Kenali, 6 Bagian Tubuh Ini Ternyata Tak Harus Rutin Dibersihkan

Jum'at, 16 Oktober 2020 12:33 Penulis: Nurul Wahida
Kenali, 6 Bagian Tubuh Ini Ternyata Tak Harus Rutin Dibersihkan
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Menjaga kebersihan tubuh menjadi bagian penting dalam perawatan kecantikan yang tak dapat dilewatkan. Sebab selain mendukung penampilan tetap menawan dan segar, kebersihan yang terjaga juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Namun rupanya ada loh sejumlah bagian tubuh yang ternyata tak harus rutin dibersihkan.

Seperti diketahui pada umumnya mandi menjadi rutinitas wajib yang harus dilakukan setiap orang agar tubuh bersih dan bebas dari bakteri serta kuman. Sejumlah bagian tubuh rentan terhadap debu dan kotoran seperti kaki, tangan, rambut, ataupun wajah tentunya tak dapat dilewatkan begitu saja. Sebab dengan menjaga kebersihan tubuh, secara tidak langsung badan akan lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit yang disebabkan oleh bakteri ataupun kuman.

Namun, tak banyak yang tahu ada sejumlah bagian tubuh ternyata tak harus rutin dibersihkan. Sebagian besar diantaranya tidak menyadari membersihkan rutin bagian tubuh tersebut justru dapat berpotensi terhadap gangguan kesehatan tertentu.

Lalu apa saja bagian tubuh yang ternyata tak harus rutin dibersihkan?

Adapun bagian tubuh yang ternyata tak harus rutin dibersihkan terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Tentunya dengan mengetahui bagian tubuh yang tak harus rutin dibersihkan ini bisa menjadi pertimbangan kalian sebelum membersihkannya. Berikut 6 bagian tubuh yang ternyata tak harus rutin dibersihkan.

 

 

1. Telinga

Bagian tubuh yang ternyata tak harus dibersihkan rutin yang pertama adalah telinga. Seperti diketahui tentunya cukup familiar membersihkan telinga perlu kehati-hatian agar tak menyebabkan masalah kesehatan yang muncul. Ada beberapa alat pembersih telinga yang biasanya digunakan untuk mengeluarkan kotoran dalam telinga seperti cotton bud. Namun sayangnya cotton bud termasuk salah satu alat yang dinilai justru bisa menyebabkan masalah jika penggunaan dan tekniknya salah.

Melansir dari liputan6.com, kulit saluran telinga diketahui lebih sensitif dan rentan terhadap iritasi. Untuk itu penggunaan umum cotton bud sebagai pembersih telinga dikhawatirkan dapat menyebabkan masalah pada telinga tersebut terjadi. Untuk menghindari gangguan kesehatan tersebut, konsultasi dengan dokter kesehatan diperlukan sebelum membersihkan saluran telinga.

2. Rambut

Bagian tubuh yang ternyata tak harus dibersihkan rutin selanjutnya adalah rambut. Bagian ini cukup banyak orang tidak menyadari membersihkan rambut secara rutin justru dapat menyebabkan kerusakan. Sebab melansir dari bustle.com, mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan dermatitis pada kulit kepala. Pengaruh sampo yang memiliki sejumlah senyawa kimia bisa menjadi salah satu faktor gangguan tersebut terjadi.

Meski sejauh ini belum diketahui mengenai seberapa sering idealnya membersihkan rambut yang dibuktikan secara ilmiah, namun membersihkannya saat rambut merasa berminyak bisa dilakukan. Selain itu kondisi kulit kepala dan rambut juga perlu diperhatikan untuk mengetahui ideal waktu mencuci rambut.

3. Mata

Bagian tubuh yang ternyata tak harus dibersihkan rutin selanjutnya adalah mata. Seperti diketahui indra penglihatan ini memang memiliki fungsi yang cukup banyak mendukung aktivitas harian. Meski menjaga kebersihan cukup penting, namun membersihkan mata tak harus dilakukan secara rutin. Sebab seperti melansir dari liputan6.com, secara sendirinya kelenjar lakrimal diketahui menghasilkan air mata yang dapat membersihkan serta melindungi mata dari berbagai partikel.

"kelenjar lakrimal menghasilkan air mata yang tidak hanya membantu melumasi mata tetapi juga berfungsi untuk membersihkan dan melindungi mata dari kotoran dan iritasi lainnya," kata Dr. Okeke-Igbokwe seperti melansir dari bustle.com.

4. Hidung

Bagian tubuh yang tak harus dibersihkan rutin lainnya adalah hidung. Sama halnya dengan indra pendengaran, penglihatan, hidung juga tak harus dibersihkan rutin. Meski tidak dapat dipungkiri apabila menjaga kebersihannya perlu dilakukan agar mencegah risiko gangguan kesehatan tertentu.

Akan tetapi seringnya membersihkan hidung justru bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti hidung iritasi hingga mengalami mimisan. Selain itu sebaiknya hindari membersihkan hidung menggunakan tangan, melainkan ada sejumlah produk khusus pembersih hidung yang bisa menjadi pilihan. Namun sebelum menggunakannya konsultasi dengan dokter kesehatan diperlukan untuk mencegah masalah yang timbul.

5. Pusar

Pusar juga menjadi bagian tubuh yang tidak rutin untuk dibersihkan. Sebab kulit pada area pusar diketahui lebih tipis dan sensitif. Sehingga pada bagian tersebut tak harus dibersihkan secara rutin untuk mencegah masalah yang mungkin timbul seperti infeksi atau iritasi. Untuk menjaga kebersihannya, konsultasi dengan dokter diperlukan agar mendapatkan saran tepat terkait kebersihan pusar.

6. Area Kewanitaan

Bagian tubuh yang tak harus rutin dibersihkan selanjutnya adalah kewanitaan. Seperti diketahui bagi setiap perempuan menjaga kebersihan daerah kewanitaan memang perlu dilakukan. Namun sayangnya rutin membersihkan kewanitaan justru bisa mengganggu kesehatan area tersebut. Seperti melansir dari bustle.com, saat membersihkan area kewanitaan menggunakan sabun atau produk pembersih lainnya bisa mempengaruhi keseimbangan bakteri baik pada bagian kewanitaan. Hal tersebut terjadi karena kadar Ph pada produk pembersih bisa berpengaruh terhadap kondisi area kewanitaan.

Nah itulah 6 bagian tubuh ternyata tak harus rutin dibersihkan. Konsultasi dengan dokter kesehatan diperlukan sebelum membersihkan daerah sensitif tersebut untuk mencegah masalah yang mungkin timbul.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI