10 Penyebab Hipertensi Beserta Faktor Risikonya, Jarang Olahraga Lebih Rentan

Kamis, 19 November 2020 19:22 Penulis: Nurul Wahida
10 Penyebab Hipertensi Beserta Faktor Risikonya, Jarang Olahraga Lebih Rentan
Penyebab hipertensi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Tekanan darah tinggi atau melampaui batas normal dapat disebut juga dengan hipertensi. Ada penyebab hipertensi yang bisa dialami setiap orang dengan gejala dan faktor beragam. Tak hanya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi melainkan juga bisa memicu sejumlah masalah kesehatan tertentu seperti stroke dan jantung.

Tekanan darah normal umumnya berada pada kisaran angka 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Apabila tekanan darah melebihi batas tersebut dapat dikatakan mengalami hipertensi yang merujuk pada kisaran angka 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini bisa memicu gangguan kesehatan tertentu yang berisiko tinggi seperti jantung.

Ada dua jenis hipertensi yang umumnya dikenal yakni hipertensi sekunder dan hipertensi primer. Kedua jenis hipertensi ini memiliki penyebab yang beragam atau melatarbelakangi. Dimana hipertensi primer lebih berkembang secara bertahap dan gejalanya tidak disadari banyak orang. Sedangkan hipertensi sekunder dapat dialami secara tiba-tiba terlebih karena memiliki riwayat gangguan kesehatan tertentu seperti ginjal ataupun tiroid.

Saat mengalami hipertensi sejumlah gejala dapat dirasakan seperti sakit kepala, pusing, lemas, gangguan penglihatan, sesak napas hingga nyeri pada dada. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengatasi hipertensi secara tepat dan sesuai medis. Penyebab hipertensi tersebut dapat berasal dari kebiasaan sederhana sehari-hari yang rupanya berpotensi terkena tekanan darah tinggi.

Lalu apa saja penyebab hipertensi?

Adapun penyebab hipertensi terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut mengenai penyebab hipertensi yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Hipertensi Karena Berat Badan Berlebih

Penyebab hipertensi dan faktor risikonya yang pertama adalah karena berat badan berlebih atau mengalami obesitas. Obesitas ini dapat memicu hipertensi karena menyebabkan aliran nutrisi dan oksigen menuju pembuluh darah meningkat. Selain itu obesitas juga dapat menimbulkan tekanan pada dinding arteri yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi.

Obesitas dapat terjadi karena beberapa faktor seperti efek samping obat, kurang berolahraga, konsumsi makanan tertentu, serta usia. Untuk itu menjaga asupan sehat dan aktivitas fisik perlu dilakukan agar mencegah obesitas atau berat badan berlebih.

 

2. Hipertensi Karena Faktor Usia

Penyebab hipertensi selanjutnya adalah karena faktor usia. Faktor usia ini cukup berkaitan dengan tekanan darah tinggi yang bisa dialami setiap orang. Dalam hal ini diketahui risiko tekanan darah tinggi akan meningkat seiring bertambah usia. Dimana hal tersebut bisa terjadi sampai sekitar 64 tahun. Selain itu kondisi tekanan darah tinggi di usia tersebut juga lebih banyak dialami oleh pria. Sedangkan perempuan biasanya mengalami tekanan darah tinggi setelah usia 65 tahun seperti melansir dari mayoclinic.org.

 

3. Hipertensi Karena Faktor Keturunan

Keturunan juga cukup berpengaruh terhadap gangguan tekanan darah tinggi yang terjadi pada sejumlah orang. Dimana apabila kalian memiliki anggota keluarga dengan riwayat sakit hipertensi kemungkinan besar hal tersebut juga akan terjadi pada kalian. Namun pemeriksaan lebih lanjut bisa dilakukan untuk memahami penyebab dan pencegahan hipertensi.

 

4. Hipertensi Karena Merokok

Merokok termasuk salah satu bagian dari gaya hidup tidak sehat yang sebaiknya mulai dihindari. Sebab ada beragam dampak  buruk merokok yang memberi efek langsung pada kesehatan tubuh. Salah satunya berkaitan dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sebab rokok mengandung sejumlah zat yang berpengaruh serta merusak lapisan dinding arteri. Akibatnya arteri mengalami penyempitan hingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Tak hanya perokok aktif, perokok pasif juga berisiko mengalami hal serupa.

 

5. Hipertensi Karena Jarang Olahraga

Penyebab hipertensi juga dapat terjadi karena kurangnya melakukan aktivitas fisik. Dalam hal ini berkaitan dengan jarang melakukan olahraga. Akibatnya jantung akan bekerja lebih keras hingga sebabkan kontraksi kuat pada tekanan arteri. Kondisi ini juga menyebabkan kalian berisiko memiliki berat badan berlebih.

 

6. Hipertensi Akibat Konsumsi Banyak Garam

Sejumlah makanan mengandung garam tinggi rupanya juga termasuk dalam salah satu penyebab hipertensi. Makanan tinggi garam tersebut dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dan tubuh akan menahan cairan. Sejumlah makanan tinggi garam diantaranya seperti makanan dan minuman kemasan, bumbu masak instan, serta makanan laut. Memahami jumlah tepat konsumsi makanan mengandung garam perlu dilakukan agar tak memberi dampak pada tubuh.

 

7. Hipertensi Karena Konsumsi Alkohol

Penyebab hipertensi dan faktor risikonya dapat berasal dari konsumsi alkohol. Alkohol diketahui dapat memberi dampak pada kesehatan tubuh salah satunya merusak jantung. Konsumsi alkohol berlebihan juga berpengaruh pada tekanan darah tinggi atau hipertensi. Untuk itu mempertimbangkan konsumsi alkohol sebaiknya dilakukan demi mencegah berbagai masalah kesehatan tertentu.

 

8. Hipertensi Akibat Stres

Bukan hal sepele stres bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan termasuk meningkatkan tekanan darah. Sebab saat mengalami stres tubuh akan mengalami peningkatan tekanan darah sementara waktu. Mencoba melakukan kegiatan yang disukai atau bikin bahagia dapat dipertimbangkan untuk mengatasi rasa stres tersebut.

 

9. Hipertensi Mengidap Penyakit Tertentu

Penyebab hipertensi juga dapat dialami sejumlah orang dengan riwayat penyakit tertentu. Diantara penyakit penyerta yang berpotensi meningkatkan tekanan darah tinggi tersebut seperti ginjal, diabetes, ataupun jantung. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengatasi hipertensi akibat mengidap penyakit tertentu.

 

10. Hipertensi Karena Kurang Istirahat

Kurangnya tubuh beristirahat juga menyebabkan gangguan pada tekanan darah. Pada hal ini berkaitan dengan gangguan tidur atau dikenal dengan nama sleep apnea. Kondisi ini menyebabkan gangguan pada otak dan tubuh lain yang tidak mendapatkan aliran oksigen cukup. Akibatnya tubuh berisiko mengalami sejumlah gangguan kesehatan seperti berat badan berlebih, pernapasan, dan rasa nyeri.

Nah itulah 10 penyebab hipertensi dan faktor risikonya. Konsultasi dengan dokter perlu dipertimbangkan untuk mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi. Selain itu cara mengatasi hipertensi secara alami bisa dilakukan dengan penerapan hidup sehat, kurangi konsumsi makanan tinggi garam, olahraga rutin dan menjaga berat badan.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI