10 Cara Membersihkan Telinga dengan Cara Alami dan Lebih Aman

Kamis, 05 November 2020 12:11 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Membersihkan Telinga dengan Cara Alami dan Lebih Aman
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Menjaga kebersihan tubuh merupakan hal yang harus dilakukan. Tak hanya membersihkan bagian tubuh yang terlihat saja, bagian tubuh yang berlubang seperti telinga juga harus dibersihkan. Sebab, bagian yang berlubang seringkali menjadi sarang kotoran.

Selama ini, banyak orang yang memanfaatkan cutton bud untuk membersihkan telinga. Padahal, cara ini sangat tidak dianjurkan karena dapat membuat kotoran justru kedorong makin masuk ke dalam. Tak hanya itu, bahkan, menggunakan cutton bud juga menyebabkan gendang telinga pecah jika tidak dilakukan dengan benar.

Di balik kesan menjijikkan, namun rupanya kotoran telinga juga dapat membantu mencegah debu, kotoran, sampo, air, serangga, hingga kuman yang masuk ke telinga. Meski begitu, telinga tetap harus senantiasa selalu dijaga, termasuk dari kotoran yang masuk setiap harinya. Ketika kalian merasa tidak nyaman dengan telinga, mungkin ada sesuatu yang mengganjal di telinga, atau mungkin ada kotoran yang menumpuk di telinga. Oleh karena itu, membersihkan telinga memang tidak boleh sembarangan.

Ada sederet cara membersihkan telinga secara alami dan mudah untuk dilakukan. Apa saja? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

 

1. Baking Soda

Cara membersihkan telinga yang pertama yaitu dengan menggunakan baking soda. Hal ini lantaran baking soda sebagai antiseptik yang juga akan melunakkan kotoran telinga dan mampu mencegah penumpukan kotoran telinga di kemudian hari. Siapkan 1/4 sendok teh baking soda, 2 sendok teh air, dan kain lembut.

Caranya campurkan baking soda dengan air. Tuangkan beberapa tetes ke dalam telinga menggunakan pipet. Biarkan selama beberapa menit. Kemudian miringkan kepala kalian untuk menghilangkan kotoran telinga yang sudah meleleh. Setelah itu kalian bisa membersihkan telinga dengan kain lembut.

 

 

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat juga digunakan sebagai cara membersihkan telinga dengan aman dan mudah. Minyak zaitun juga sangat berguna untuk melunakkan kotoran telinga yang sudah mengeras. Adapun cara menggunakannya adalah dengan cara melumasi telinga menggunakan minyak zaitun tersebut. Kemudian usap dengan lembut telinga menggunakan tisu atau kain berbahan lembut.

 

 

3. Minyak Kelapa

Cara membersihkan telinga selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Sebab minyak kelapa mengandung asam lemak sehingga dapat digunakan membersihkan telinga tanpa menimbulkan efek samping serta mampu melawan mikroba sehingga bisa menurunkan risiko infeksi.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan telinga yaitu dengan memanaskan sedikit minyak kelapa dan gunakan pipet tetes untuk memasukkan beberapa tetes minyak ke dalam telinga. Biarkan selama 5 menit, lalu bersihkan menggunakan kapas pembersih telinga.

 

 

4. Air Garam

Cara sederhana membersihkan kuping bisa kalian manfaatkan dengan menggunakan air garam. Kandungan air garam dipercaya dapat melarutkan kotoran telinga yang mengeras. Sehingga air garam dapat membantu membersihkan kotoran telinga secara alami.

Caranya mudah, campurkan garam satu sendok makan ke dalam air. Rendam kapas pada larutan air garam tersebut dan teteskan sedikit di dalam telinga. Kemudian biarkan beberapa menit air garam dan bersihkan telinga.

 

 

5. Air Hangat

Selain menggunakan air garam, cara membersihkan telinga juga bisa menggunakan air hangat. Selain praktis, cara penggunaan air hangat juga sangat mudah. Caranya, kalian bisa menyiramkan air hangat ke dalam telinga kalian, diamkan beberapa menit. Kemudian miringkan kepala kalian agar kotoran yang sudah meleleh bisa keluar dengan sendirinya.

Menyiramkan air hangat ke dalam telinga mampu melembutkan kotoran telinga yang mengeras dan menghilangkan debu, minyak, dan lain sebagainya. Kalian bisa mengulanginya kembali cara ini karena sangat aman.

 

 

6. Alkohol dan Cuka

Alkohol dan cuka merupakan kedua bahan yang efektif untuk membersihkan kotoran di telinga. Kotoran mengeras yang mengendap di telinga bisa disingkirkan dengan cara ini. Pertama-tama, campurkan cuka dan alkohol dan gunakan kapas untuk membersihkan kotoran telinga. Alkohol berfungsi efektif dalam mengeluarkan gumpalan di telinga, sedangkan cuka memiliki sifat astringen dan mampu melawan infeksi mikroba.

 

 

7. Minyak Bawang Putih

Minyak bawang putih menjadi salah satu cara membersihkan telinga yang begitu efektif. Hal ini lantaran minyak bawang putih mengandung antibiotik yang mampu membantu membersihkan telinga dari kotoran yang menumpuk.

Cara menggunakannya, siapkan 3 siung bawang putih dan panaskan dengan minyak hingga sedikit menghitam. Setelah bawang putih sudah meresap minyak, remas secara perlahan agar minyak dalam bawang menetes keluar. Lalu, teteskan hasil minyak tersebut ke dalam telinga kalian.

 

 

8. Baby Oil

Selanjutnya, cara membersihkan telinga kalian bisa memanfaatkan baby oil. Bahan ini dinilai dapat digunakan untuk membersihkan kulit mati yang menempel pada daun telinga. Baby oil juga memiliki sifat lembut ini membersihkan daun telinga yang kasar dan keras. Jika dihilangkan tanpa bantuan baby oil, tentu saja akan menimbulkan sakit dan perih akibat lecet.

 

 

9. Minyak Almond

Selanjutnya, cara membersihkan telinga yaitu dengan minyak almond. Hal ini lantaran minyak almond dapat berfungsi sebagai pelumas sehingga mampu membersihkan kotoran. Cara menggunakannya, kalian cukup memanaskan secukupnya minyak almond. Setelah itu, masukkan minyak almond ke dalam pipet untuk diteteskan ke dalam telinga. Kalian bisa langsung memiringkan kepala agar kotoran bisa keluar dari dalam telinga dengan sendirinya.

 

 

10. Minyak Apel

Terakhir, cara membersihkan telinga bisa menggunakan minyak apel. Sifat antibakteri dan antijamur dalam minyak apel bisa digunakan untuk mengatasi mikroba berbahaya yang mungkin berada di saluran telinga kalian. Keasaman dalam minyak apel juga mampu melarutkan kotoran telinga. Cara menggunakannya, campurkan minyak apel dengan air, kemudian teteskan pada telinga dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, miringkan kepala kalian agar kotoran bisa keluar dengan sendirinya.

Itulah sederet cara membersihkan telinga dengan cara alami, mudah dan tidak menyakitkan. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI