Cara Membersihkan Telinga dengan Benar, Jangan Asal Korek

Sabtu, 11 April 2020 11:22 Penulis: Puput Saputro
Cara Membersihkan Telinga dengan Benar, Jangan Asal Korek
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Telinga menjadi salah satu bagian panca indera yang vital. Tanpa telinga yang baik kita tidak akan bisa mendengarkan suara dengan jernih. Oleh sebab itu, kesehatan telinga harus dijaga. Menjaga kesehatan telinga bisa dilakukan dengan cara membersihkan telinga yang benar.

Tapi, mengingat telinga adalah bagian tubuh yang termasuk vital, maka cara membersihkan telinga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Telinga terdiri atas beberapa bagian, harus dibersihkan secara khusus, teliti, dan hati-hati.

Jadi, asal mengorek-korek telinga jika ingin membersihkannya. Kalian bisa mengikuti beberapa cara membersihkan telinga dengan benar berikut ini.

 

1. Mengenal Bagian-Bagian Telinga

Sebelum tahu cara membersihkan telinga dengan benar, ada baiknya kalian mengetahui bagian-bagian dari telinga terlebih dahulu. Secara umum, telinga terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Bagian ini mempunyai fungsi masing-masing.

Bagian telinga luar adalah bagian telinga yang bisa kita lihat. Bagian ini meliputi keseluruhan daun telinga hingga lorong telinga. Bagian luar berfungsi untuk menangkap gelombang suara.

Bagian telinga tengah meliputi gendang telinga dan tiga tulang pendengaran, yaitu tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi. Bagian ini berfungsi mengumpulkan getaran suara dari bagian telinga luar.

Bagian telinga dalam, meliputi rumah siput. Bagian telinga dalam ini berfungsi untuk meneruskan gelombang suara yang ditangkap telinga ke otak.

Yang perlu kalian tahu, telinga khususnya bagian gendang telinga merupakan bagian yang sensitif. Oleh karena itulah kita hanya bisa membersihkan telinga bagian luar saja. Tidak diperkenankan membersihkan sampai bagian telinga dalam. Karena akan sangat berisiko.

2. Jangan Menggunakan Cotton Bud atau Alat Lainnya

Meski umum dilakukan, ternyata menggunakan cotton bud sebagai alat cara membersihkan telinga tidak benar. Tidak hanya cotton bud, sebaiknya hindari juga membersihkan tangan dengan benda atau alat lainnya, seperti bulu ayam atau bahkan jari tangan, meskipun sudah dicuci bersih.

Hal ini karena, penggunaan alat-alat tersebut justru bisa membuat bagian telinga yang dibersihkan mengalami luka, bahkan bisa berujung pada terjadinya infeksi. Lebih parahnya lagi, jika kebablasan cotton bud atau alat yang digunakan untuk membersihkan telinga itu bisa berpotensi merobek gendang telinga. Sehingga, akan berakibat fatal.

3. Pakai Cairan Khusus untuk Pembersih Telinga

Cara membersihkan telinga yang benar salah satunya adalah dengan menggunakan obat berupa cairan pembersih khusus. Cairan pembersih khusus ini bisa didapatkan di apotek atau toko obat. Cara kerja cairan pembersih ini adalah dengan meneteskannya ke lubang telinga, diamkan beberapa saat lalu kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya.

Meskipun terdengar mudah, namun tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan cairan pembersih telinga. Di antaranya, kalian harus memastikan tangan kalian bersih. Jadi sebaiknya sebelum meneteskan cairan pembersih tangan, kalian cuci tangan terlebih dahulu.

Gunakan cairan pembersih telinga dengan cara tiduran, miringkan kepala sehingga telinga yang akan di atas menghadap ke atas. Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah kebersihan kemasan botol cairan, jangan menyentuh bibir botol atau ujung pipet, sebab bisa membuat cairan menjadi tidak higienis karena kotoran di tangan kita.

Jangan lupa juga untuk membaca aturan pakai, yang biasa terdapat di kemasan botol cairan. Sebab, ada beberapa merek cairan yang harus diperlakukan khusus, seperti harus digunakan dalam keadaan hangat, dan sebagainya.

4. Pakai Baby Oil

Selama ini baby oil banyak digunakan untuk membersihkan kotoran di wajah. Tapi ternyata produk yang sejatinya dikhususkan untuk bayi ini juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran telinga. Cara penggunaannya pun sama dengan saat menggunakan cairan pembersih telinga. Jadi, relatif mudah dan praktis.

5. Pakai Minyak Zaitun

Minyak Zaitun selama ini dikenal sebagai salah satu minyak nabati yang punya banyak khasiat. Banyak digunakan mulai dari untuk memasak hingga untuk perawatan wajah, ternyata minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai cara membersihkan telinga. Caranya juga tidak jauh berbeda dengan menggunakan cairan pembersih dan baby oil.

Teteskan 3-5 tetes minyak zaitun ke liang telinga, lalu tunggu beberapa saat. Karena berasal dari bahan alami, cara ini tergolong aman untuk dilakukan.

6. Konsultasi ke Dokter THT

Cara membersihkan telinga dengan benar adalah dengan pergi ke dokter THT. Karena ditangani langsung oleh ahli, maka cara ini bisa dibilang adalah cara yang paling aman. Sebenarnya, ada baiknya, kalian memeriksakan telinga ke dokter THT secara rutin. Hal ini tidak hanya demi kebersihan telinga, melainkan juga akan sangat baik untuk kesehatan kalian.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai cara membersihkan telinga dengan benar. Namun, perlu diingat selain menjaga kebersihan kesehatan telinga juga bisa kita jaga salah satunya dengan tidak mendengarkan musik terlalu keras.

(kpl/psp/gen)

Reporter:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI