9 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 agar Tidak Tertular dan Menularkan Orang Terdekat

Selasa, 24 Maret 2020 17:32 Penulis: Nurul Wahida
9 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 agar Tidak Tertular dan Menularkan Orang Terdekat
Ilustrasi virus covid-19 (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Virus Corona atau Covid-19 masih menjadi berita hangat di seluruh dunia. Berdasarkan data terbaru virus ini telah menginfeksi sebanyak 381,462 orang di seluruh dunia dengan jumlah total meninggal 16,550 jiwa. Cara mencegah virus Covid-19 yang utama yakni dengan menghindari terkena virus ini. Lalu bagaimana cara menghindarinya?

Kementerian Kesehatan RI telah menjelaskan beberapa gejala klinis virus Covid-19. Gejala tersebut terdiri dari demam, batuk pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih, dan lesu. Saat ini Indonesia telah mengkonfirmasi sebanyak 579 orang dengan total kasus meninggal 49 jiwa.

Covid-19 menjadi penyakit baru yang teridentifikasi pertama kali di Wuhan, China pada akhir 2019 lalu. Penyakit ini masuk dalam daftar penyakit menular yang dapat ditularkan dari manusia ke manusia. Penularan dapat terjadi dalam rentan waktu 2 hari setelah seseorang terpapar dan 14 hari waktu inkubasi.

Lalu bagaimana cara mencegah virus Covid-19 agar tidak tertular. Mengingat virus ini dapat ditularkan melalui udara dan tetesan cairan penderita yang menempel pada benda. Berikut beberapa cara mencegah virus Covid-19 agar tidak tertular, dilansir dari berbagai sumber.

 

1. Cuci Tangan Setelah Beraktivitas

Mencegah penularan virus ini dengan mencuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun dan air mengalir. Terutama ketika kalian berada ditempat umum, setelah dari toilet, mau makan, dan setelah makan. Usahakan ketika mencuci tangan dilakukan selama 20 detik.

2. Gunakan Hand Sanitizer

Apabila sabun dan air tidak tersedia, kalian dapat menggunakan hand sanitizer sebagai pengganti sabun. Setidaknya hand sanitizer mengandung sebanyak 60 % alkohol. Cara menggunakan hand sanitizer adalah dengan menggosokkan pada permukaan tangan sampai mengering.

3. Hindari Menyentuh Mata, Hidung, dan Mulut

Cara mencegah agar tidak tertular virus Covid-19 adalah degan menghindari menyentuh bagian wajah. Terutama jika kamu tidak mencuci tangan dengan bersih ataupun menggunakan hand sanitizer. Cara ini dilakukan agar kuman yang menempel pada permukaan tangan tidak masuk melalui mata, hidung dan mulut.

4. Menjaga Jarak dengan Orang Sakit

Menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit dapat menjadi cara mencegah tertular virus covid-19. Apabila orang terdekatmu sedang sakit, untuk sementara waktu kalian dapat menjaga jarak dengannya. Ini sangat penting dilakukan agar virus tidak tertular serta menyebar di lingkungan kamu.

Menurut Kementerian Kesehatan RI jarak yang dianjurkan adalah sejauh satu meter dengan orang lain. Saat ini berbagai tempat umum sudah diterapkan pencegahan ini dengan memasang tanda pada jalan ataupun kursi umum.

5. Pakai Masker pada Wajah

Saat kamu berada di sekitar orang yang sedang sakit atau merawat orang sakit, kamu dapat memakai masker pada wajah. Namun menggunakan masker pada orang yang sehat tidak harus dilakukan. Ini dapat kalian terapkan jika situasi yang tidak mendukung seperti berada ditempat publik dan merawat orang sakit.

6. Tetap di Rumah Jika Sakit

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga menjelaskan cara mencegah virus Covid-19 agar tidak menularkan pada orang lain. Jika kalian sedang sakit, ada beberapa cara yang dianjurkan untuk dilakukan.

Jika kalian sedang sakit usahakan agar tetap berada di rumah. Apabila sakit yang kalian alami semakin berat, dapat sesegera mungkin menghubungi fasilitas kesehatan terdekat. Membatasi kontak dengan orang lain dengan melakukan aktivitas di rumah seperti menonton film, beristirahat, ataupun aktivitas lainnya.

Waktu yang dianjurkan untuk melakukan isolasi diri ketika sakit adalah 7 hingga 14 hari. Cara ini juga berlaku untuk orang dengan kondisi tubuh sehat. Hal ini dilakukan agar penyebaran virus Covid-19 tidak meluas.

7. Terapkan Etika Batuk dan Bersin

Menerapkan etika batuk dan bersin perlu dilakukan untuk menjaga orang terdekatmu tetap sehat. Ketika kalian batuk dan bersin usahakan untuk menutupi hidung dan mulut menggunakan tisu ataupun sikut.

Apabila menggunakan tisu, maka buanglah tisu bekas batuk dan bersin tersebut di tempat sampah. Lakukan cuci tangan menggunakan sabun dan air selama 20 detik ataupun memakai hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 % alkohol.

8. Menggunakan Masker Ketika Sakit

Saat kamu sakit dianjurkan untuk menggunakan masker pada wajah ketika berada di tempat publik. Menggunakan masker juga bisa kamu lakukan ketika berada di sekitar orang lain. Jika kamu mengalami sulit bernafas saat menggunakan masker, kalian dapat menggantinya dengan menerapkan etika batuk dan bersin.

9. Bersihkan Benda Gunakan Desinfektan

Setidaknya lakukan pembersihan pada benda yang sering disentuh setiap hari menggunakan desinfektan. Kandungan bahan kimia khusus pada desinfektan mampu membunuh kuman atau mikroorganisme yang menempel pada benda. Diantaranya yang harus kamu perhatikan untuk dilakukan pembersihan adalah meja, gagang pintu, sakelar lampu, gagang meja, telepon, keyboard, toilet, dan keran air.

Cara di atas dapat kalian terapkan untuk melindungi diri dari tertular virus Covid-19. Selain itu kamu juga dianjurkan untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap stabil. Menjaga imunitas tubuh bisa juga dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh seperti jahe, serai, madu, brokoli, bawang putih, almond, dan lainya.

Virus ini dapat menyerang siapa saja tidak terbatas usia. Sehingga melakukan pencegahan agar tidak tertular Covid-19 perlu dilakukan.

(kpl/nlw/gen)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI