Perlu Dipahami Ini 10 Penyebab Diabetes di Usia Muda, Gaya Hidup Berisiko Tinggi

Penulis: Nurul Wahida

Diperbarui: Diterbitkan:

Perlu Dipahami Ini 10 Penyebab Diabetes di Usia Muda, Gaya Hidup Berisiko Tinggi
Penyebab diabetes (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Diabetes menjadi gangguan kesehatan yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah di atas batas normal. Ada sejumlah penyebab diabetes bisa dialami setiap orang. Jika umumnya diabetes terjadi di usia dewasa, namun anak muda juga dapat rentan terkena diabetes. Dalam hal ini gaya hidup berisiko tinggi terhadap penyakit diabetes.

Terdapat dua jenis diabetes yang umumnya dikenal masyarakat luas. Diantara jenis diabetes tersebut yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 lebih rentan terjadi pada rentang usia antara 4-7 tahun, ataupun 10-14 tahun. Pada diabetes tipe 1 tersebut biasanya dikaitkan dengan menurunnya kemampuan tubuh memproduksi hormon insulin.

Sedangkan pada diabetes tipe 2 terjadi pada rentang usia di atas 45 tahun. Hal ini dikaitkan dengan gangguan pada sel-sel insulin yang kurang berfungsi secara baik. Alhasil menyebabkan hormon insulin berada pada batas di atas normal. Meski begitu kedua jenis diabetes ini dapat menyerang siapa saja tanpa terbatas usia.

Ada sejumlah penyebab diabetes yang umum terjadi terutama di usia muda. Salah satu faktor cukup besar berisiko rentan terhadap gangguan diabetes tersebut yakni seringnya melakukan gaya hidup yang tidak sehat.

Lalu apa saja penyebab diabetes?

Adapun penyebab diabetes di usia muda terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut terkait dengan penyebab diabetes dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Penyebab Diabetes Karena Keturunan

Penyebab diabetes yang bisa terjadi di usia muda adalah karena faktor genetik atau keturunan. Faktor genetik ini berpengaruh besar terhadap mereka yang memiliki riwayat anggota keluarga dengan diabetes. Baik diabetes tipe 1 ataupun diabetes tipe 2 sama-sama dapat terjadi dan berisiko tinggi karena faktor keturunan. Dalam hal ini apabila orang tua ataupun saudara kandung pernah memiliki riwayat penyakit diabetes makan berisiko tinggi terhadap gangguan kesehatan serupa.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Diabetes Karena Gangguan Kekebalan Tubuh

Penyebab diabetes dapat terjadi karena gangguan sistem kekebalan tubuh. Imunitas yang lemah membuat tubuh lebih rentan terhadap berbagai jenis penyakit dan virus. Termasuk diabetes yang dapat menyerang siapa saja dengan sistem kekebalan yang lemah. Dalam hal ini salah satu gangguan kesehatan yang menyerang sistem kekebalan tubuh adalah berkaitan dengan penyakit autoimun.

Dimana gangguan penyakit autoimun tersebut lebih berisiko meningkatkan diabetes tipe 1. Biasanya diabetes tersebut terjadi pada usia muda. Saat kekebalan tubuh bermasalah ia akan lebih mudah terserang infeksi termasuk menghancurkan sel beta pankreas yang bertugas memproduksi insulin.

 

 

3. Diabetes Akibat Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan juga bisa memicu penyebab diabetes terutama diabetes tipe 2. Obesitas tersebut dapat menyebabkan resistensi insulin yang berkaitan dengan diabetes tipe 2. Tak hanya diabetes, mengalami obesitas berpotensi terhadap risiko gangguan kesehatan lain seperti jantung, pencernaan, masalah pernapasan serta hipertensi. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui berat badan kalian memiliki risiko atau tidak terkena diabetes.

 

 

4. Diabetes Karena Jarang Berolahraga

Penyebab diabetes di usia muda yang mungkin rentan terjadi adalah karena kurangnya melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Olahraga sudah menjadi bagian dari pola hidup sehat yang penting diterapkan untuk mendukung kondisi tubuh tetap terjaga. Malas melakukan olahraga tersebut akan berpengaruh pada insulin hingga mengalami resistensi insulin. Resistensi insulin sendiri berkaitan erat dengan diabetes tipe 2. Terlebih jika kalian tak menyeimbangkan dengan asupan sehat yang justru lebih berisiko mengalami diabetes serta gangguan kesehatan lainnya.

 

 

5. Diabetes Karena Usia

Seperti diketahui penyebab diabetes yang paling rentan terjadi pada tingkat usia dewasa. Terutama hal ini akan meningkat jika tidak diimbangi dengan konsumsi asupan sehat yang berfungsi menjaga tubuh tetap bugar. Seiring bertambahnya usia, diabetes tipe 2 lebih rentan dan meningkat dialami di usia dewasa. Meski begitu anak muda baik remaja ataupun dewasa muda tidak menutup kemungkinan bisa terserang diabetes tipe 2.

 

 

6. Diabetes Karena Konsumsi Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula juga berisiko menyebabkan seseorang rentan terkena diabetes. Sebab makanan tinggi gula tersebut bisa memengaruhi kadar gula darah dan insulin yang berlebih. Kondisi ini bisa mengakibatkan seseorang rentan terkena diabetes. Terlebih jika kalian konsumsi makanan tinggi gula dengan jumlah banyak serta dalam jangka waktu panjang.

 

 

7. Konsumsi Makanan Tinggi Karbohidrat

Penyebab diabetes selanjutnya dapat berasal dari seringnya konsumsi makanan tinggi karbohidrat. Sebab jenis makanan tersebut mengandung kalori tinggi serta dapat memicu kadar gula darah naik. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti donat, pasta, kue, dan lainnya. Selain itu mencukupi asupan makanan berserat atau tinggi gluten juga perlu diperhatikan untuk mencegah diabetes.

 

 

8. Kolesterol Tinggi

Penyebab diabetes juga bisa terjadi karena tingginya kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol tersebut berpotensi meningkatkan diabetes tipe 2 yang erat kaitannya dengan kadar trigliserida. Kolesterol tinggi dapat terjadi karena beberapa faktor seperti kelebihan berat badan, kebiasaan merokok, gaya hidup tidak sehat, serta stres.

 

 

9. Diabetes Terjadi Karena Kurang Cairan

Penyebab diabetes selanjutnya juga bisa dialami setiap orang apabila tubuh kekurangan cairan. Melansir dari hellosehat.com, tubuh yang kekurangan cairan dapat menyebabkan naiknya gula darah hingga sebabkan diabetes bersumber dari laporan journal diabetes care. Peningkatan hormon vasopresein juga bisa berpengaruh pada hormon insulin. Selain itu dehidrasi dapat menyebabkan tekanan darah naik hingga memicu kenaikan gula darah. Untuk itu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh penting dilakukan agar mencegah gangguan kesehatan tersebut.

 

 

10. Diabetes Karena Efek Samping Obat

Penyebab diabetes juga bisa terjadi karena efek samping obat tertentu. Sebab sejenis obat tertentu rupanya bisa memengaruhi sel beta yang berkaitan dengan sistem kerja insulin. Sejenis obat tertentu yang dapat berpengaruh diantaranya seperti melansir dari niddk.nih.gov, obat anti kejang, obat psikiatri, obat untuk virus serta sejenis diuretic tertentu. Konsultasi dengan dokter kesehatan diperlukan sebelum konsumsi sejenis obat tertentu agar tak berefek pada kesehatan tubuh.

Nah itulah 10 penyebab diabetes yang bisa terjadi di usia muda. Untuk itu mulai menerapkan pola hidup sehat baik asupan serta olahraga penting dilakukan demi mencegah gangguan kesehatan lainnya. Konsultasi dengan dokter dapat dipertimbangkan apabila mengalami gejala atau gangguan kesehatan berkaitan dengan diabetes.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending