10 Cara Mencegah Corona Covid-19 Saat Berada di Transportasi Umum

Selasa, 24 Maret 2020 19:55 Penulis: Nurul Wahida
10 Cara Mencegah Corona Covid-19 Saat Berada di Transportasi Umum
Ilustrasi penggunaan transportasi umum (credit : pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Sampai saat ini langkah mencegah virus Novel Corona (Covid-19) masih terus dilakukan. Sehingga banyak orang tidak dapat keluar rumah dan berpergian. Salah satu langkah pencegahan dengan membatasi transportasi umum bahkan melarang perjalanan ke wilayah tertentu.

Jika kalian menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, dan pesawat kalian harus memiliki perlindungan diri agar tidak tertular Covid-19. Dilansir dari scmp.com terdapat 10 cara mencegah Covid-19 saat berada di transportasi umum.

 

1. Bawa Obat-Obatan Pribadi

Saat berpergian dengan waktu tempuh yang lama, kamu harus membawa dan menyiapkan obat-obatan pribadi. Beberapa orang memiliki penyakit tertentu yang harus siap sedia obat. Sehingga menyiapkan obat pribadi bisa menjadi cara agar kalian bisa terhindar dari penyakit saat menggunakan transportasi umum.

Menurut Dr.Scott Weisenberg, Direktur obat-obatan di pusat kesehatan Langone University New York, beberapa tujuan tertentu memerlukan vaksin untuk mempertahankan tubuh dalam kondisi yang baik. Melakukan vaksinasi sebelum ke tempat yang rentan terhadap penyakit bisa mencegah masuknya virus termasuk covid-19.

2. Siapkan Hand Sanitizer

Kondisi saat ini membuat setiap orang memperhatikan kebersihan tangan. Ketika kalian berada di transportasi umum, membawa hand sanitizer dalam tas adalah cara mencegah virus Covid-19. Usahakan hand sanitizer berukuran kecil agar lebih mudah dibawa saat perjalanan.

Hand sanitizer dapat kalian semprotkan ketika menyentuh benda-benda yang berpeluang bisa menularkan virus Covid-19. Kalian juga bisa menyemprotkan hand sanitizer ketika melepaskan masker. Biasanya kuman akan menempel pada permukaan masker yang telah digunakan. Untuk itu menjaga diri dengan menyemprotkan hand sanitizer ini bisa mencegah virus Covid-19 di transportasi umum.

3. Cuci Tangan Saat Sampai Tujuan

Ketika kalian sudah tiba di lokasi tujuan, usahakan untuk segera mencuci tangan menggunakan sabun dan air. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air lebih efektif dilakukan dibanding dengan penggunaan hand sanitizer.

Saat mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir kuman yang menempel pada tangan dapat hilang bersamaan dengan air. Anjuran mencuci tangan dilakukan selama 20 detik.

4. Bawa Tisu Desinfektan

Transportasi umum bisanya memiliki tenaga kebersihan yang bertugas membersihkan kendaraan tersebut. Namun cara mencegah Covid-19 yang saat ini mewabah ada baiknya untuk membawa tisu desinfektan. Biasanya tisu jenis ini mengandung 70% alkohol yang bisa membunuh bakteri.

Perlu diingat bahwa tisu ini hanya untuk pemakaian luar dan sekali pakai. Kalian bisa gunakan untuk membersihkan permukaan alat atau barang yang akan digunakan seperti gagang pintu, sandaran, ventilasi udara dan kursi pada transportasi umum. Selanjutnya segera buang tisu disenfektan pada tempat sampah selesai digunakan.

5. Jaga Jarak dengan Penumpang Lain

Saat di transportasi umum sebisa mungkin kalian menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit. Jarak yang dianjurkan untuk wabah Covid-19 adalah sejauh enam kaki atau dua meter. Beberapa tempat umum di Indonesia sudah banyak menerapkan hal ini sebagai langkah pencegahan Covid-19.

6. Cari Tempat Duduk Strategis

Sering kalian lihat transportasi umum padat oleh penumpang. Saat menggunakan transportasi umum, carilah tempat duduk yang memiliki kursi kosong di sebelah kalian. Kursi kosong ini dilakukan untuk menjaga jarak dengan orang-orang.

7. Batasi Pergi Ke Toilet

Biasanya transportasi seperti kereta dan pesawat terbang memiliki toilet yang bisa digunakan penumpang. Saat kalian dalam perjalanan menggunakan transportasi umum tersebut, batasi diri untuk pergi ke toilet. Jika dalam situasi mendesak untuk ke toilet, kalian harus mencuci tangan sebelum keluar dan memastikan tangan dalam kondisi bersih.

8. Gunakan Masker

Masker dalam kondisi sekarang banyak digunakan oleh orang-orang. Setidaknya ketika kalian menggunakan transportasi umum pakailah masker untuk melindungi diri. Terutama jika kalian dalam keadaan sakit. Pilihlah masker dengan bahan yang tahan terhadap cairan seperti masker bedah.

9. Siapkan Bekal Minum

Sebelum menggunakan transportasi umum, kalian harus menyiapkan air minum untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi punya kontribusi terhadap sistem kekebalan tubuh yang lemah. Menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi bisa menjadi cara mencegah Covid-19 saat menggunakan transportasi umum.

10. Tidur Saat Perjalanan

Cara mencegah Covid-19 di transportasi umum dapat kalian lakukan dengan beristirahat. Hal ini bisa menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan virus yang masuk. Namun yang perlu kalian perhatikan ketika kalian memutuskan untuk tidur di dekat orang yang sedang batuk atau bersih. Untuk itu penggunaan masker dan menjaga kondisi tidak dehidrasi adalah cara yang bisa kalian lakukan. Saat kondisi tidur tubuh akan bekerja sama seperti saat kalian tersadar.

Cara menjaga dari virus Covid-19 di atas dapat kalian terapkan saat menggunakan transportasi umum. Namun alangkah lebih baiknya untuk sementara menghindari penggunaan transportasi umum dalam kondisi yang tidak memungkinkan seperti sekarang ini.  

(kpl/nlw/gen)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI