Kukus 15-20 menit. Angkat, sisihkan, biarkan dingin.

- Membuat fla, campur semua bahan ke dalam panci, masak hingga mengkilap dan matang. Note: kekentalan dan tekstur fla dapat disesuaikan selera, boleh agak gummy atau sedikit encer bisa.

- Setelah semua siap, sajikan bersama es batu dan sirup DHT/sirup pisang ambon.

2. Pisang Goreng

Salah satu olahan pisang yang praktis dan gampang dibuat, apalagi kalau bukan pisang goreng. Banyak yang menyukai jajanan satu ini. Cara membuat pisang goreng juga terbilang sederhana.

Bahan:
- 5 buah pisang kepok
- 5 sdm (50 gr) tepung beras
- 4 sdm (30 gr) tepung maizena
- 80 ml air
- 1 butir kuning telur
- 1/2 sdt margarin
- 1 sdm gula pasir

Cara membuat:

- Campur semua bahan adonan sampai rata.

- Bagi pisang menjadi 2 atau penyet pisang, sesuai selera.

- Panaskan minyak dengan api sedang. Pastikan minyak benar-benar panas sebelum menggoreng pisang (tanda minyak panas ketika dicoba dituangi sedikit adonan, maka adonan akan ke atas). Goreng pisang dan kucuri lagi dengan 2 sdm adonan tepung. Selalu rekatkan adonan yang di sekitar pisang agar menempel sempurna. Jangan tunggu sampai adonan kering karena nanti tidak bisa menempel kalau sudah kering.

- Tunggu sampai bewarna kecoklatan, angkat dan sajikan selagi hangat. Cocok untuk teman santai sore dengan teh hangat.

3. Kolak Pisang

Kolak pisang juga cocok dimakan waktu berbuka puasa. Rasa segar dari kolak pisang itu pun rasanya bisa meredakan dahaga. Inilah cara membuat kolak pisang yang dapat juga dicampur dengan singkong.

Bahan:
- 1/2 kg singkong
- 1/4 kg kolang kaling
- 1-1,5 liter santan dari 1 kelapa
- 400 gr gula aren/gula merah
- 6 lembar daun pandan
- Air
- Sedikit garam

Cara membuat:

- Kupas singkong dan pisang. Potong sesuai selera.

- Potong kolang kaling.

- Rebus air secukupnya (saya 2 liter). Masukkan daun pandan dan singkong. Sampai singkong lunak.

- Masukkan pisang, gula aren/merah dan kolang-kaling dan sedikit garam. aduk rata hingga pisang, singkong berwarna kecokelatan. Aduk pelan-pelan.

- Tuang santan aduk-aduk terus hingga mendidih, santan jangan sampai pecah, masak hingga matang, koreksi rasa manisnya. Dan siap disajikan.

4. Pisang Coklat Keju

Pisang coklat keju atau orang menyebutnya dengan piscok juga salah satu olahan pisang yang digemari. Sudah enak, cara membuat pisang coklat keju ini pun tidak ribet.

Bahan:
- 5 buah pisang raja ukuran sedang, potong 2 bagian
- 10 lembar kulit lumpia
- 10 potong keju cheddar, potong panjang sesuai selera
- Meises secukupnya
- 1 sdm tepung terigu
- Air matang secukupnya
- Minyak goreng

Cara membuat:

- Larutkan terigu ke dalam air matang, sisihkan.

- Ambil 1 lembar kulit lumpia, tata potongan pisang, keju, dan meises.

- Lipat seperti amplop, kemudian gulung, ujung gulungan kita lem menggunakan larutan tepung terigu tadi. Lakukan sampai potongan pisang habis.

- Kemudian goreng dengan api sedang, sampai kecoklatan.

- Piscok keju siap dihidangkan.

Seperti itulah 4 resep cara membuat pisang dengan berbagai olahan. Bagaimana, kalian tertarik membuatnya? Jika kalian ingin melihat langsung cara membuat makanan langsung dari chef handal, langsung aja ikutan Kapanlagi Buka Bareng tanggal 2 Mei besok.

Di event tersebut, kalian bakal melihat demo masak Chef Farah Quinn sambil belajar bareng. Siapa tahu kan kalian bisa sejago Chef Farah Quinn setelah melihat demo masaknya.

 
Jadi ayo ikutan nonton Kapanlagi Buka Bareng edisi kedua ya. Dan jangan lupa catat resep masakan yang dibuat Chef Farah Quinn, biar kalian bisa praktekkan di rumah. Sampai ketemu di tanggal 2 Mei besok.

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI