10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Jeruk Nipis, Lengkap Dengan Tipsnya!

Selasa, 11 Juni 2019 15:49 Penulis: Editor KapanLagi.com
10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Jeruk Nipis, Lengkap Dengan Tipsnya!
Ilustrasi jeruk nipis (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Tanpa kamu sadari banyak hal yang menjadi pemicu perut kamu jadi buncit. Seperti contoh kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga, kebiasaan ngemil dan makan sebelum tidur, dan juga begadang. Artikel kali ini akan membahas tentang cara mengecilkan perut buncit dengan jeruk nipis.Selain khasiatnya untuk kecantikan kulit wajah, jeruk nipis juga memiliki khasiat untuk membantu merampingkan perut. 

Jeruk nipis dipercaya dapat mengatasi perut buncit karena kandungan vitamin C nya yang berkhasiat untuk meluruhkan timbunan lemak di perut. Nggak cuman itu aja, mengonsumsi jeruk nipis juga bisa menambah sistem kekebalan tubuh kamu dan membantu kamu mencapai berat badan yang ideal. Iya, betul sekali karena sistem pencernaan perut kamu akan jadi lebih lancar dan kamu akan jadi tahan lapar karena jeruk nipis adalah buah alami penunda lapar. Langsung aja yuk simak 10 cara mengecilkan perut buncit dengan jeruk nipis berikut ini.

1. Jeruk Nipis dan Air Hangat

Cara mengecilkan perut buncit dengan jeruk nipis yang pertama ini bisa dibilang sangat simpel, karena hanya menggunakan jeruk nipis dengan air hangat saja. Dengan mengonsumsi jeruk nipis dengan air hangat setiap harinya kamu sudah dapat mengurangi kadar lemak di perut kamu. Alhasil, pencernaan perut jadi lancar dan perut kamu jadi ramping deh. Caranya cukup dengan menyiapkan satu gelas air hangat tanpa gula dan dicampur dengan air perasan satu buah jeruk nipis. Simpel banget bukan?

2. Kombinasi Jeruk Nipis dan Teh Hijau

Ilustrasi jeruk nipis dan teh hijau (credit: Shutterstock)Ilustrasi jeruk nipis dan teh hijau (credit: Shutterstock)

Sama-sama memiliki kandungan vitamin C, teh hijau juga merupakan bahan alami yang dapat membantu merampingkan perut. Nah, kali ini cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis dikombinasikan dengan teh hijau. Caranya nggak jauh beda dengan cara pertama. Pertama kamu sedu teh hijau dengan air hangat tanpa gula. Kemudian campur teh dengan air perasan jeruk nipis secukupnya. Tada, minuman sehat pengecil perut buncit siap dikonsumsi. Untuk hasil yang baik minumlah sebanyak dua kali sehari.

3. Kombinasi Jeruk Nipis dan Madu

Ilustrasi jeruk nipis dan madu (credit: Shutterstock)Ilustrasi jeruk nipis dan madu (credit: Shutterstock)

Kombinasi yang tepat antara jeruk nipis dan madu diyakini efektif untuk mengecilkan perut buncit loh. Ini karena madu yang berfungsi membantu membakar lemak di dalam perut sehingga proses pembakaran jadi lebih maksimal. Caranya siapkan satu gelas air hangat. Kemudian tuangkan satu sendok the madu dan air perasan ½ buah jeruk nipis. Eits, tanpa gula ya guys. Apabila kamu rutin mengonsumsi minuman ini di pagi hari, lemak kamu pasti bisa hilang dan tubuh kamu terdetoksifikasi secara otomatis.

4. Kombinasi Jeruk Nipis, Jahe, dan Teh Hijau

Cara mengecilkan perut buncit dengan jeruk nipis selanjutnya adalah dengan mencampurkan jeruk nipis dengan jahe dan teh hijau. Jangan khawatir caranya juga gampang banget kok. Pertama, sedu teh hijau ke dalam secangkir air panas. Setelah itu tuangkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis dan ½ sendok teh jahe bubuk ke dalam teh panas tadi. Kalau perlu tambahkan juga ½ sendok teh maple sirup atau madu untuk racikan minuman yang lebih sempurna. Nah, untuk hasil yang maksimal konsumsi minuman ini sehari dua kali.

5. Kombinasi Jeruk Nipis, Teh dan Serai

Yaps, betul cara mengecilkan perut buncit dengan jeruk nipis kali ini mungkin sedikit aneh karena melibatkan bahan dapur seperti serai. Apa jadinya kalau tiga bahan ini kemudian dicampur untuk membuat racikan teh pengecil perut buncit? Gimanapun rasanya nanti, emang apa sih yang nggak dilakuin demi perut langsing? Langsung aja yuk, caranya kamu potong 3 batang serai jadi 4 bagian, geprek. Iris dua buah jeruk nipis (yang kecil), potong tipis-tipis. Siapkan 5 gelas air untuk direbus dan masukkan serai dan jeruk nipis yang telah dipotong tadi. Terakhir masukkan teh celup. Rebus sampai air menyusut menjadi kurang lebih 2 gelas. Tada, tunggu hingga dingin sebelum mengonsumsi. Nah, untuk hasil yang baik kamu perlu minum di pagi dan malam hari setiap harinya.

6. Kombinasi Jeruk Nipis, Minyak Kayu Putih, dan Kapur Sirih

Berbeda dengan cara mengecilkan perut buncit dengan jeruk nipis sebelum-sebelumnya, kali ini kamu menggunakan racikan ramuan ini untuk dioleskan di perut. Jadi perlu diingat, tidak untuk diminum ya guys. Tenang, caranya juga nggak pakek ribet pastinya. Langkah pertama, campur air perasan jeruk nipis dengan minyak kayu putih. Kemudian aduk dan tambahkan juga kapur sirih. Aduk semua bahan sampai tercampur merata. Nah, baru sekarang kamu bisa oleskan campuran ini ke perut kamu dan tunggu sampai kering. Seperti biasa, lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang memuaskan.

7. Jeruk Nipis, Kapur Sirih, dan Bubuk Cengkeh

Yuhu, cara mengecilkan perut buncit degan jeruk lemon kali ini menyerupai cara pada nomor 6 karena sama-sama berfungsi sebagai salep. Dilansir dari Netmedia.co.id racikan ramuan nya tidak untuk diminum tapi di oleskan sebagai salep pada perut. Pertama kamu siapkan satu sendok air jeruk nipis, kapur sirih, dan cengkeh. Campurkan ketiga bahan tadi ke dalam sebuah wadah. Selanjutnya oleskan ke perut kamu dan tunggu selama 10 sampai 20 menit sampai kering. Efek panas dari salep inilah yang kemudian akan membakar lemak di perut kamu. Agar bisa berhasil, gunakan salep ini dua kali sehari ya.

8. Jeruk Nipis, Madu, dan Cuka Apel

Ilustrasi jeruk nipis, madu, dan cuka apel (credit: Shutterstock)Ilustrasi jeruk nipis, madu, dan cuka apel (credit: Shutterstock)

Selanjutnya adalah minuman kombinasi jeruk nipis, madu, dan cuka apel. Dikutip dari pastiseru.com, kombinasi dari tiga bahan alami ini dipercaya tidak kalah efektif. Selain itu caranya juga praktis dan pastinya higienis karena kamu buat sendiri. Pertama potong jeruk nipis menjadi dua bagian. Kemudian peras air jeruknya dan tuangkan ke dalam satu gelas air putih. Setelah itu masukkan juga 1 sendok teh madu murni disusul dengan 1 sendok teh cuka apel (cuka apel organik). Tada, selesai. Jangan lupa minum setiap sebelum tidur di malam hari. Perlu kamu perhatikan juga bahwa pastikan kondisi perut kamu dalam keadaan sehat. Itu artinya tidak sedang mengalami kondisi tertentu dan gangguan perut apapun seperti maag, kram perut dan hamil. Untuk lebih aman nya konsultasikan ke dokter.

9. Jeruk Nipis, Jahe, Semangka, dan Mint

Selanjutnya dilansir dari hipwee.com kombinasi empat tumbuhan dan buah alami ini sangat cocok untuk mengecilkan perut karena manfaatnya yang dapat menghilangkan kelebihan air dalam tubuh. Cara membuat ramuan yang satu ini sama dengan infuse water. Yuk simak caranya. Pertama iris kecil jeruk nipis, semangka, dan jahe. Lalu siapkan air matang dan masukkan daun mint secukupnya. Kemudian masukkan potongan jeruk nipis, jahe, dan semangka tadi ke dalam air yang telah diberi daun mint. Biarkan selama semalam dan keesokan harinya saring, masukkan ke dalam botol. Nah, terakhir cara mengonsumsi nya adalah minum secara rutin di pagi hari dan berhenti mengonsumsi setelah satu bulan.

10. Jeruk Nipis, Jahe, dan Mentimun

Konon, ramuan yang satu ini akan mencegah kamu dari sembelit sehingga proses pencernaan kamu jadi lancar. Efeknya lemak di perut kamu jadi secara rutin terbuang dan perut jadi semakin ramping. Langsung aja, caranya siapkan 1 buah jeruk nipis dan 1 buah mentimun (iris tipis). Siapkan 1 ½ liter air lalu masukkan potongan jeruk nipis dan mentimun. Setelah itu aduk sampai rata dan diamkan selama satu malam. Keesokan harinya jangan lupa disaring sebelum diminum. Konsumsi minuman ini hanya berlaku selama satu hari.

Tips-tips mengonsumsi jeruk nipis untuk mengecilkan perut buncit

Dilansir dari doktersehat.com, mengonsumsi jeruk nipis untuk mengecilkan perut buncit memang sah-sah saja. Namun akan lebih baik jika kamu juga memperhatikan beberapa hal supaya upaya kamu berhasil dan tanpa adanya resiko yang membahayakan. Pertama, kamu harus pastikan kalau lambung mu dalam keadaan yang baik dan sehat. Karena jika sebaliknya maka lambung kamu akan terganggu disebabkan oleh kandungan asam yang tinggi di dalam jeruk nipis. Kedua, pilihlah jeruk nipis yang siap panen, artinya matang. Ini karena kandungan zat citrus Aurantifolia yang berfungsi untuk meluluhkan lemak ada pada jeruk nipis yang sudah matang. Selanjutnya, tetap jaga pola makan yang sehat dan usahakan tidak mengonsumsi minuman bersoda apalagi beralkohol karena mengonsumsi jeruk nipis akan jadi sia-sia. Nah, terakhir lakukan aktivitas mengonsumsi jeruk nipis seperti di atas secara teratur yaitu dengan jadwal yang tetap dan tidak berubah-ubah, serta dalam takaran yang tidak berlebihan juga tidak kurang.

Nah, itulah tadi beberapa cara mengecilkan perut buncit dengan jeruk nipis yang bisa kalian coba sendiri di rumah. Nggak cuman resep nya aja loh, tapi juga dengan tipsnya sehingga kamu bisa lebih hati-hati dalam mengonsumsi jeruk nipis. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Penulis: Eva Nur Fauziyah

 

 

(kpl/mag/evv)



MORE STORIES




REKOMENDASI