10 Cara Menghilangkan Kutil di Tubuh Secara Alami, Mudah Dilakukan - Nggak Ribet

Rabu, 28 Oktober 2020 14:22 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Menghilangkan Kutil di Tubuh Secara Alami, Mudah Dilakukan - Nggak Ribet
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kutil salah satu gangguan pada kulit yang menyebabkan rasa percaya diri seseorang bisa menurun. Meski tidak membahayakan, Kutil termasuk sebagai tumor jinak yang disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus), yang menginfeksi lapisan atas kulit. Virus ini biasanya menyebar akibat sentuhan atau penggunaan barang pribadi secara bersamaan. Kutil juga bisa tumbuh dan menyebar dengan jumlah banyak. Selain tak enak dilihat, ketika kutil dipegang terkadang juga terasa sakit.

Penyakit kulit ini ditandai dengan munculnya benjolan atau menebalnya lapisan kulit bagian luar dengan ukuran yang berbeda. Sebagian besar kutil tumbuh pada area tangan, leher, kaki, punggung dan lengan. Sehingga sering terlihat munculnya benjolan dengan ukuran yang bervariasi. Ada banyak cara menghilangkan kutil pada area tubuh, seperti menggunakan pengobatan rumahan yang alami. Sebab, bahan alami cenderung minim efek samping. Nah, nggak ada salahnya jika kalian mencoba cara menghilangkan kutil secara alami berikut ini.

1. Bawang Putih

Bawang putih yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan juga dapat menjadi cara menghilangkan kutil pada area tubuh dengan pengobatan rumahan yang alami. Sifat antivirus dan antibakteri serta rasa panas ketika dioleskan pada kulit dapat membantu menghilangkan kutil secara alami.

Kalian dapat menggunakan bawang putih dengan membuatnya seperti pasta lalu mengoleskan pada area tubuh yang terdapat kutil. Lakukan pengobatan ini secara rutin sampai kutil hilang.

2. Kulit Pisang

Cara menghilangkan kutil secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan kulit pisang. Seperti diketahui, pisang mengandung enzim proteolitik yang dipercaya dapat menghilangkan kutil. Untuk menghilangkan kutil dengan kulit pisang, kalian bisa menggosokkan kulit pisang bagian dalam ke kulit yang tumbuh kutil. Cuci tangan dengan baik setelahnya untuk mencegah kutil menyebar. Lakukan cara ini dua kali setiap harinya.

3. Kulit Jeruk

Tak hanya kulit pisang yang dapat menghilangkan kutil. Ternyata, kulit jeruk selama ini juga memiliki manfaat menghilangkan kutil. Selain bahannya yang mudah ditemukan, cara menghilangkan kutil dengan kulit jeruk terbilang mudah. Kalian cukup dengan menggosokkan kulit jeruk pada kutil selama sekali dalam sehari. Dengan begitu, kutil akan berubah warna menjadi gelap lalu rontok.

4. Perasan Air Lemon

Cara menghilangkan kutil secara alami selanjutnya yaitu bisa dengan menggunakan lemon. Vitamin C pada lemon memang sudah terkenal berguna untuk meningkatkan kekebalan atau imunitas dalam tubuh. Oleh karena itu, vitamin C pada perasan lemon dipercaya dapat melawan virus penyebab kutil. Cara menggunakannya, oleskan air perasan tersebut setiap hari hingga kutil mengecil dan hilang.

5. Nanas

Buah nanas masuk dalam list cara menghilangkan kutil secara alami yang bisa kalian coba. Nanas mengandung enzim bromelain yang berfungsi mencerna protein. Nah, enzim inilah yang dipercaya membantu menghancurkan benjolan kutil pada kulit. Kalian dapat mencobanya dengan cara merendam kutil pada jus nanas atau dapat langsung mengoleskan nanas segar pada kutil.

6. Lidah Buaya

Cara menghilangkan kutil pada area tubuh dengan pengobatan rumahan yang alami bisa kalian lakukan dengan lidah buaya. Sebab, dalam lidah buaya mengandung asam malat yang efektif untuk menghilangkan kutil pada area tubuh. Sama seperti bahan lainnya, kalian juga dapat menggosokkan gel lidah buaya pada area tubuh yang berkutil.

7. Cuka Apel

Selanjutnya, cuka apel bisa kalian coba untuk cara menghilangkan kutil. Sifat asam salisiat pada cuka apel juga berfungsi untuk mengupas kulit yang terinfeksi bahkan mengobati kutil. Cuka juga memiliki sifat antimikroba alami yang dapat membantu melawan virus HPV.

Cara menggunakannya, campur 2 sendok cuka apel dan 1 sendok air putih. Rendam kapas dan letakkan pada bagian tubuh yang tumbuh kutil. Setelah itu, tutup kutil menggunakan perban.

8. Baking Soda

Baking soda memang tidak perlu diragukan lagi dengan segudang manfaat untuk mengatasi masalah kulit, salah satunya menghilangkan kutil. Baking soda memiliki sifat antiseptik yang dapat membunuh virus dan mengurangi peradangan.

Untuk menggunakannya, kalian bisa mencoba dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan sedikit cuka putih atau minyak jarak untuk membuat pasta kental. Oleskan pasta pada kutil dua kali sehari dan tutup dengan perban. Dengan begitu, kutil akan berangsur-angsur menghilang.

 

9. Madu

Cara menghilangkan kutil dengan cara mudah selanjutnya bisa menggunakan bahan alami madu. Pilihlah jenis madu asli bernama madu manuka yang merupakan madu organic dari Selandia Baru. Madu Manuka dianggap sebagai madu medis paling kuat sebab tingkat antibakteri dan antivirus-nya sangat tinggi.

Cara menghilangkan Kutil dengan madu Manuka adalah gosok kutil dengan batu apung secara perlahan. Setelah itu oleskan madu manuka ke permukaan kutil dan kemudian ditutup dengan perban selama semalaman. Ulangi proses tersebut hingga kutil hilang.

10. Tea Tree Oil

Sifat antivirus dan antiseptik pada tea tree oil ini dipercaya ampuh untuk mengatasi virus penyebab kutil. Cara mengobati kutil dengan tea tree oil pun sangat simpel dan mudah. Pertama-tama cuci tangan dan daerah sekitar kutil hingga bersih. Selanjutnya, kalian langsung oleskan tea tree oil pada kutil. Setelahnya, tutup dengan perban dan biarkan selama 8 jam atau semalaman. Keesokan harinya, lepas perban dan bersihkan area tersebut. Supaya kutil segera hilang, kalian bisa mengulangi cara di atas selama 1-4 minggu.

Itulah sederet cara menghilangkan kutil secara alami di tubuh. Jika kutil tak kunjung sembuh menggunakan cara alami, kalian bisa konsultasi ke tenaga medis supaya kutil dapat teratasi dengan baik. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI