13 Manfaat Semangka untuk Kesehatan yang Kaya Nutrisi - Baik Bagi Pria dan Wanita

Senin, 07 Desember 2020 14:03 Penulis: Nurul Wahida
13 Manfaat Semangka untuk Kesehatan yang Kaya Nutrisi - Baik Bagi Pria dan Wanita
Manfaat semangka (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Segar dan kaya nutrisi menjadikan semangka banyak diminati berbagai kalangan. Terlebih beragam manfaat semangka untuk kesehatan dapat diperoleh dengan konsumsi secara rutin. Mulai dari kulit hingga tubuh bagian dalam, kandungan nutrisi dalam semangka begitu luar biasa bagi kesehatan.

Semangka menjadi salah satu jenis buah yang mengandung banyak nutrisi. Karena kandungan nutrisi tersebutlah semangka menawarkan beragam manfaat bagi kesehatan. Semangka dapat dijadikan sebagai minuman ataupun makanan yang cukup nikmat. Sebut saja seperti jus, pudding, ataupun es buah sajian berbahan dasar semangka begitu menggugah selera.

Rasanya yang sangat segar, manis, dan lembut menjadikan semangka diminati berbagai kalangan. Ada dua jenis semangka yang dikenal luas masyarakat yakni semangka merah dan semangka kuning. Meski begitu keduanya sama-sama mengandung nutrisi yang sehat bagi tubuh.

Menariknya tak hanya daging buahnya saja yang dapat dikonsumsi melainkan kulit semangka rupanya dapat diolah aneka jenis makanan. Biasanya kulit semangka ini diolah jadi resep makanan seperti sayur kulit semangka, tumis kulit semangka, serta bakwan kulit semangka.

Kulit semangka pun juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah sehat dari daging buahnya. Untuk lebih lengkap membahas mengenai manfaat semangka untuk kesehatan sebagai berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Kandungan Nutrisi dan Vitamin Semangka

Sebelum membahas mengenai manfaat semangka untuk kesehatan terlebih dahulu penting diketahui kandungan nutrisi dan vitamin dalam semangka. Ada beragam nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam semangka dengan manfaatnya bagi kesehatan. Melansir dari stylecraze.com beberapa kandungan nutrisi dan vitamin semangka sebagai berikut.

Kandungan nutrisi dan vitamin semangka:

- Energi.

- Karbohidrat.

- Protein.

- Kolesterol.

- Serat.

- Folat.

- Vitamin A.

- Vitamin C.

- Vitamin E.

- Vitamin B6.

- Mineral.

- Potassium.

- Sodium.

Beberapa nutrisi dan vitamin di atas juga mengandung 46 kalori per cangkir dengan kandungan air yang tinggi. Sebab buah semangka terdiri dari hampir 92 persen air dan membuat kalian tetap terhidrasi.

2. Mencegah Dehidrasi

Manfaat semangka untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mencegah dehidrasi. Seperti diketahui dehidrasi merupakan kondisi saat tubuh memiliki cairan yang rendah hingga sebabkan beragam gejala kesehatan. Penyebab dehidrasi dapat terjadi karena beberapa hal seperti akibat penyakit tertentu, efek cuaca, olahraga, keluar keringat berlebihan dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi dehidrasi salah satu cara paling sederhana adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Menariknya semangka ternyata memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi. Melansir dari healhline.com, kandungan air dalam semangka sebanyak 92 persen dapat membantu tubuh mencegah dehidrasi.

3. Mencegah Kanker

Manfaat semangka untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Melansir dari healthline.com, semangka mengandung beberapa nutrisi yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Diantara nutrisi tersebut seperti likopen yang diketahui memiliki efek anti kanker.

Dalam sejumlah penelitian likopen bermanfaat untuk mencegah kanker terutama pada sistem pencernaan. Efek anti kanker dalam likopen tersebut dapat membantu mencegah pertumbuhan kanker termasuk menghambat berkembang biaknya tumor. Senyawa bernama cucurbitacin E pada semangka juga memiliki efek serupa untuk mencegah kanker.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat semangka untuk kesehatan lainnya juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab semangka mengandung beberapa nutrisi dan vitamin yang mampu mencegah penyakit jantung. Melansir dari stycraze.com, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi semangka setiap hari dapat mencegah kolesterol jahat sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

Sebab kolesterol jahat berpotensi menyebabkan masalah pada jantung. Menariknya kandungan semangka dapat menyehatkan jantung. Sedangkan melansir dari healthline.com, bersumber dair penelitian pada obesitas menemukan bahwa manfaat semangka juga baik bagi perempuan pascamenopause untuk mengurangi kekakuan dan ketebalan dinding arteri. Kandungan likopen, citrulline, asam amino, sejumlah vitamin dan mineral pada semangka juga dapat menyehatkan jantung.

5. Mencegah Stres Oksidatif

Manfaat semangka untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mencegah stres oksidatif. Stress oksidatif ini dikaitkan dengan peradangan pada tubuh. Kandungan vitamin dan sejumlah antioksidan pada semangka diketahui dapat membantu menurunkan peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif.

Melansir dari healhtline.com, penelitian yang dilakukan pada 2015 memperlihatkan bahwa menambahkan bubuk semangka untuk makanan diet yang tidak sehat  dilakukan terhadap hewan menunjukkan tingkat rendah terhadap stres oksidatif dan masalah inflamasi. Dalam hal ini senyawa likopen dan vitamin C berperan penting untuk mencegah peradangan karena termasuk antioksidan kuat.

6. Meredakan Nyeri Otot

Manfaat semangka untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat membantu meredakan nyeri otot. Masalah otot pada sebagian orang cukup sering dialami dan menyebabkan beragam masalah kesehatan. Umumnya masalah nyeri otot ini terjadi karena efek tertentu seperti aktivitas berat, cedera, ataupun gangguan kesehatan tertentu.

Namun ternyata selain dengan pengobatan medis, meredakan nyeri otot bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti konsumsi semangka. Sebab semangka mengandung beberapa nutrisi yang bisa membantu meredakan rasa nyeri seperti elektrolit dan asam amino citrulline. Melansir dari stylecraze.com, penelitian yang dilakukan di Iran menunjukkan bahwa citrulline dapat membantu meredakan nyeri otot. Termasuk kandungan dalam semangka juga bisa membuat otot menerima oksigen dan meredakan rasa nyeri.

7. Menyehatkan Mata

Manfaat semangka untuk kesehatan juga baik bagi mata. Sejumlah masalah pada mata seperti degenerasi makula yang biasanya terjadi di usia lanjut dapat dicegah dengan konsumsi semangka. Sebab melansir dari stylecraze.com, likopen pada semangka diketahui bisa membantu mencegah kerusakan oksidatif akibat peradangan termasuk degenerasi makula. Degenerasi makula menyebabkan penderitanya rentan terhadap masalah penglihatan seperti penglihatan kabur ataupun tidak jelas.

8. Menyuburkan Kandungan

Manfaat semangka untuk kesehatan terutama pada wanita diketahui dapat membantu menyuburkan kandungan. Melansir dari bola.com, kandungan asam folat tinggi pada semangka diketahui baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Sebab semangka dapat membantu menyuburkan kandungan dan mencegah terjadinya cacat fisik dan saraf pada bayi.

Membuat segelas jus semangka dengan rasanya yang nikmat bisa menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan manfaat dari semangka. Konsultasi dengan dokter diperlukan untuk mendapat saran yang tepat.

9. Meningkatkan Produksi Sperma

Manfaat semangka untuk kesehatan terutama pada pria juga dapat membantu meningkatkan produksi sperma. Melansir dari bola.com, kandungan vitamin B12 dan asam folat semangka bisa membantu dalam pembentukan materi genetic seperti memperbaiki masalah sperma abnormal, meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan kemampuan gerak sperma.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut konsumsi rutin semangka setiap hari bisa membantu mengatasi beberapa masalah terkait dengan sistem reproduksi termasuk sperma yang berkualitas. Konsultasi dengan dokter diperlukan untuk mendapat saran yang tepat.

10. Baik untuk Kulit

Manfaat semangka untuk kesehatan kulit juga dapat dirasakan karena kandungan nutrisi dan vitamin sehat. Adapun beberapa manfaat semangka tersebut seperti meredakan jerawat, menjaga kelembaban wajah, membersihkan wajah, mengurangi kadar minyak berlebih dan mencegah penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaat semangka menggunakan buah manis dan segar ini sebagai masker dapat menjadi pilihan mudah serta sederhana.

11. Menyehatkan Rambut

Manfaat semangka untuk kesehatan lainnya juga baik bagi rambut. Sebab semangka diketahui mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin C dan protein yang berperan penting bagi kesehatan rambut. Dalam hal ini semangka ternyata bisa membantu rambut tetap kuat dan mencegah masalah kerontokan pada rambut. Semangka juga dapat membantu sebagai bahan alami penumbuh rambut dan melembabkan rambut.

12. Menyehatkan Tulang

Manfaat semangka untuk kesehatan juga baik bagi tulang. Kandungan vitamin C pada semangka inilah yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang tetap terjaga. Melansir dari stylecraze.com, penelitian yang dilakukan di Swiss menunjukkan bahwa likopen dapat membantu mencegah masalah osteoporosis dan patah tulang. Selain itu vitamin A pada semangka juga dikaitkan dengan pertumbuhan tulang.

13. Mengontrol Berat Badan

Manfaat semangka untuk kesehatan juga bisa membantu mengontrol berat badan. Masalah berat badan berlebih atau obesitas dapat diatasi dengan konsumsi semangka yang mengandung nutrisi dan vitamin sehat. Seperti kandungan air pada semangka yang cukup tinggi dapat membuat tubuh terasa lebih kenyang lama. Selain itu tercukupinya kebutuhan cairan dalam tubuh dapat membantu mempercepat metabolisme termasuk pembuangan racun dan lemak. Alhasil dapat membantu mencegah berat badan berlebih.

14. Memperkuat Imunitas

Manfaat semangka juga bisa memperkuat sistem imunitas tubuh. Seperti diketahui imunitas yang kuat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh tetap terjaga. Dalam hal ini tubuh akan lebih kuat mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan tertentu. Melansir dari stylecraze.com, kandungan vitamin C, A, B6 dan antioksidan lainnya berperan penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Nah itulah 13 manfaat semangka untuk kesehatan  yang kaya nutrisi, baik bagi pria dan wanita. Konsultasi dengan dokter dapat dipertimbangkan sebelum konsumsi semangka agar sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI