10 Penyebab Radang Tenggorokan yang Paling Umum, Hati-Hati Bisa Karena Virus

Selasa, 01 Desember 2020 19:22 Penulis: Nurul Wahida
10 Penyebab Radang Tenggorokan yang Paling Umum, Hati-Hati Bisa Karena Virus
Penyebab radang tenggorokan (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Radang tenggorokan dapat menyerang siapapun tanpa batas usia dengan gejalanya yang beragam. Selain itu penyebab radang tenggorokan bisa terjadi karena beberapa faktor termasuk infeksi virus dan bakteri. Faktor pemicu radang tenggorokan bahkan berisiko tinggi terhadap orang dengan imunitas rendah.

Radang tenggorokan merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang menimbulkan rasa nyeri, sakit, gatal pada tenggorokan hingga menyebabkan kesulitan menelan. Biasanya radang tenggorokan dapat timbul disertai dengan penyakit lainnya seperti flu. Saat mengalami sakit radang tenggorokan tersebut penderita akan mengalami kesulitan untuk menelan sesuai karena terasa sakit dan nyeri.

Ada beragam penyebab radang tenggorokan yang umum terjadi. Salah satunya karena infeksi virus tertentu yang menyerang tubuh. Bahkan baru-baru ini sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh virus corona covid-19 yang menyerang tubuh manusia. Ya, virus corona covid-19 sejauh ini menjadi salah satu jenis virus yang membuat resah serta khawatir banyak orang.

Gejala virus corona covid-19 sendiri hampir serupa dengan influenza serta flu yang juga disertai dengan sakit radang tenggorokan. Namun penyebab radang tenggorokan dapat dipicu oleh beragam faktor yang umum terjadi.

Lalu apa saja penyebab radang tenggorokan?

Adapun penyebab radang tenggorokan terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut yang dilansir dari berbagai sumber.

 

1. Infeksi Virus Covid-19

Penyebab radang tenggorokan yang pertama dapat terjadi karena infeksi virus corona covid-19. Seperti diketahui virus jenis ini menyerang saluran pernapasan manusia yang menimbulkan sejumlah gejala tertentu. Diantara gejala yang dapat dikenali apabila terinfeksi virus corona covid-19 adalah mengalami beberapa kondisi diantaranya demam, batuk kering, kelelahan, diare, nyeri tenggorokan, sakit kepala serta hilangnya indra penciuman.

Dalam hal ini berkaitan dengan radang tenggorokan, rasa nyeri yang timbul bisa jadi karena infeksi virus corona covid-19. Selain virus covid-19, penyebab radang tenggorokan diakibatkan oleh virus dapat terjadi karena flu, influenza, campak, serta cacar air. Namun untuk mengetahui penyebabnya secara pasti pemeriksaan lebih lanjut diperlukan agar mendapat penanganan segera.

 

2. Karena Alergi

Penyebab radang tenggorokan selanjutnya dapat terjadi karena alergi terhadap barang tertentu, diantara penyebab alergi yang paling umum adalah bulu hewan, jamur, debu, serta serbuk sari bunga ataupun pohon. Saat mengalami alergi tersebut beberapa orang mungkin mengalami masalah pada tenggorokan yang dapat terjadi karena iritasi akibat alergi tersebut. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan penanganan segera terkait alergi yang dialami.

 

3. Infeksi Bakteri

Penyebab radang tenggorokan juga dapat terjadi karena infeksi bakteri tertentu. Infeksi bakteri tersebut menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada tenggorokan. Salah satunya  yang paling umum dialami adalah infeksi bakteri streptococcus grup A. Seperti melansir dari healthline.com. Bakteri tersebut juga dapat menyebabkan sakit amandel yang menyerang tenggorokan. Radang tenggorokan juga dapat terjadi karena infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia.

 

4. Asap Rokok

Penyebab radang tenggorokan bisa disebabkan oleh asap rokok. Seperti diketahui dalam rokok mengandung sejumlah zat tertentu yang berdampak buruk pada tubuh termasuk memicu sakit tenggorokan. Paparan asap rokok tersebut tak hanya terjadi pada bahan tembakau, melainkan juga jenis rokok lainnya yang sama-sama sebabkan masalah serupa. Bukan hanya asap rokok, polusi udara juga dapat menyebabkan radang tenggorokan pada sejumlah orang. Melansir dari healthline.com, dari 62 persen petugas pemadam kebakaran 3,2 persen menderita sakit tenggorokan.  Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

 

5. Paparan Zat Kimia

Penyebab radang tenggorokan dapat terjadi karena paparan zat kimia tertentu yang menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan. Pada sejumlah orang kondisi ini bisa terjadi dan menyebabkan rasa sakit serta nyeri pada tenggorokan. Paparan zat kimia tersebut dapat berasal dari produk pembersih rumah tangga ataupun pembersih lainnya yang dapat sebabkan sakit tenggorokan. Namun sekali lagi pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui dengan pasti penyebab radang tenggorokan.

 

6. Terjadi Cedera Pada Tenggorokan

Penyebab radang tenggorokan juga bisa dialami sejumlah orang karena terjadi cedera pada tenggorokan. Cedera tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor seperti berteriak, berbicara keras, berbicara dalam waktu lama, dan bernyanyi dalam waktu lama. Akibatnya otot pada tenggorokan akan tegang hingga memicu rasa sakit dan nyeri. Selain itu makanan yang tersangkut di tenggorokan juga bisa memicu rasa sakit termasuk mengiritasi seperti melansir dari healthline.com.

 

7. Udara yang Kering

Penyebab radang tenggorokan yang paling umum juga bisa dialami karena faktor udara yang kering. Udara kering memicu rasa sakit dan nyeri pada tenggorokan karena menyebabkan mulut dan tenggorokan terasa kering bahkan gatal. Udara yang kering tersebut biasanya terjadi pada saat musim dingin yang memicu rasa gatal dan nyeri tenggorokan termasuk hidung yang tersumbat.

 

8. Mengidap GERD

GERD atau penyakit yang berhubungan dengan meningkatnya asam lambung ini juga bisa menjadi penyebab radang tenggorokan. GERD sendiri dapat memicu beberapa gejala lain seperti nyeri pada lambung dan pencernaan, serta refluks asam. Saat mengalami GERD tersebut asam akan naik ke kerongkongan yang memicu rasa sakit di tenggorokan seperti melansir dari healhtline.com.

 

9. Adanya Tumor

Penyebab radang tenggorokan juga bisa dialami karena adanya tumor pada tenggorokan, kotak suara, dan lidah. Akibatnya rasa sakit akan timbul karena terdapat tumor di tenggorokan termasuk menjadi pertanda adanya kanker.beberapa gejala mungkin dapat timbul seperti suara serak, rasa sakit menelan, benjolan di leher, munculnya darah di air liur serta dahak seperti melansir dari mayoclinic.org.

 

10. Infeksi HIV

Infeksi HIV dapat menjadi penyebab radang tenggorokan yang menimbulkan beberapa gejala hampir mirip seperti flu. Melansir dari mayoclinic.org, seseorang dengan HIV mungkin mengalami sakit tenggorokan yang terjadi terus menerus. Termasuk dapat menyebabkan sariawan yang terjadi karena infeksi jamur serta virus cytomegalovirus (CMV). Terlebih kondisi ini akan menyebabkan gangguan cukup serius jika memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah atau terganggu.

Nah itulah penyebab radang tenggorokan yang paling umum, hati-hati bisa karena virus. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan penanganan segera terkait radang tenggorokan yang dialami.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI