15 Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Vitamin dan Nutrisi

Selasa, 01 Desember 2020 13:37 Penulis: Nurul Wahida
15 Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Vitamin dan Nutrisi
Manfaat lobak (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Manfaat lobak dapat diperoleh dari kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Di Indonesia, lobak sering dijadikan bahan makanan untuk sop ataupun jenis makanan berkuah lainnya. Ada dua jenis lobak yang dikenal yakni lobak putih dan lobak merah yang sama-sama bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Lobak merupakan salah satu bahan makanan yang berasal dari Tiongkok. Namun di Indonesia lobak sudah cukup familiar digunakan dalam sejumlah resep masakan. Bentuk lobak hampir menyerupai wortel namun memiliki perbedaan baik dari bentuk, rasa ataupun tekstur. Tanaman ini biasanya tumbuh di dataran tinggi seperti daerah pegunungan.

Meski cukup mudah dijumpai di Indonesia, tidak dapat dipungkiri bahwa lobak masih jarang digunakan ibu-ibu rumah tangga untuk membuat resep masakan. Meski begitu lobak memiliki rasa yang tak kalah nikmat seperti jenis sayur lainnya saat ditambahkan dalam resep makanan tertentu. Kandungan nutrisi dan vitamin dalam lobak sendiri begitu beragam dan berkhasiat tinggi.

Beberapa kandungan nutrisi lobak seperti  karbohidrat, protein, lemak, mineral, kalsium, sodium, zat besi, magnesium, vitamin C dan vitamin B kompleks. Tak heran apabila lobak menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi tersebut.

Adapun manfaat lobak untuk kesehatan tubuh yang kaya vitamin dan nutrisi terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut ini manfaat lobak untuk kesehatan tubuh dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Memperkuat Imunitas Tubuh

Manfaat lobak untuk kesehatan yang pertama adalah dapat memperkuat imunitas tubuh. Manfaat tersebut dapat diperoleh dari lobak karena diketahui mengandung vitamin C tinggi yang berperan penting memperkuat sistem kekebalan tubuh. Melansir dari cookist.com, setengah cup lobak per hari mengandung hampir 15 persen asupan harian vitamin C yang dibutuhkan.

Sehingga lobak dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh yang berperan penting melawan penyakit, virus serta bakteri. Sebut saja seperti sejumlah flu, batuk dan peradangan diketahui dapat dicegah dengan konsumsi lobak. Meski begitu konsumsi lobak harus dilakukan sesuai dengan jumlah tepat dan tidak berlebihan agar bisa memberi manfaat bagi kesehatan.

2. Baik untuk Kesehatan Hati

Manfaat lobak untuk kesehatan selanjutnya adalah baik untuk kesehatan hati. Hati menjadi salah satu organ vital tubuh yang penting dijaga kesehatannya. Salah satu cara menjaga kesehatan hati adalah dengan konsumsi sejumlah makanan yang baik bagi kesehatan hati. Asupan tersebut ternyata dapat ditemukan dalam kandungan lobak yang diketahui bisa menjaga kesehatan hati.

Sebab lobak diketahui mengandung nutrisi yang bisa menjaga kesehatan hati dan kantong empedu. Sejumlah penelitian bahkan mengungkapkan jika lobak dapat membantu mengobati penyakit kuning yang berkaitan dengan menurunnya bilirubin.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi masalah yang kerap menyerang sebagian besar orang. Jika tekanan darah tinggi tidak segera teratasi tentunya dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi lobak putih. Sebab kandungan potasium dalam lobak putih dapat mengendalikan tekanan darah. Untuk itulah lobak putih sangat baik bagi penderita hipertensi.

4. Baik Bagi Pencernaan

Manfaat lobak untuk kesehatan selanjutnya adalah baik bagi pencernaan. Sebab lobak mengandung serat tinggi yang berperan penting untuk kesehatan pencernaan. Karena kandungan serat tersebut maka pencernaan menjadi lebih lancar dna mencegah terjadinya sembelit.

Sejumlah penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan seperti diare juga bisa diatasi dengan konsumsi daun lobak. Melansir dari cookist.com lobak dapat berguna untuk meningkatkan produksi empedu yang berkaitan dengan sistem pencernaan tubuh.

5. Baik Bagi Kesehatan Kulit

Manfaat lobak juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Sebab lobak mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan kulit seperti vitamin C, fosfor, seng, vitamin B kompleks. Di mana nutrisi tersebut mampu mempertahankan kesehatan kulit dan menjaga kelembabannya.

Lobak tersebut bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman ataupun makanan serta menggunakannya sebagai pembersih wajah. Beberapa masalah pada kulit yang dapat diatasi dengan memanfaatkan lobak seperti kulit kering, kulit ruam, jerawat, serta dapat membersihkan wajah.

6. Meredakan Demam

Manfaat lobak untuk kesehatan tubuh juga diketahui mampu membantu meredakan demam. Demam menjadi salah satu gangguan kesehatan yang cukup sering dialami setiap orang. Saat mengalami demam, suhu tubuh akan meningkat dari kondisi normalnya.

Namun ternyata kandungan nutrisi dan vitamin dalam lobak menawarkan manfaat untuk membantu meredakan demam. Lobak tersebut dapat dibuat dengan minuman dan menambahkan sedikit garam untuk menormalkan kembali suhu tubuh seperti melansir dari cookist.com.

7. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Manfaat lobak untuk kesehatan juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah. Seperti diketahui pembuluh darah yang lancar berperan penting terhadap sistem kerja organ tubuh lain. Menariknya kandungan nutrisi dan vitamin dalam lobak dapat berperan penting untuk pembentukan kolagen. Kolagen tersebut juga berperan penting meningkatkan pembuluh darah dan mencegah terkena penyakit aterosklerosis seperti melansir dari food.ndtv.com.

8. Mencegah Kanker

Lobak juga menawarkan khasiat untuk mencegah penyakit kanker. Seperti diketahui penyakit kanker termasuk penyakit serius yang mengancam jiwa. Dalam hal ini kandungan vitamin C, asam folat dan antosianin lobak berperan penting mencegah penyakit kanker.

Melansir dari cookist.com, sejumlah penelitian menunjukkan lobak mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah kanker tubuh. Termasuk kandungan isothiocyanates yang bisa mencegah berkembangnya kanker.

9. Mengatasi Peradangan

Manfaat lobak untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mengatasi peradangan pada tubuh. Salah satunya adalah peradangan pada kemih yang menyebabkan gangguan kesehatan sistem kemih serta ginjal. Lobak memiliki sifat diuretic yang bisa meningkatkan produksi urin. Termasuk mengandung anti jamur untuk melawan beberapa jenis jamur penyebab penyakit seperti candida albicans yang menginfeksi organ tubuh seperti mulut dan organ kewanitaan.

10. Menurunkan Berat Badan

Buat kalian yang tengah program menurunkan berat badan, tampaknya lobak dapat menjadi alternatif pilihan asupan sehat. Sebab lobak diketahui bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Dalam hal ini kandungan kalori, karbohidrat serta lemak yang rendah dalam lobak berperan penting untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu erat dalam lobak juga bisa membantu memperlancar pencernaan serta meningkatkan metabolisme tubuh. Konsultasi dengan dokter diperlukan apabila ingin menggunakan lobak sebagai asupan program penurunan berat badan.

11. Meningkatkan Metabolisme

Seperti poin sebelumnya yang berkaitan dengan penurunan berat badan. Lobak juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Sebab lobak melancarkan sistem pencernaan termasuk bisa menjaga kesehatan lambung dan mencegah obesitas. Karena kandungan nutrisi dan vitamin dalam lobak inilah berperan penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

12. Membantu Mengatasi Leukoderma

Manfaat lobak untuk kesehatan juga bisa mengatasi leukoderma. Leukoderma merupakan kondisi kulit yang terjadi perubahan lapisan hingga sebabkan warna kulit putih seperti selaput. Namun karena sifat lobak yang diketahui bersifat detoksifikasi dan anti karsinogenik membuat lobak bisa membantu mengatasi leukoderma.

Melansir dari cookist.com, cara menggunakannya cukup dengan merendam bubuk biji lobak bersama cuka, jus jahe lalu oleskan pada kulit dengan bercak putih. Konsultasi dengan dokter dapat dipertimbangkan lebih dulu sebelum menggunakan lobak untuk mengatasi leukoderma agar lebih aman dan tepat.

13. Menyehatkan Ginjal

Lobak juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal yang merupakan organ penting tubuh. Seperti diketahui ginjal berfungsi untuk menyaring racun tubuh dan mengeluarkannya. Dalam hal ini lobak bisa membantu menjaga kesehatan ginjal dan membersihkan racun pada ginjal dan darah.

14. Mengobati Gigitan Serangga

Manfaat lobak yang jarang diketahui juga bisa membantu mengobati rasa gatal, bengkak, atau peradangan karena gigitan serangga. Caranya sangat mudah yakni hanya dengan membuat lobak seperti jus dan mengoleskan pada area gigitan serangga untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada kulit.

15. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Manfaat lobak untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular ini berkaitan dengan pembuluh darah dan jantung. Namun ternyata kandungan lobak yang memiliki kandungan antioksidan seperti antosianin dan flavonoid tersebut dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Nah itulah 15 manfaat lobak untuk kesehatan tubuh yang kaya vitamin dan nutrisi. Konsultasi dengan dokter kesehatan dapat menjadi pertimbangan apabila ingin menjadikan lobak sebagai asupan mengatasi beberapa masalah kesehatan tertentu.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI